Cari Tahu Profil dan Layanan Perbankan dari Bank Mandiri

profil dan layanan bank mandiri

Hidup di era modern, kita dihadapkan dengan banyak kemudahan. Segala bentuk transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mudah. Penyimpanan uang secara aman, pengiriman dan penarikan tunai, pinjaman tanpa terjerat lintah darat, belanja tanpa khawatir kekurangan uang, serta membawa banyak uang tanpa rasa was-was adalah bentuk-bentuk kenormalan baru yang ingin dicapai oleh setiap orang, pun diakomodasi oleh bank. 

Sekilas tentang Bank Mandiri

Saat ini Bank Mandiri menjadi salah satu bank terbesar dengan nasabah yang sangat signifikan perkembangannya. Pada 2 Oktober 1998, Bank Mandiri resmi berdiri. Saat itu, pemerintah Republik Indonesia sedang melakukan restrukturisasi perbankan untuk menanggulangi krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997.

Empat bank lain yang akhirnya bergabung dengan Bank Mandiri pada 31 Juli 1999 antara lain Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia. 

Sepanjang perjalanannya, Bank ini melalui beberapa kali transformasi guna menyesuaikan dengan kebutuhan dasar masyarakat. Hingga hari ini telah mampu merengkuh segmen lintas kelas sehingga kebutuhan nasabahnya akan terpenuhi melalui program-program yang ditawarkan.

Hal itu selaras dengan visi dan misi Bank Mandiri, yaitu menjadi partner finansial pilihan utama masyarakat. Misi instansi BUMN ini adalah menyesuaikan program perusahaan dengan perkembangan dunia dan teknologi, yaitu menyediakan layanan perbankan digital yang andal dan simpel sehingga mempermudah kehidupan keuangan nasabah.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, instansi ini terbukti terus tumbuh bersama para nasabah lintas usia, yaitu lintas batas yang selama ini kerap menciptakan gap antara satu dan lainnya.

Program CSR Bank Mandiri

Selayaknya sebuah perusahaan yang mengemban tanggung jawab sosial kepada masyarakat, Bank Mandiri juga memiliki program Mandiri CSR (Corporate Social Responsibility). Program ini fokus pada pertumbuhan kesejahteraan masyarakat. 

Implementasi program-program CSR perusahaan dirancang untuk bisa berkelanjutan sehingga kesuksesan bisnis yang dicapai dapat tumbuh secara linear dengan kemakmuran masyarakat dan keberdayaannya.

Guna membangun kemandirian masyarakat, terdapat tiga program CSR utama, antara lain:

  • Wirausaha Muda Mandiri
  • Mandiri Bersama Mandiri
  • Spirit Memakmurkan Negeri

Wirausaha Muda Mandiri adalah program dukungan yang membidik anak muda terdidik (mahasiswa dan alumni) untuk menciptakan dan mengembangkan wirausahanya. 

Mandiri Bersama Mandiri dibangun dengan semangat menjalin kesinambungan dengan program-program pemerintah yang sejalan dengan visi dan misi Bank Mandiri, yaitu untuk menciptakan masyarakat yang berfaedah secara keuangan dan mandiri secara kebutuhan hidupnya. 

Program CSR yang terakhir adalah Spirit Memakmurkan Negeri, yaitu memberikan solusi dalam permasalahan-permasalahan sosial, pendidikan, dan lingkungan.

Produk dan fitur yang dimiliki Bank Mandiri

Sebagaimana layaknya perusahaan yang mengakomodasi beragam kebutuhan, Bank Mandiri dapat menjadi rujukan yang tepat untuk kepentingan personal maupun bisnis perusahaanmu. Berikut adalah kebutuhan personal yang bisa didapatkan berkat menjadi nasabah.

Guna melancarkan usaha dan bisnismu, menjadi nasabah Bank Mandiri adalah langkah yang tepat. Berikut adalah beberapa program khusus perusahaan yang dapat diakses oleh nasabahnya.

  • Simpanan
  • Pinjaman
  • Corporate Card
  • Cash Management
  • Trade Finance
  • Treasury
  • E-Banking

Bantuan layanan dan call center Mandiri untuk nasabah

Bank Mandiri memiliki Mekanisme Penyampaian Pengaduan jika nasabah ingin menyampaikan keluhan. Mekanisme ini pun sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apabila nasabah mengalami kesulitan untuk mengakses layanan dan program, pengaduan dapat dilakukan melalui lisan dan tulisan.

Pengaduan secara lisan dapat dilakukan dengan menghubungi call center Mandiri di 14000 atau mendatangi kantor cabang terdekat secara langsung. Selain itu, pengaduan secara tulisan juga dapat dilakukan melalui enam cara, antara lain:

  • Mendatangi kantor cabang terdekat.
  • Mengirimkan pengaduan ke surel [email protected]
  • Mengakses situs resmi Bank Mandiri dan memilih menu Contact Us.
  • Mengirimkan surat resmi yang ditujukan kepada manajemen bank.
  • Mengirim pesan ke akun resmi media sosial di @mandiricare.
  • Mengirimkan pesan ke Telegram Mandiri (0811-8414-000).

Berikut adalah alur proses penanganan pengaduan nasabah Bank Mandiri.

  1. Nasabah menyampaikan pengaduan melalui sarana yang telah disediakan.
  2. Petugas melakukan verifikasi berdasarkan data nasabah.
  3. Pengaduan diterima dan dicatat oleh petugas.
  4. Nasabah menerima nomor registrasi pengaduan.
  5. Petugas akan menindaklanjuti menyelesaikan pengaduan nasabah sesuai dengan jangka waktu yang tidak dapat disamakan untuk semua jenis pengaduan.
  6. Pengaduan dianggap selesai jika nasabah sudah sepakat dengan upaya penyelesaian yang telah dilakukan oleh petugas.

Apabila nasabah tidak sepakat dengan upaya penyelesaian yang telah dilakukan oleh Bank Mandiri, nasabah dapat mengajukan penyelesaian kepada pelaksana fungsi mediasi perbankan yang difasilitasi oleh perwakilan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), atau Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI).

Semoga ulasan ini bermanfaat ya!