Awas! Ini 7 Biaya Kartu Kredit yang Sering Dilupakan Orang

Kamu pengguna kartu kredit biasanya hanya memerhatikan bunga dan juga biaya keterlambatan pembayaran kartu kredit.

Karena itu gak heran kalau banyak orang yang kaget saat melihat tagihan kartu kreditnya jauh lebih besar dari perhitungannya.

Pasalnya, dibalik segudang manfaat kartu kredit terselip berderet biaya yang bisa membuat transaksi kartu kreditmu menjadi lebih mahal.

Karena itulah pentingnya kamu mengetahui beberapa biaya kartu kredit yang bisa membuat tagihanmu meledak.

Biaya apa saja itu? Berikut di antaranya:

1. Biaya tarik tunai

biaya kartu kredit
Biaya tarik tunai (viva)

Salah satu fasilitas yang diberikan kartu kredit adalah tarik tunai. Pemilik kartu kredit biasanya menggunakan fasilitas ini saat mereka membutuhkan dana tunai, jadi tarik tunai adalah solusi yang terbaik.

Tapi di balik keuntungan yang kamu dapatkan, ada biaya yang dibebankan ke kamu. Biayanya sekitar 4 persen atau Rp 50 ribu, bank biasanya akan memilih nominal mana yang lebih besar.

Nah, saat kamu melakukan tarik tunai di ATM, maka kamu akan dikenakan dua jenis biaya yaitu biaya tarik tunai dan biaya financial charge.

[Baca: Sebelum Kamu Tarik Tunai Kartu Kredit Pahami Dulu Cara Kerjanya Ya]

2. Biaya materai kartu kredit

biaya kartu kredit
Biaya materai kartu kredit (duitpintar)

Perlu diketahui, setiap transaksi ritel yang dilakukan di atas Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta maka akan dikenakan biaya materai sebesar Rp 3 ribu. Sedangkan transaksi di atas Rp 1 juta, akan dikenakan biaya sebesar Rp 6 ribu.

Sayangnya, banyak orang yang sering melupakan biaya materai ini. Apalagi buat mereka yang ingin membayar tagihan kartu kredit full payment.

Contohnya, kamu membeli elektronik sebesar Rp 5 juta dan berencana membayar tagihan penuh sebelum jatuh tempo.

Karena kamu ingatnya menggunakan kartu kredit sebesar Rp 5 juta. Kamu pun hanya membayar sebesar Rp 5 juta dan melupakan biaya materai. Jadi kamu jangan kaget kalau ditagihan bulan berikut, akan ada biaya materai di dalam billing kartu kreditmu.

3. Biaya financial charge

biaya kartu kredit
Biaya financial charge (thelogicalindian)

Mungkin belum banyak orang yang tau apa itu biaya financial charge. Ya, biaya ini biasanya akan dikenakan saat kamu membayar tagihan kartu kredit hanya minimum payment maupun telat melakukan pembayaran.

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

4. Biaya overlimit

biaya kartu kredit
Biaya overlimit (novinite)

Para pengguna kartu kredit harus mengetahui secara pasti berapa limit kartu kreditmu, baik limit tarik tunai atau limit transaksi belanja.

Pasalnya kalau kamu melakukan transaksi melebihi limit kartu, maka akan dikenakan biaya oleh bank. Untuk biayanya sendiri, rata-rata bank mematok sekitar 5 persen.

5. Biaya gagal autodebet

biaya kartu kredit
Biaya gagal autodebet (pilihkartu)

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan fitur autodebet untuk pembayaran kartu kredit agar meminimalisir risiko telat bayar.

Tapi sebelum kamu yakin mengaktifkan fitur tersebut, pastikan kalau saldo di rekening autodebet kamu mencukupi. Karena kalau autodebit gagal karena saldo tidak cukup, maka bank akan mengenakan biaya.

6. Credit shield

biaya kartu kredit
Credit shield (kreditgogo)

Ada yang tau apa itu biaya credit shield? Ya, biaya ini berupa asuransi untuk para pemilik kartu kredit jika terjadi masalah seperti meninggal atau cacat tetap.

Namun, biaya ini bersifat optional jadi tergantung pada nasabah dan umumnya akan dikenakan biaya sekitar 0,6 persen dari setiap tagihan.

7. Biaya cetak tagihan

biaya kartu kredit
Biaya cetak tagihan (netndroid.blogspot)

Meski kini sudah banyak orang yang memilih e-statement untuk mengetahui tagihan kartu kreditnya.

Tapi hingga kini tetap masih banyak orang yang meminta tagihan dalam bentuk fisik atau dicetak. Nah, tahukah kalau cetak tagihan akan ada biaya yang harus kamu tanggung yaitu sebesar Rp 10 hingga Rp 15 ribu.

Nah, itu dia tujuh biaya kartu kredit yang harus kamu waspadai. Jadi kamu gak perlu kaget kalau melihat ada tagihan lain dari jumlah transaksi yang kamu lakukan.

[Baca: 3 Denda Kartu Kredit yang Ternyata Bisa Dihilangkan dan Caranya]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →