Yang Mau Bangun Rumah Sendiri, Cek Caranya di Sini

Rumah

Bangun rumah sendiri memang tidak mudah. Perlu biaya yang cukup besar untuk membangun rumah dan memperhitungkan sendiri Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar biaya membangun rumah tidak membengkak.

Alasan itulah yang membuat beberapa orang memilih untuk mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) daripada harus menunggu terlalu lama dana untuk membangun rumah.

Padahal, jika diperhitungkan dengan cermat, bangun rumah sendiri bisa jauh lebih hemat dibandingkan dengan mencicil rumah. Pasalnya, untuk kredit rumah sudah pasti dikenakan bunga, sedangkan membangun rumah hanya butuh kesabaran untuk mengumpulkan dananya.

Aturan Bangun Rumah di Indonesia

Bangun Rumah dengan Mudah

Syarat untuk membangun rumah sendiri adalah mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Perizinan ini bisa melalui kecamatan tempat domisili, jika rumah yang dibangun luasnya kurang dari 500 meter persegi.

Syarat pembuatan IMB rumah

Persiapkanlah berkas-berkas berikut sebagai syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk pengajuan IMB.

  1. Mengisi formulir permohonan IMB.
  2. Fotokopi e-KTP dan NPWP.
  3. Fotokopi SPPT Tanah (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang).
  4. Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Tahun Berjalan.
  5. Fotokopi surat kepemilikan tanah.
  6. Surat pernyataan kepemilikan tanah.
  7. Surat kuasa jika diwakilkan kepada orang lain.

Jika dalam prosesnya ternyata rumah yang Anda bangun belum memiliki IMB, maka pemerintah daerah setempat bisa merobohkan bangunan yang tidak memiliki izin. IMB berfungsi untuk membantu pemerintah dalam tata letak kota. Hal ini juga mencegah bangunan-bangunan liar yang menyalahi aturan peruntukan lahan.

Proses pengurusan IMB diperkirakan 15 hari kerja. Untuk itulah, Anda perlu mengurus IMB terlebih dahulu sebelum memulai membangun rumah.

Biaya pembuatan IMB dihitung berdasarkan luas bangunan dengan biaya Rp2.500 per meter persegi. Sebagai contoh, jika bangunan rumah seluas 36 meter persegi artinya Anda perlu menyiapkan biaya pengurusan IMB sekitar Rp90 ribu.

Biaya Bangun Rumah

Biaya Bangun Rumah

Biaya bangun rumah sangat ditentukan oleh desain, material bangunan yang digunakan dan lokasi rumah, serta harga pasaran bahan-bahan bangunan di daerah tempat Anda membangun rumah.

Pastilah ada perbedaan harga untuk material bahan bangunan. Perbedaan harga tersebut akan berpengaruh pada perhitungan biaya bangun rumah.

Secara umum, beberapa biaya yang harus dipersiapkan untuk bangun rumah, seperti:

  • Biaya tukang atau buruh bangunan.
  • Biaya jasa desain atau jasa arsitek.
  • Biaya bahan bangunan / material bangunan.
  • Biaya jasa lain seperti pemasangan listrik, sumur air, dll.

Tips Bangun Rumah Sendiri

tips trading

Agar bisa memaksimalkan dana yang ada, beberapa tips bangun rumah sendiri ini bisa Anda terapkan.

  1. Rencanakan pembangunan rumah dengan matang.
  2. Pilih rumah minimalis yang lebih hemat biaya.
  3. Survei contoh desain dan bangunan dari internet.
  4. Konsultasikan desain dengan arsitek yang memahami merancang konstruksi yang kuat.
  5. Buat anggaran biaya pembangunan.
  6. Cek harga material bangunan terkini.
  7. Pilih bahan bangunan yang berkualitas, tapi terjangkau.
  8. Cari tukang yang bisa dipercaya dan jujur.
  9. Mulai membangun rumah sesuai dengan rencana rancangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum berencana bangun rumah sendiri. Ada beberapa aspek yang perlu Anda urus dan pikirkan sebelum memutuskan untuk membangun rumah sendiri. Terutama soal kesiapan dana dan mewujudkan impian rumah idaman.

Hunian yang dirancang dan dibangun sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan membeli secara kredit. Namun demikian, prosesnya pun tidak bisa cepat seperti ketika membeli rumah dengan cara kredit.

Oleh karena itu, cita-cita membangun rumah sendiri sudah harus dipersiapkan sejak dini sebelum memasuki jenjang pernikahan. Agar, setelah menikah, Anda sudah bisa menghuni rumah yang Anda idam-idamkan selama ini.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →