Ini Kredit yang Bisa Diandalkan Kalau Kamu Kurang Dana buat Bangun Rumah

Gara-gara modalnya kurang, banyak orang yang menunda keinginannya buat bangun rumah. Hal ini sebenarnya gak harus sampai terjadi sebab ada sumber dana yang bisa jadi solusi dari kurangnya modal, yaitu kredit bangun rumah.

Asal tahu aja nih, bank itu gak cuma sediakan kredit pemilikan rumah, tapi juga memberikan pinjaman buat orang-orang yang kepengin bangun rumah. Keberadaan pinjaman atau kredit rumah ini tentu aja jadi solusi yang bisa diandalkan buat wujudkan rencana bangun rumah.

Nah, buat kamu yang menimbang-nimbang pengin bangun rumah dengan pinjaman bank, ada beberapa pilihan kredit bangun rumah nih yang bisa kamu pertimbangkan. Penasaran seperti apa pilihan kreditnya? Dicek yuk ulasannya berikut ini.

1. Kredit Bangun Rumah BTN

Bank BTN (Instagram).

Citra sebagai bank penyedia produk KPR emang udah melekat banget pada Bank BTN. Selain KPR, bank BUMN ini juga menawarkan pinjaman buat bangun rumah lho, yaitu Kredit Bangun Rumah BTN.

Pinjaman BTN yang satu ini gak mematok berapa besar plafon kreditnya. Dengan kata lain, kamu bisa ajukan pinjaman sebesar-besarnya yang diperlukan.

Jangka waktu Kredit Bangun Rumah BTN bisa diambil hingga 10 tahun. Pinjaman ini juga meliputi asuransi jiwa kredit. Suku bunga yang digunakan buat Kredit Bangun Rumah BTN adalah suku bunga anuitas. Pinjaman ini bisa diajukan di Kantor Cabang BTN terdekat.

Ini syarat dan ketentuan ajukan Kredit Bangun Rumah BTN

  • Berstatus WNI.
  • Usia minimal 21 tahun atau telah menikah.
  • Lama kerja minimal 1 tahun.
  • Usia pemohon gak lebih dari 65 tahun.
  • Wajib menutup asuransi jiwa dan kebakaran.
  • Setuju tanda tangan perjanjian kredit dan APHT atau Akta Pembebanan Hak Tanggungan.
  • Bayar angsuran autodebet dari rekening BTN.
  • Isi Form Aplikasi Kredit.
  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi surat nikah atau cerai.
  • Fotokopi NPWP atau SPT Tahunan.
  • Fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap (karyawan).
  • Slip gaji satu bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan (karyawan).
  • Fotokopi SIUP (wiraswasta).
  • Fotokopi TDP (wiraswasta).
  • Fotokopi akta pendirian atau perubahan (wiraswasta).
  • Fotokopi akta pengesahan menteri kehakiman (wiraswasta).
  • Data keuangan perusahaan (wiraswasta).
  • Fotokopi izin praktik (profesional).
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.
  • Foto pemohon dan pasangan.
  • Fotokopi sertifikat HGB atau SHM.
  • Fotokopi IMB

2. KPR Danamon

Danamon KPR (Instagram).

Ternyata KPR Danamon bisa ditujukan sebagai pembiayaan membangun rumah. Plafon kredit maksimal yang diberikan mencapai Rp 15 miliar dengan jangka waktu pelunasan 1 – 20 tahun.

Suku bunga yang berlaku pada KPR Danamon adalah suku bunga fixed pada periode tertentu. Kemudian floating pada periode selanjutnya.

Oh, iya. Kamu bisa daftarkan diri secara online lho buat ambil KPR Danamon lho. Cukup buka website Danamon, pilih produknya, dan ajukan.

Apa aja syarat dan ketentuan mengajukan KPR Danamon?

  • Berstatus WNI.
  • Usia minimal 18 tahun (menikah) dan 21 tahun (belum menikah).
  • Penghasilan minimal Rp 5 juta atau penghasilan kotor suami istri.
  • Isi formulir aplikasi kredit.
  • Fotokopi KTP pemohon dan suami/istri.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi akta nikah/cerai/kematian.
  • Fotokopi NPWP pemohon.
  • Fotokopi SPT/PPh 21.
  • Perjanjian pisah harta.
  • Slip gaji 1 bulan terakhir atau surat keterangan penghasilan dari perusahaan.
  • Fotokopi SIUP (pengusaha).
  • Fotokopi TDP (pengusaha).
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan (pengusaha).
  • Surat izin profesional atau surat izin praktik profesi (profesional).
  • Rekening bank 3 bulan terakhir.
  • Laporan keuangan 2 tahun terakhir.
  • Surat pernyataan penghasilan.
  • Surat pernyataan debitur buat mendirikan tabungan.
  • Fotokopi SHM atau HGB.
  • Fotokopi IMB.
  • Fotokopi PBB dan STTS.

3. KPR Xtra CIMB Niaga

KPR Xtra CIMB Niaga (Instagram).

Sama seperti KPR Danamon, kamu pun juga bisa menggunakan KPR Xtra CIMB Niaga buat dana bangun rumah. Pinjaman dari Bank CIMB Niaga ini menawarkan suku bunga variatif dan proses yang cepat. Jangka waktu pelunasannya hingga 25 tahun.

Soal bunga, Bank CIMB Niaga mengklaim kalau mereka memberi bunga yang ringan dan proses yang cepat. Pokoknya, KPR Xtra ini bisa jadi pilihan yang oke deh.

Kalau kamu berminat kepengin ambil KPR Xtra CIMB Niaga, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Apa aja?

  • Berstatus WNI.
  • Usia minimal 21 tahun.
  • Isi Form Aplikasi.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi kartu keluarga dan surat nikah.
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji atau surat keterangan gaji atau SPT PPh 21.
  • Laporan keuangan (wiraswasta).
  • Fotokopi surat izin praktik (profesional).
  • Fotokopi SIUP, TDP, NPWP, akta pendirian dan perubahannya (pengusaha).

Jadi, gimana? Adakah salah satu pilihan pinjaman di atas yang kamu pengin ajukan buat bangun rumah?

Supaya pengajuan kamu benar-benar lolos, pastikan semua syarat dan ketentuan dipenuhi ya. Terus ajukan pinjaman dengan cicilan maksimal 30 persen dari gajimu. Soalnya lebih dari itu, kemungkinan besar pengajuan ditolak. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →