Mengenal Bank Wakaf Mikro sebagai Sumber Pinjaman Tanpa Riba buat Modal Usaha

Bank Wakaf Mikro pas buat pinjaman modal usaha tanpa riba

Pinjam uang di Bank Wakaf Mikro gak kena riba? Berbeda dengan lembaga keuangan lainnya, Bank Wakaf Mikro diperkenalkan Pemerintah sebagai lembaga keuangan syariah. Nantinya lembaga ini bisa dijadikan pilihan sumber pendanaan bagi masyarakat kecil yang tengah butuh modal usaha.

Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2018 berkomitmen membantu masyarakat kecil dalam mendapatkan modal usaha dengan terus membuka bank tersebut. Gak tanggung-tanggung, Presiden juga berniat menguatkannya dan memperluas cakupannya.

Presiden Joko Widodo emang serius memperkenalkan dan mengembangkan bank ini. Bahkan, saat meresmikan Bank Wakaf Mikro di Kendal, Presiden sampai menyarankan jangan meminjam uang ke rentenir, tapi pinjamlah di lembaga keuangan syariah tersebut.

Pengin tahu lebih jauh tentang Bank Wakaf Mikro? Cari tahu yuk informasinya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Bank Wakaf Mikro?

Salah satu bank yang memberikan pinjaman tanpa riba
Salah satu bank yang memberikan pinjaman tanpa riba, (Twitter/@setkabgoid)

Bank Wakaf Mikro merupakan lembaga keuangan mikro syariah berbadan hukum koperasi yang menyediakan pendanaan tanpa agunan sekaligus pendampingan bagi debitur. Pendanaan yang dikucurkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) ini difokuskan pada masyarakat kecil.

Bank ini mulai diresmikan pada Oktober 2017 dengan tujuan menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terakses dengan lembaga keuangan pada umumnya, termasuk lingkungan pondok pesantren.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) menjadi pihak yang berperan dalam terbentuknya LKMS ini. Pada 2018, sebanyak 20 Bank Wakaf Mikro telah memperoleh izin usaha dari OJK.

Seperti apa skema permodalannya?

Begini lho skema peminjaman BWM
Kalau kamu belum mengerti alurnya, begini nih skema peminjamannya, (OJK).

Berbeda lembaga keuangan pada umumnya, skema permodalan Bank Wakaf Mikro melibatkan donatur sebagai penyuntik modal. Donatur dalam LKMS ini adalah seluruh masyarakat Indonesia yang punya kelebihan dana, terutama para pengusaha ataupun perusahaan besar.

Dari donatur, setiap Bank Wakaf Mikro bakal menerima suntikan dana sekitar Rp 3 miliar – Rp 4 miliar. Menariknya nih gak semua suntikan dana dari donatur digunakan buat memodali masyarakat. Namun, sebagian dari dana tersebut disimpan dalam deposito di bank syariah.

Siapa aja yang boleh menjadi nasabah di Bank tersebut?

Presiden Jokowi saat hadir dalam peluncuran bank ini
Presiden Jokowi saat hadir dalam peluncuran bank ini, (Twitter/@@setkabgoid).

Karena fokusnya adalah masyarakat kecil yang butuh modal usaha, nasabah yang nantinya dapat meminjam di LKMS di antaranya:

  • masyarakat miskin yang telah mampu memenuhi kebutuhan dasar,
  • masyarakat miskin yang punya usaha produktif atau punya kemauan dan semangat buat bekerja,
  • Masyarakat miskin yang punya komitmen buat mengikuti program pemberdayaan.

Berapa besar dana yang bisa dipinjam sebagai modal?

Bisa mengelola dana masyarakat
Bisa mengelola dana masyarakat, (OJK)

Tiap orang dapat mengambil dana pinjaman dengan besaran awal mencapai Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 juta. Namun, nasabah yang mau mendapat dana tersebut harus terlebih dahulu menjalani seleksi yang dilakukan Bank Wakaf Mikro.

Setelah dinyatakan lolos seleksi, nasabah nantinya mendapat pendampingan dan pelatihan. Selama masa inkubasi tersebut, nasabah dibagi-bagi dalam kelompok atau “tanggung renteng”. Pastinya nasabah gak perlu menjamin apa pun sebagai agunan buat memperoleh dana.

Kalau gak ada bunga, apa yang diterima BWM dengan meminjamkan modal usaha?

Siapa aja yang bisa menjadi nasabahnya?
Siapa aja yang bisa menjadi nasabahnya?, (OJK).

Karenan konsep dari lembaga keuangan ini berbasis syariah, bunga yang biasanya menjadi return bank-bank pada umumnya diganti dengan imbal hasil yang besarannya mencapai 3 persen setahun.

Ini bedanya BWM dengan bank-bank pada umumnya

Presiden Jokowi saat menghadiri peresmian bank ini
Presiden Jokowi saat menghadiri peresmian bank ini, (Twitter/@setkabgoid).

Model bisnis LKMS ini yang menjadi karakteristiknya adalah non deposit taking. Itu berarti lembaga keuangan syariah ini gak mengelola dana masyarakat, baik simpanan, tabungan, deposito, maupun produk sejenisnya.

Lalu, dari mana sumber pendapatan Bank Wakaf Mikro? Lembaga keuangan syariah ini memperoleh pendapatan dari bagi hasil deposito syariah, imbal hasil dari pembiayaan, dan pendapatan jasa lainnya.

Siapa yang mengawasi Bank ini?

Ini skema pengawasa Bank Wakaf Mikro yang meminjamkan modal usaha tanpa riba
Ini skema pengawasa bank yang meminjamkan modal usaha tanpa riba.

OJK bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pesantren, dan tokoh masyarakat yang amanah berperan sebagai pihak yang melakukan monitoring dan pengawasan.

Berapa banyak jumlah Banknya yang ada?

Ini dia perkembangan BWM di Indonesia yang diandalkan jadi modal usaha tanpa riba
Ini dia perkembangan BWM di Indonesia yang diandalkan jadi modal usaha tanpa riba, (Twitter/@ojkindonesia).

Berdasarkan informasi per 16 Maret 2018, ada 20 BWM yang terpusat di Pulau Jawa. Lembaga keuangan syariah tersebut sejauh ini telah memiliki 3.389 nasabah dengan nilai pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp 3,1 miliar.

Itu tadi informasi mengenai Bank Wakaf Mikro di Indonesia yang berbasis syariah dan menawarkan modal tanpa bunga sekaligus pendampingan bagi masyarakat kecil. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis