Gak Bikin Kantong Bolong! 4 Cara Ini Bantu Karyawan Atasi Banjir Jakarta

banjir jakarta

Bagi sebagian orang di Ibu Kota, musim hujan adalah “waktunya” banjir Jakarta. Mempunyai tempat tinggal di daerah yang rawan banjir, membuat kita harus bersiap-siap saat memasuki banjir Jakarta. 

Banjir Jakarta yang kembali terjadi Selasa 17 Desember 2019 menyedot perhatian banyak pihak, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi banjir Jakarta dan kemacetan, Jokowi mengungkapkan, masalah tersebut sulit diatasi jika tidak pindah Ibu Kota. 

“Kalau tidak pindah Ibu Kota ya memang tetap akan sulit karena semua orang ingin meniti karier di Jakarta. Bisnis di jakarta semua mikir di seluruh Tanah Air ke Jakarta semua atau Jawa,” katanya dalam dialog bersama wartawan di Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu 18 Desember 2019.

Untuk masalah banjir Jakarta, Jokowi mengaku sedang menyelesaikan pembangunan waduk di kawasan Bogor, yaitu Sukamahi dan Ciawi. Program pengendalian banjir itu juga harus diiringi pembersihan saluran air di Jakarta, didukung dengan program pelebaran Sungai Ciliwung yang menyempit.

Berbicara mengenai banjir, salah satu bencana alam ini memang menimbulkan kerugian secara material dan non material. Selain mengganggu aktivitas masyarakat, juga menimbulkan masalah kesehatan. 

Banjir telah menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan sangat merugikan para korban, mulai dari korban jiwa, kesulitan air bersih, menimbulkan masalah kesehatan, kerugian ekonomi, hingga melumpuhkan aktivitas masyarakat.

Kerugian ekonomi hingga melumpuhkan aktivitas masyarakat yang terjadi saat banjir akan membuat kantong membengkak. Terutama, untuk mereka yang bekerja di Ibu Kota.

Nah, sebelum kamu menjadi salah satu korban banjir Jakarta, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu cara untuk mengatasi bencana satu ini. 

Bagaimana cara cerdas dan hematnya? Yuk, ketahui lengkapnya seperti dirangkum Lifepal di sini:

Memakai alternatif kendaraan umum lain

Banjir Jakarta
Memakai alternatif kendaraan umum lain

Salah satu dampak banjir yang terjadi 17 Desember sore memaksa PT MRT Jakarta menutup sejumlah pintu masuk stasiunnya. 

Dilansir dari keterangan resmi MRT Jakarta lewat akun Instagramnya, @mrtjkt, Selasa 17 Desember 2019, MRT menutup beberapa eskalator dan pintu masuk stasiunnya. 

Jika kamu salah satu pengguna MRT, maka ada baiknya memakai alternatif kendaraan umum lain untuk pergi dan pulang kerja. Salah satunya, memilih KRL Commuter Line yang tidak mendapat imbas banjir seperti dialami kemarin sore.

Dengan naik KRL, kamu juga bisa lebih hemat. Pasalnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan tarif KRL Commuter Line mulai dari Rp 3.000.

Baca juga: Apa Sih Plus dan Minus Berangkat Kerja dengan Menggunakan MRT Jakarta?

Pergi dan pulang kerja naik mobil online bersama teman sekantor

Banjir Jakarta
Pergi dan pulang kerja naik mobil online bersama teman sekantor

Buat kamu pejuang kendaraan umum, pasti mengalami kenaikan tarif kendaraan saat hujan deras, apalagi diiringi dengan banjir.

Nah, untuk kamu yang terpaksa mengalami kondisi itu, maka ada baiknya mengajak teman-teman sekantor yang tempat tinggalnya satu wilayah untuk pergi dan pulang bersama-sama memakai mobil online.

Jika naik mobil online bersama-sama, biaya yang ditanggung dapat dibagi rata dengan teman sekantormu!

Baca juga: City Car Saat Menghadapi Jalan Banjir, Ini Caranya

Remote working

Banjir Jakarta
Remote working

Ketika curah hujan tinggi hingga menimbulkan banjir, maka bersiaplah menghadapi kemacetan lalu lintas yang bahkan bisa stugnant

Ketika menghadapi kondisi ini, remote working bisa membantumu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas!

Jika kantormu memberikan fasilitas remote working, maka tak ada salahnya untuk mengambilnya. Sehingga, kamu tetap bisa produktif,  segala aktivitas bekerja atau meeting dapat dihalau kala banjir menghadang.

Baca juga: Santai Sih, Tapi Pastikan Kamu Punya 6 Hal Penting Ini Sebelum Bekerja Secara Remote

Bekerja di coworking space 

Banjir Jakarta
Bekerja di coworking space

Selain mengambil remote working, kamu juga bisa mengusulkan tim sekantor bekerja di coworking space.

Suasana coworking space sangat mendukung pengunjungnya untuk bekerja dengan produktif. Kebanyakan coworking space terletak di lokasi strategis dan mudah dikunjungi. 

Ruang kerja di coworking space juga didesain senyaman mungkin dan dilengkapi dengan meeting room yang tidak kalah nyaman, sehingga berhasil membuat penyewanya betah. 

Itulah empat cara cerdas yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi banjir Jakarta. Sehingga, kamu tetap bisa produktif bekerja, bahkan lebih hemat saat banjir menghadang. Selamat mencoba, dan semoga Jakarta tidak lagi banjir!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →