Ingin Banyak Duit di Usia Muda? Terapkan 10 Trik Ini

banyak duit

Banyak duit atau #MerdekaFinansial di usia muda bukanlah sebuah angan-angan kosong. Kalau di usia muda kamu bisa hidup bebas tanpa tergantung sokongan biaya hidup dari orangtua atau saudara, itu artinya kamu sudah merdeka dari sisi keuangan.

Tapi, untuk mewujudkan hal itu, gak sedikit anak-anak muda yang belum punya komitmen kuat atau mungkin belum tahu caranya. Selain gak foya-foya dan konsumtif, ada beberapa syarat lain yang harus kamu penuhi.

Penasaran bagaimana caranya bisa punya banyak duit di usia muda? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kerja keras

banyak duit

Paling pertama dan paling wajib dilakukan ya kerja keras. Mau banyak duit ya kerja keras, mau sukses ya kerja keras, mau pensiun di usia muda ya kerja keras.

Intinya, kerja keras dulu deh utamakan. Setelah kamu terbiasa kerja keras, baru kerja cerdas.

Kerja keras itu ibarat latihan fisik seorang petarung. Jadi, badan mereka harus terbiasa dulu dengan latihan yang sangat keras. Dengan terbiasa dilatih dengan keras, maka dia pun bakal gak takut untuk menghadapi musuh-musuhnya di ring.

Dan ketika mereka sudah terbiasa dengan pertarungan tersebut, maka kedepannya mereka harus mengembangkan tekniknya agar bisa bermain dengan efisien. Di situlah mereka harus bertarung dengan cerdas atau istilahnya ya kerja cerdas, ibarat sekali pukul langsung K.O tanpa buang-buang tenaga.

Nah, filosofi pertarungan itu cocok banget diaplikasikan dalam caramu mencari uang dan mengelolanya. Sebagai contoh, kamu gak boleh terlalu bergantung pada gaji bulanan. Bila ada kesempatan kerja sampingan, ambil deh selagi ada waktu. Lumayan kan buat nebelin dompet.

2. Belanja barang murah

banyak duit

Demi menghemat pengeluaran, beli saja barang-barang murah. Coba deh mulai sekarang kamu rajin cari diskonan atau promo kartu kredit. Dengan demikian, alokasi uang belanja kebutuhan yang kamu keluarkan tiap bulan pasti bisa ditekan.

Kalau belanja bisa lebih hemat kan sisa duitnya bisa jadi dana darurat buat keperluan mendatang. Bukan begitu?

Sejatinya, gak ada yang salah kok untuk beli barang murah. Milarder-miliarder di dunia kayak Bill Gates, Mark Zuckerber, dan lainnya aja sering pakai baju atau jam murah.

3. Gaya hidup sesuai kantong

banyak duit

Bergayalah sesuai dengan kantongmu,

Kata mutiara ini pernah diucapkan oleh pengusaha legendaris Indonesia, Om Bob Sadino. Kata-kata ini tentunya pas banget buat mereka yang ingin banyak duit ketika masih muda.

Ketika gaya hidup kita berlebihan alias di atas kemampuan kita, otomatis modal yang kita keluarin buat nurutin gaya hidup gak sedikit. Padahal, apa sih gunanya gaya hidup? Apakah dengan gaya hidup “wah” kamu bisa mapan seperti artis-artis di Indonesia?

Punya gaya hidup yang gak sesuai dengan kantong jelas bisa membuatmu jauh dari #MerdekaFinansial.

Gak mau kan mengalami hal seperti itu? Ubah dong gaya hidup kamu jadi lebih sesuai dengan isi kantongmu.

4. Jangan jajan melulu

banyak duit
Jajan memang sudah jadi hal rutin yang dilakukan oleh anak-anak muda termasuk kamu. Mungkin kelihatannya kecil, cuma Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu sehari. Tapi kalau ditotal-total gak berasa udah Rp 300 ribu atau bahkan Rp 500 ribu sendiri sebulan.

Kalau duit Rp 500 ribu sebulan habis cuma buat beli gorengan, snack, siomay, batagor, ngopi, dan sebagainya, apa gak sayang tuh? Padahal dengan uang Rp 500 ribu, kamu udah bisa beli 1 lot saham atau bisa juga untuk beli reksadana.

So, tahan diri deh untuk jajan. Kamu gak bakal sakit kok dengan gak jajan sebulan. Yuk, berkorban lebih supaya bisa punya banyak duit di masa depan.

5. Paksakan diri untuk nabung dan investasi

banyak duit

Susah nabung dan investasi? Paksain aja. Iya serius, paksain walau itu ngebetein dan kelihatannya mustahil untuk dilakukan.

Memaksa diri untuk menabung itu gampang. Kamu harus selalu menyadari, di masa yang akan datang, orang-orang yang saat ini jadi tempatmu untuk bergantung akan pergi dan tiada.

Realita-realita pahit itu tentu mengharuskan dirimu untuk #MerdekaFinansial di usia muda.

Mulai saja dengan mengelola pemasukan, seperti gaji bulanan. Contohnya, terapkan metode bujeting 50/20/30. Caranya, ketika gajian, sisakan 20 persen untuk diinvestasikan terlebih dulu. Setelah itu baru deh atur 50 persen untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan 30 persen untuk hiburan.

6. Buka bisnis

Buka bisnis banyak duit

Cara keenam supaya kamu punya banyak duit di usia muda adalah, membuka bisnis. Ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan utama kamu selain menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Ada banyak bidang yang bisa kamu coba geluti seperti kuliner, distro, maupun furnitur. Keuntungannya juga sangat menggiurkan bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta!

7. Kerja cerdas

Kerja cerdas banyak duit

Setelah kerja keras, kamu juga perlu kerja cerdas. Untuk mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan atau bisnis., kamu perlu melakukan hal yang satu ini.

Kerja cerdas artinya melakukan sesuatu dengan cara yang efisien dengan membuang sedikit-dikitnya tenaga. 

8. Melanjutkan jenjang pendidikan

Melanjutkan jenjang pendidikan banyak duit

Mencoba jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti S2 dan S3 pastinya akan meningkatkan gaji dan tunjangan yang kamu dapatkan di sebuah perusahaan.

Contoh pekerjaan yang mewajibkan kamu mengambil jenjang pendidikan minimal S2 adalah menjadi seorang dosen. Ilmu yang kamu miliki menjadi modal utama dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

9. Konsisten dan tekun

Konsisten dan tekun banyak duit

Konsisten dan tekun menjadi kata kunci jika kamu mau sukses di usia muda, mau bekerja maupun berusaha.

Banyak anak muda yang hanya semangat di awal saja ketika melakukan sesuat hal dan loyo ketika sudah merasa bosan. Inilah yang membedakan antara orang sukses dengan yang belum sukses.

10. Jadi YouTuber

Jadi YouTuber cepat dapat duit

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memiliki banyak uang di usia muda adalah, menjadi YouTuber. Beberapa tahun belakangan ini pamor menjadi YouTuber memang sangat terkenal.

Selain kontennya yang bagus, hal yang satu ini juga berpotensi menghasilkan uang yang banyak jika bisa mendapatkan subscriber, dan viewers yang banyak.

Itulah 10 cara yang bisa kamu lakukan jika ingin banyak duit dan #MerdekaFinansial saat muda. Apakah kamu sudah melakukan salah satu diantaranya? Atau jangan-jangan kamu sudah melakukan semuanya?

Jika sudah melakukan semuanya, salut deh! #MerdekaFinansial sudah terlihat di depan mata. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →