Tips Memilih Asuransi yang Mengcover Biaya Melahirkan

asuransi yang mengcover biaya melahirkan

Biaya melahirkan terbilang cukup tinggi, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi beban finansial tersebut adalah melalui asuransi yang mengcover biaya melahirkan. 

Dapatkan produk asuransi melahirkan yang hemat hingga 25% hanya di Lifepal.co.id. Kamu juga bisa konsultasi soal asuransi di sini.

Buat kamu yang ingin memiliki asuransi untuk biaya melahirkan, simak tips memilih asuransi kelahiran berikut ini. 

Cek apakah asuransi kesehatan kamu saat ini memiliki rider melahirkan

Bila kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dengan membeli secara pribadi atau mendapatkannya dari perusahaan tempat kamu atau suami bekerja, maka yang perlu dipastikan apakah asuransi kesehatan tersebut memiliki manfaat untuk mengcover biaya melahirkan. 

Umumnya asuransi kesehatan yang didapat berasal dari perusahaan juga mengcover biaya melahirkan. Kamu pun bisa memeriksa berapa plafon yang diberikan serta manfaat yang diterima dengan memiliki asuransi kesehatan. 

Perlu kamu ketahui tidak semua asuransi kesehatan mengcover biaya persalinan. Maka, untuk menyiasati hal yang tidak ditanggung dari polis asuransi milikmu adalah dengan menambahkan rider atau asuransi tambahan pada polis asuransi yang dimiliki. 

Selain itu kamu juga harus mengecek apakah model asuransi kesehatan dengan manfaat melahirkan yang kamu miliki sistemnya dengan reimburse atau bisa dengan cukup menggesekkan kartu atau cashless.

Hal-hal dasar tersebut harus dilakukan sebelum hari prediksi lahir diberikan oleh dokter kandungan atau bidan. Supaya saat melahirkan nanti persoalan bersifat administrasi tidak menjadi kendala dalam menerima fasilitas kesehatan.  

Pastikan manfaat asuransi sesuai dengan biaya melahirkan saat ini

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya memastikan manfaat asuransi kesehatan dengan perkiraan biaya melahirkan harus dilakukan sejak awal. Ini mencegah terjadinya guncangan finansial yang terjadi saat proses melahirkan. 

Bila kamu sudah menghitung cermat prediksi biaya kelahiran, selanjutnya periksa manfaat asuransi kesehatan yang diterima. Apabila dalam hitungan kamu terdapat selisih biaya kamu bisa menutupnya dengan dua cara. 

Pertama, mempersiapkan dana darurat. Kedua, membeli asuransi tambahan di luar asuransi kesehatan yang kamu miliki atau membeli produk asuransi khusus melahirkan. 

Jika pilihan kamu membeli asuransi, perhatikan dengan cermat dan bandingkan manfaat yang diterima dari satu produk asuransi satu dengan yang lain. Ini akan membantu kamu juga menemukan pilihan yang paling cocok dengan kondisi kamu.  

Pilih asuransi yang mengcover biaya melahirkan dengan masa tunggu tidak lebih 9 bulan

Kebanyakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat melahirkan menetapkan masa tunggu manfaatnya. Nah, di sinilah kecermatan kita diuji. Tentu paling ideal adalah memilih asuransi melahirkan yang masa tunggunya tidak lebih dari sembilan bulan. 

Sebab proses selama mengandung hingga melahirkan seperti diketahui secara normal antara 9 bulan hingga 10 bulan. Bingung memilih asuransi melahirkan dengan masa tunggu tidak lebih dari 9 bulan? Berikut sejumlah pilihannya.

BNI Life

Produk asuransi kesehatan untuk karyawan yakni BNI Life Optima Cash Plan memberikan manfaat melahirkan kepada pemegang polis. Soal masa tunggunya dalam polis dicantumkan sekitar 9 bulan atau paling maksimal 280 hari. 

Prudential 

PRUMy Child adalah asuransi khusus melahirkan dari Prudential yang memberikan perlindungan kepada ibu dan anak sebelum dan sesudah proses melahirkan. Masa pertanggungannya sejak usia kehamilan 20-30 minggu yang ditetapkan usia sebenarnya. 

Sequis Life 

Sebagai produk asuransi tambahan dari layanan asuransi grup karyawan, Sequis Life menawarkan manfaat biaya melahirkan dalam proses normal atau pembedahan. Masa tunggu yang tercantum dalam polis sekitar 280 hari sejak tanggal dimulainya pertanggungan. 

Astra Life

Sebagai produk asuransi tambahan, Astra Life menawarkan manfaat persalinan dengan nilai manfaat mulai dari Rp12 juta sampai Rp37 juta. Masa tunggu yang tercantum dalam polis delapan bulan untuk melahirkan. 

Pilih asuransi pra dan pasca melahirkan

Demi memastikan kesehatan ibu dan calon bayi di dalam kandungan, pemeriksaan pra persalinan wajib dilakukan secara rutin. Nah, selama proses pemeriksaan pra persalinan tersebut tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

Sejumlah perusahaan asuransi pun tidak sedikit yang memberikan manfaat perlindungan sebelum melahirkan hingga pasca melahirkan. Siapa saja perusahaan asuransi yang mengcover biaya sebelum dan sesudah melahirkan? Berikut daftar lengkapnya. 

  • Hanwha Life lewat produk Hanwa Medi Smart
  • Sun Life lewat produk Sun Medical Platinum 
  • Axa dengan produk AXA Medicare Group 
  • Panin Da-ichi – Life dengan produk Panin Premier Multi Linked 

Bandingkan dengan asuransi yang mengcover biaya melahirkan lainnya

Sebelum menentukan pilihan asuransi yang mengcover biaya melahirkan adalah dengan mempelajari manfaat satu produk dengan produk lain. Membandingkan polis asuransi melahirkan dapat membantu kita menemukan manfaat yang cocok dan sesuai kebutuhan. 

Selain itu dengan membandingkan polis asuransi yang sejenis akan memastikan kita mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Khusus pada proses melahirkan yang situasinya kerap berubah begitu juga dengan penanganannya. 

Demikian informasi tentang asuransi yang mengcover biaya melahirkan. Semoga dapat membantu kamu menentukan pilihan asuransi yang cocok dapat mengcover biaya melahirkan ya. Untuk konsultasi seputar asuransi, sila hubungi tim Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →