Bahana Sekuritas – Profil, Keunggulan, dan Aplikasi Direct Trading-nya

bahana sekuritas

PT Bahana Sekuritas merupakan perusahaan penjamin emisi efek dan perantara perdagangan efek yang kaya akan penghargaan. Sejak tahun 2000 hingga 2019, sekuritas ini selalu dianugerahi penghargaan yang sebagian besar diberikan oleh majalah Finance Asia dan Alpha Southeast Asia. 

Bisa dibilang, Bahana agak mirip dengan Danareksa Sekuritas karena perusahaan ini merupakan anak usaha dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Layanan yang diberikan Bahana ke pelanggan gak cuma sebatas broker saham, mereka juga menyediakan layanan perbankan investasi hingga riset pasar. Pokoknya lengkap deh, dan tentunya dikelola oleh para profesional di bidang keuangan.

Dapatkan proteksi asuransi terbaik dari Pan Pacific Insurance untuk aset berhargamu seperti mobil dan properti!

Sebelum memutuskan untuk membuka akun saham di Bahana, gimana kalau kita kenalan dulu dengan perusahaan ini, sekaligus mencari tahu soal keunggulannya.

Profil Bahana Sekuritas

Sekuritas yang didirikan tahun 1993 ini adalah anak usaha dari BUMN bernama PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Misi awal Bahana Pembinaan Usaha Indonesia adalah untuk mengembangkan sektor riil melalui pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi.

Namun singkat cerita, perusahaan itu berkembang dan memiliki banyak anak usaha. Sebut saja seperti, Bahana Sekuritas, Bahana Artha Ventura (permodalan ventura), Bahana TCW Investment Management (Manajer Investasi), Graha Niaga Tata Utama (perkantoran), Asuransi Jasa Raharja, Asuransi Jasa Indonesia, Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Wah, ternyata ini adalah perusahaan yang merupakan sister company Jasa Raharja dan Jamkrindo ya.

Sebesar 99 persen saham perusahaan sekuritas ini dipegang oleh PT Bahana Pembinaan Usaha Persero, dan 1 persennya oleh Koperasi Karyawan PT Bahana Pembinaan Usaha Persero.

Bahana pun sudah pernah mengawal IPO perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dua di antaranya adalah, PT Kencana Energi Lestari Tbk. dan PT Inocycle Technology Group Tbk.  

Keunggulan Bahana Sekuritas

Ada sejumlah hal yang membuat para investor melirik sekuritas yang satu ini. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sekuritas BUMN

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Bahana Sekuritas memang mirip dengan Danareksa karena memiliki status sekuritas milik BUMN. Tentu saja, bagi sebagian investor, status ini cukup penting karena aset-aset mereka dikelola oleh perusahaan BUMN yang memiliki reputasi baik.

2. Ada kesempatan besar dapat saham IPO

Bahana cukup aktif dalam mengawal sebuah perusahaan melantai di bursa saham. Ketika Bahana bertindak sebagai penjamin emisi efek, maka investor pun berkesempatan besar untuk bisa membeli saham perusahaan yang akan IPO. 

Biasanya nih, saham-saham perusahaan yang baru IPO harganya akan meroket dalam hitungan hari. Lumayan kan kalau tiba-tiba tembus 60 persen.

3. Ada fitur direct trading yang canggih dan sangat membantu

Kita akan bahas keunggulan NextG yang merupakan fitur direct trading dari Bahana di sub bab lain di artikel ini.

Yang jelas, fitur ini sangatlah membantu investor untuk melakukan transaksi saham dengan cepat. NextG bisa diakses di web browser dan bisa memberikan panduan yang baik bagi investor pemula untuk bertransaksi.

4. Investor bisa mengikuti forum khusus yang digelar Bahana Sekuritas

Wah ini penting juga lho buat edukasi. Intinya, Bahana memang sering menggelar Bahana Investor Forum secara berkala guna meningkatkan pemahaman di pasar modal.

Dalam forum itu tentu saja kamu bisa mengembangkan network hingga tukar pengalaman soal investasi.

Tertarik dengan ulasan mengenai investasi? Atau, kamu punya pertanyaan seputar topik ini? Kunjungi laman tim ahli di Tanya Lifepal!

Direct Trading NextG Bahana Sekuritas

Salah satu kebanggaan dari Bahana Sekuritas adalah fitur Direct Trading bernama NextG. NextG sendiri juga hadir sebagai sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagai platform, dengan sistem operasi Windows, Mac OS, iOS, dan Android.

Namun, untuk menginstall aplikasi ini, pastikan bahwa kamu sudah menginstall Adobe Air. Kamu juga bisa mendapatkan aplikasi Adobe Air di http://www.directtrading.co.id/download/installer/ 

Namun bila kamu ingin mengaksesnya lewat web browser, masuk saja ke http://bsdtnextg.bahana.co.id/WTS/

Seperti dijelaskan di atas, NextG merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bahana. Apa saja sih yang bisa didapat investor dengan melakukan trading di NextG? Yuk cari tahu di bawah sini.

1. Direct Recommendation

Investor akan mendapat panduan rekomendasi saham harian secara menyeluruh (fundamental maupun teknikal) dari para analis Bahana. 

Buat kamu yang belum tahu, tim analis dan riset Bahana itu dipandang sebagai tim analis terbaik di Indonesia lho. Setidaknya gak was-was deh kalau mengikuti rekomendasi mereka.

2. Direct Assistant Officer

Assistant Officer yang dimaksud adalah tim sales officer serta call center yang bakal membantu investor dalam transaksi saham. Jika ada gangguan teknis dan kamu ingin membeli atau menjual saham pada saat itu, segera hubungi mereka saja.

3. Direct Technical Update

Ini adalah rekomendasi khusus berupa analisis teknikal dari para analis Bahana. Informasi ini akan dikirim setiap sesi jam perdagangan.

4. Direct Account Access

Fitur ini mempermudahmu untuk memeriksa portofolio kapan saja. 

Cara menjadi nasabah Bahana Sekuritas

Gimana, keren kan fitur dari NextG milik Bahana? Makin tertarik untuk membuka akun saham di sekuritas BUMN ini?

Bila jawabannya ya, maka ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1. Hubungi customer care Bahana Sekuritas

Pertama, segera hubungi customer care Bahana di nomor 14009. Gak usah pakai 021 ya.

Customer care akan mengirimkan dua formulir pendaftaran ke emailmu. Setelah emailnya diterima, lakukan pengisian formulir dan pastikan data-datanya valid.

Beberapa informasi penting yang harus didapatkan sekuritas di formulir itu adalah, No. Handphone, Email, Nama Gadis Ibu Kandung, Saudara yang bisa dihubungi, Ahli Waris & Referensi Bank. Rekening pribadi yang dimiliki saat ini harus dengan nama yang sama untuk melakukan transfer penarikan dana.

2. Paraf formulir di halaman 11

Coba cek halaman sebelas di formulir tersebut. Jika sudah, tempelkan materai 6 ribu dan tandatangani.

3. Siapkan dokumen-dokumen di bawah ini

Jangan lupa ya untuk menyiapkan beberapa dokumen di bawah ini:

  • Fotokopi KTP
  • NPWP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan.

Kedua dokumen ini harap difotokopi dua lembar, dan pastikan bahwa hasil fotokopinya jelas alias masih bisa terbaca. 

4. Kirim dokumen ke kantor pusat

Setelah semua berkas terkumpul dan formulir sudah ditandatangani, maka segera kirim dokumen-dokumen itu ke kantor pusat di alamat:

PT Bahana Securities

Gedung Graha CIMB Niaga, Lantai 19

Jl. Jend. Sudirman Kav. 58

Jakarta – 12190

Up. Admin

5. Permohonan rekening efek dan rekening dana nasabah diproses

Setelah semua berkas diterima, itu berarti permohonan atas rekening efek sekaligus rekening dana nasabah (RDN) kamu akan diproses.

Lamanya proses ini akan sangat bergantung dari kelengkapan dokumen yang kamu kirimkan. Jika ada yang tidak lengkap, maka Bahana akan menghubungimu untuk meminta dokumen yang belum disertakan.

Deposit awal dan Fee transaksi Bahana Sekuritas

Deposit awal ke RDN untuk bertransaksi saham lewat sekuritas ini adalah Rp 1 juta. Sementara itu, biaya transaksinya sama seperti IndoPremier Sekuritas, yaitu 0,19 persen untuk fee beli, dan 0,29 persen untuk fee jual.

Kantor Bahana Sekuritas

Ingin mengunjungi kantor Bahana Sekuritas? Sayangnya sekuritas ini gak seperti perusahaan lain yang punya banyak cabang. 

Mereka hanya punya satu cabang dan satu galeri. Berikut daftarnya:

Kantor Alamat No telepon
Head office  Graha CIMB Niaga, 19th Floor

Jl Jendral Sudirman Kav. 58

Jakarta 12190, Indonesia Phone: (62-21) 250 5678

Fax: (62-21) 250 5087

Email: [email protected] Surabaya branch Sinarmas Land Plaza, Ground Floor

Jl. Pemuda 60-70,

Surabaya 60271

INDONESIA Phone: (62-31) 535 2788

Fax: (62-31) 546 1157 Gallery Graha CIMB Niaga, Ground Floor

Jl. Jendral Sudirman, Kav 58

Jakarta 12190, INDONESIA Phone: (62-31) 522 5929

Fax: (62-31) 250 5682

 

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui seputar Bahana Sekuritas. Oh ya, soal pilihan RDN, informasi ini juga sangat sulit ditemukan di internet.

Namun menurut penelusuran Lifepal, salah satu pilihan bank untuk Bahana adalah Mandiri. Tidak ada pilihan lain seperti BCA atau Panin sebagai RDN Bahana Sekuritas.

Tertarik buka rekening di sini? Yuk segera kunjungi saja kantornya atau hubungi call centernya ya.

Investasi apa yang cocok buat kamu?

Bagi kamu yang pengin tahu investasi terbaik sesuai profil risiko, kamu bisa coba mengisi Kuis Profil Risiko Investasi dari Lifepal berikut ini:

Pertanyaan seputar Bahana Sekuritas