Bank Terbaik di Indonesia Buat Nabung Pasti Punya 7 Fasilitas Ini

Memilih bank terbaik di Indonesia buat menabung tentu dibutuhkan biar makin untung. Soalnya, gak sedikit tabungan yang ternyata cukup menguras dana kamu karena beberapa hal.

Kalau gitu, apa aja sih fasilitas dan keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih bank buat menabung? Simak beberapa ulasannya di bawah ini deh.

1. Pilih yang bebas biaya bulanan

bank terbaik di indonesia
Contohnya Danamon (infoperbankan)

Kalau kamu baru mulai rajin menabung, ada baiknya pilih bank yang bebas biaya bulanan. Biaya administrasi biasanya berkisar belasan ribu. Kalau ditotal-total per tahun kamu perlu setor ratusan ribu deh.

Biaya administrasi tersebut bahkan sering gak sebanding dengan bunga yang kamu terima dari bank. Dengan catatan, bila saldo kamu gak nambah atau masih di bawah puluhan juta.

Beberapa bank yang bebas biaya administrasi adalah Bank Danamon, Bank Muamalat, atau produk yang diluncurkan oleh pemerintah yaitu TabunganKu.

2. Tabungan yang punya fasilitas bebas biaya transfer

Fasilitas bebas biaya transfer ke rekening pada bank yang sama udah biasa banget. Ada gak bank yang menerapkan bebas biaya transfer ke rekening bank lain?

Tenang aja. Sekarang cukup banyak pilihan bank maupun produk perbankan digital yang menerapkan bebas biaya transfer antar bank.

Beberapa di antaranya adalah Digibank by DBS, Jenius by BTPN, Commonwealth Bank, dan KEB Hana Bank. Khusus buat KEB Hana Bank, penerapan bebas transfer antar bank tersebut berlaku hingga 30 kali transaksi dan saldo rata-rata per bulan adalah Rp 15 juta.

Bank-bank lain juga ada yang menerapkan hampir mirip dengan KEB Hana Bank. Terdapat saldo minimal tertentu sebelum transaksi bila pengin dapat bebas biaya transfer antar bank.

Contoh, Permata Bebas memberlakukan bebas biaya transfer antar bank dengan saldo minimal sebelum transaksi Rp 5 juta. Kemudian, ada Maybank dengan saldo minimal Rp 10 juta.

[Baca: Siapa Mau Tabungan Bebas Biaya Admin? Simak di Sini]

3. Punya banyak jaringan ATM

Ini dia fasilitas yang gak kalah penting! Jaringan ATM yang banyak tentu jadi salah satu fasilitas yang sebaiknya kamu pilih.

Dengan gitu, kamu bakal bebas dari biaya-biaya, seperti misalnya biaya penarikan tunai, cek saldo, dan sebagainya. Biaya-biaya tersebut terlihat kecil namun saldo kamu gak terasa terpotong sedikit demi sedikit.

Dilansir dalam laman Tempo, jaringan ATM paling banyak di seluruh Indonesia saat ini didominasi oleh BRI. Kemudian, disusul oleh Bank Mandiri dan BNI.

4. Jaringan ATM jarang eror

Jaringan ATM-nya banyak tetapi sering eror ya sama aja. Kalau ATM-nya error, kamu mesti ke ATM bank lain dong. Buat tarik tunai Rp 100 ribu aja kamu mesti dipotong Rp 7 ribu. Kan nyesek.

Biar gak nyesek, kamu prioritaskan aja bank dengan jaringan ATM yang cukup stabil. Pilih yang gak sering tampilkan pesan mesin ATM sedang offline atau gak bisa ini itu di layarnya.

[Baca: Sudah Tahu Dong Cara Pakai Mesin ATM, Tapi Sudah Tahu Biaya-Biayanya?]

5. Udah punya fasilitas Internet Banking dan lainnya

Buat jalan ke mesin ATM buat transfer ke teman atau bayar tagihan tertentu tentu butuh waktu dan keluar bensin. Apalagi kalau kamu gak punya kendaraan, kamu mesti order GO-JEK deh.

Biar makin efektif dan irit, pilih bank yang udah menyediakan fasilitas Internet Banking, Mobile Banking, dan SMS Banking serta fasilitas online lainnya. Dengan gitu, kamu gak perlu keluar rumah atau kantor cuma buat transfer atau bayar tagihan.

6. Minimum saldo tertahan serendah mungkin

daftar peringkat bank terbaik di indonesia
TabunganKu, program pemerintah (bprmajalengka)

Kemudian, ada baiknya kamu pilih bank yang menerapkan minimum saldo tertahan paling rendah.

Dulu sih, Bank BCA unggul soal saldo tertahan ini. BCA menerapkan minimum saldo tertahan cuma Rp 10 ribu. Namun, tahun 2016 lalu peraturan tersebut diubah jadi Rp 50 ribu.

Kalau pengin dapat yang lebih rendah, kamu bisa menabung lewat program TabunganKu di beragam bank. Minimum saldo tertahan yang diterapkan cuma Rp 20 ribu aja. Bahkan, minimal setoran pun cuma Rp 10 ribu aja.

[Baca: Ini Dia Jenis Tabungan Bebas Administrasi, Setoran Awal Rp 20 Ribu Aja!]

7. Setoran awal tabungan ringan

Cita-cita buat nabung jangan sampai gagal cuma karena setoran awal tabungannya ternyata cukup besar.

Ada lho beberapa tabungan yang menerapkan saldo buka tabungan hingga puluhan juta rupiah.

Contoh, BII Tabungan Gold Maybank yang menerapkan setoran awal minimal Rp 10 juta. Tapi, tentu aja ada kompensasinya, baik itu bebas biaya administrasi dan sebagainya.

BRI menerapkan setoran awal yang cukup ringan, yaitu Rp 100 ribu buat tabungan Simpedes. Kemudian, Rp 250 ribu buat tabungan BritAma. Kalau pengin yang murah, lagi dan lagi kamu bisa pilih TabunganKu dengan setoran awal cuma Rp 20 ribu aja.

Gak ada alasan lagi deh buat gak mulai menabung. Bank terbaik di Indonesia yang udah disebutkan di atas bisa kamu pilih sebagai tempat kamu menabung.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →