Awas! Banyak Lowongan Palsu Beredar, Kamu Jangan Asal Melamar Kerja

Mencari pekerjaan saat ini memang gak mudah. Bahkan kamu harus bersaing dengan lulusan lainnya. Belum lagi kamu juga harus berhadapan dengan lowongan kerja palsu. Duh makin susah kan dapat kerja?

Lowongan kerja palsu itu sendiri didasarkan karena jumlah pelamar dan lapangan pekerjaan tak seimbang.

Hal ini dimanfaatkan oleh oknum gak bertanggung jawab untuk membuka lapangan kerja palsu dengan iming-iming bisa langsung bekerja dan mendapatkan bonus.

Padahal, kamu pasti bakalan dikenakan biaya yang gak jelas peruntukkannya. Nah, agar tidak menjadi korban lowongan kerja abal-abal itu, kamu wajib pahami hal-hal ini dulu yuk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Micellar Water Terbaik yang Harganya Gak Sampai Rp 50 Ribu

1. Minta biaya rekrutmen

Proses recruitment (Shutterstock).

Mana ada perusahaan resmi yang meminta dana untuk proses rekrutmen? Jika suatu saat perusahaan yang kamu lamar meminta imbalan atas proses rekrutmen, wah harus hati-hati ya. Kamu harus berhati-hati, bisa saja perusahaan itu penipu.

2. Menggunakan alamat email gratis

Alamat email gak valid (Shutterstock).

Suatu perusahaan besar biasanya memiliki domain khusus atas nama PT yang bersangkutan. Jika perusahaan yang kamu lamar menggunakan domain gratis seperti @gmail.com, @yahoo.com, untuk alamat email, kamu wajib berhati-hati ya.

Tetapi yang namanya penipu, pasti lebih lihai mengelabui mata. Kalau kamu sudah terbiasa berkirim surat elektronik ke perusahaan resmi, pasti bisa membedakan mana perusahaan asli dan palsu.

Baca juga: Tanda Kartu Kredit Kamu Sudah Aman, Salah Satunya Dilengkapi Chip

3. Memaksa pelamar agar segera bergabung ke perusahaan

Karyawan melamar pekerjaan (Shutterstock).

Pihak HRD perusahaan biasanya memiliki tahapan rekrut yang panjang dan resmi. Pasti sudah sesuai dengan prosedur dan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Pihak HRD perusahaan resmi gak bakalan deh merayu kamu untuk bergabung ke kantor mereka. Apalagi kalau sampai melakukan pemaksaan dengan iming-iming bayaran tinggi.

Jika kamu mengalami hal itu, harus waspada ya, bisa jadi perusahaan tersebut abal-abal. Karena gak akan mungkin perusahaan ternama sampai memaksa pekerja untuk bergabung. Karena itu hanya akan menurunkan kredibilitas perusahaan tersebut, jika ini PT ternama.

Kalau kamu gak berniat gabung, pihak HRD juga bisa mencari kandidat lainnya kok!

4. Menawarkan gaji besar

Menawarkan gaji besar (Shutterstock).

Kamu pasti senang kalau mendapatkan penawaran gaji sangat besar, bukan? Tetapi perhatikan lagi tawaran tersebut deh. Gak ada satu perusahaan manapun yang berani menggaji karyawan baru dengan upah sangat tinggi. Mereka akan menggaji dengan sistem bertahap sesuai dengan kinerja kamu.

Jika kamu mendapatkan penawaran jauh dari harga rata-rata, kroscek terlebih dahulu nama perusahaannya, lokasi kerja, dan mungkin bisa kamu datangi. Sederhana saja, jika pegawai baru seperti kamu mendapatkan upah diatas UMR, bagaimana dengan pekerja lama, kamu wajib mencari tahunya sebelum kena tipu.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Baca juga: Ingin Sukses Meniti Karier Meski gak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Caranya

5. Lokasi wawancara tidak sesuai dengan alamat perusahaan

Wawancara pekerjaan (Shutterstock).

Kalau ini sudah jelas sekali ada upaya penipuan lowongan pekerjaan. Setiap perusahaan besar, selalu melakukan tes, interview calon pegawai di kantor pusat langsung. Apabila lokasi wawancara dilakukan di tempat yang gak sesuai, kamu wajib hati-hati.

Meskipun kamu membutuhkan pekerjaan saat ini, dikarenakan butuh uang atau hal lain, ada baiknya tetap berhati-hati. Kalau sudah ada iming-iming pemungutan uang, lebih baik kamu cari pekerjaan lain.

Ada baiknya langsung mencoba ke perusahaan besar, buka websitenya, cari kolom karier, kalau memang sedang pembukaan, pasti ada informasi didalamnya.

Mencari pekerjaan memang susah-susah gampang, tetapi kalau sudah menjadi rezeki kamu, ya pasti bakalan dapat kok. Tetap optimis ya meskipun berkali-kali ditolak! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →