Manfaat Kartu Kredit Ternyata Krusial pada 10 Poin Ini

manfaat kartu kredit

Manfaat kartu kredit bisa menjadi sangat penting asalkan kita senantiasa bijak dalam menggunakannya, terutama di saat-saat yang genting saat kita sedang tidak memiliki uang tunai.

Sebaliknya, kalau tak tahu cara menggunakannya dengan baik, bisa-bisa kartu kredit hanya akan membuat kamu tercekik tagihan yang tidak kunjung lunas hingga akhirnya dikejar-kejar debt collector

Namun, tak ubahnya teka-teki, apa benar kartu kredit itu dianggap sebagai kartu jebakan utang seperti yang diisukan selama ini?

Sebenarnya sih ini cuma soal gimana persepsi orang tentang kartu kredit. Sebab tidak sedikit yang keliru memahami kartu gesek ini. Mestinya, sebelum benar-benar memakainya, pahami dulu esensi dari alat pembayaran nontunai yang satu ini biar kamu bisa sederet manfaat dari kartu kredit. 

Pengertian kartu kredit

Menurut Bank Indonesia, Kartu Kredit diartikan sebagai “Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu  (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan, untuk melakukan penarikan tunai. Kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kredit dalam hal ini bank, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran”.

Jadi sederhananya, kartu kredit diciptakan sebagai alat pembayaran nontunai di mana transaksi yang kamu lakukan jadi tanggungan bank. Singkat kata, kamu berutang pada bank dan kamu wajib melunasinya.

Jumlah transaksi kartu kredit pun ada batasnya lho. Ini yang disebut limit kartu kredit. Untuk itu, kamu bijak memakai, Kalau bisa jangan sampai menyentuh limit agar bayar cicilannya menjadi lebih ringan. 

Manfaat kartu kredit yang kamu bisa dapatkan

Ada banyak manfaat kartu kredit yang tentu menguntungkan penggunanya. Lifepal merangkum ada 10 poin keunggulan memiliki kartu kredit.

1. Praktis dan transaksinya bisa dicicil

Praktis dan mudah, itulah yang menjadi manfaat yang kamu rasakan dengan memakai kartu kredit. Bukannya kartu debit atau ATM juga praktis dan mudah ya?

Emang benar pakai kartu debit atau ATM mirip dengan pakai kartu kredit. Pasalnya, kedua kartu ini sama-sama pembayaran nontunai.

Bedanya, kalau pakai kartu debit atau ATM, uang kamu dalam rekening bank langsung terpotong sesuai jumlah yang ditransaksikan. Sementara kalau pakai kartu kredit, kamu bisa transaksi dengan cara dicicil.

2. Banyak promo belanja dan rewards

Ini lagi yang membedakannya dengan kartu debit atau kartu ATM. Promo belanja dan rewards bisa kamu dapatkan lebih banyak dengan menggesekkan kartu kredit buat sejumlah transaksi.

Mulai dari promo makan, travel, penginapan, hingga belanja. Promo yang diberikan umumnya berupa diskon. Ada diskon 10 persen, 15 persen, 20 persen, hingga 60 persen buat momen tertentu. Ini masih ditambah rewards berupa poin yang bisa ditukarkan.

3.  Cicilan dengan bunga 0 persen

Meski bunga yang berlaku 2,25 persen, faktanya ada beberapa transaksi tertentu yang memberlakukan bunga 0 persen. Kebayang gimana untungnya bayar cicilan tanpa bunga, ‘kan?

Belum lagi, kalau cicilan bunga 0 persen ini bisa digabung dengan promo yang lain semisal diskon. Kurang hemat apa tuh coba? Belanja dapat potongan harga, bayarnya dicicil pula. Selain itu, tenor cicilannya bisa sampai 24 bulan lho. Mantap banget, kan?

4. Kemudahan saat transaksi di luar negeri

Kamu juga bakal merasakan manfaat kartu kredit saat berada di luar negeri. Sebab, kamu tidak perlu lagi menukarkan uangmu ke mata uang negara yang kamu tuju demi bisa transaksi.

Dengan gunakan kartu kredit, kamu bisa lakukan transaksi di mana pun kamu berada. Kenapa bisa gitu? Soalnya label Visa dan Mastercard yang melekat di alat pembayaran nontunai ini menjadi akses buat kamu transaksi di banyak negara.

5. Manfaat kartu kredit menjadikan belanja online makin gampang

Enaknya lagi, kalau kamu suka belanja online. Urusan transaksi menjadi lebih mudah dengan menggunakan kartu kredit.

Saat membayar belanjaanmu nanti, kamu cukup melengkapi identitas diri. Lalu memasukkan informasi kartu kredit, seperti nama pengguna, nomor kartu kredit, kode Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV), dan masa kedaluwarsa kartu. Baru kemudian bayar.

Sampai di sini kamu udah selesai melakukan transaksi. Mudah banget, bukan?

6. Tersedia garansi tambahan

Kamu dapat mencoba menghubungi penerbit kartu kredit jika terjadi masalah atau perselisihan di seputar pembelian suatu produk. Sebab sebagian besar perusahaan atau bank penerbit kartu kredit biasanya menawarkan fasilitas perlindungan. 

Bahkan, saat ini banyak kartu kredit yang menyediakan garansi atau asuransi tambahan untuk barang-barang yang dibeli, melebihi masa garansi yang diberikan penjual. 

Apabila sebuah barang yang kamu beli dengan kartu kredit menjadi rusak setelah masa garansi dari penjual habis, kamu dapat mencoba menghubungi perusahaan penerbit kartu kredit tersebut untuk mengetahui apakah mereka dapat menanggungnya. Hal seperti ini tidak mungkin dilakukan jika kamu membeli barang secara tunai.

7. Memudahkan anggaran pengeluaran

Keuntungan lain dalam memiliki kartu kredit adalah kemudahan saat mengelola keuangan dengan baik dan mencatat transaksi keluar-masuk. Sebab setiap pengeluaran akan tercatat secara otomatis dalam lembar tagihan yang kamu terima setiap bulannya. 

Hal ini memudahkan kamu dalam merencanakan anggaran keuangan. Kita dapat mengetahui ke mana sebagian besar uang dibelanjakan, dan mengevaluasinya di akhir bulan.

Selain itu, saat melakukan pembelian dalam jumlah besar, kamu dapat mengatur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan kamu. 

8. Pembayaran tagihan jadi makin mudah

Saat ini kartu kredit menawarkan fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan melalui satu pintu, seperti telepon, air, listrik, dan televisi kabel. 

Dengan menggunakan fasilitas pembayaran semua tagihan ini melalui kartu kredit, kamu dapat terhindar dari keterlambatan membayar karena akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan kartu kredit setiap bulan sehingga anggaran keuangan per bulan pun lebih jelas.

9. Manfaat kartu kredit digunakan saat darurat

Penggunaan kartu kredit dan yang paling digemari penggunanya adalah bisa digunakan dalam keadaan darurat. Tak hanya sebagai pembayaran cicilan, kartu kredit juga bisa dipakai untuk menarik uang tunai di ATM melalui fitur cash advance, lho. 

Dengan fitur ini, pengguna kartu kredit bisa mendapatkan pinjaman instan tanpa jaminan apapun hanya dengan menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang di ATM. Menarik bukan?

Namun perlu diingat, setiap transaksi tarik tunai akan dikenakan biaya dan juga ada limit pengambilan dana tunai yang dibatasi.

Bunga yang dikenakan pada setiap penarikan dana tunai menggunakan kartu kredit rata-rata sebesar 4 hingga 6 persen dengan biaya layanan minimal rata-rata Rp50 ribu.

10. Manfaat kartu kredit bisa dijadikan sebagai salah satu syarat pengajuan KTA

Kalau kamu butuh dana mendesak dalam jumlah yang besar, kamu bisa memanfaatkan produk kredit tanpa agunan alias KTA. 

Beberapa KTA mewajibkan kepemilikan kartu kredit selama minimal satu tahun sebagai syarat pengajuan KTA ini untuk melihat rekam jejak keuangan. Nah, dengan kepemilikan kartu kredit, kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman ini. 

Di samping manfaat kartu kredit yang penting, ada kelemahan dan risikonya juga

Terlepas dari tujuannya untuk memudahkan kamu bertransaksi dengan lebih praktis, kartu kredit pun menyimpan risiko-risiko yang patut kita sebagai pengguna untuk senantiasan mewaspadainya. Apa saja kelemahan kartu kredit?

1. Syarat pengajuan agak rumit

Dengan kemudahan yang diberikan kartu kredit, bank menerapkan persyaratan ketat untuk nasabah yang ingin mengajukan penggunaan kartu kredit. 

Selain perlengkapan dokumen, persyaratan minimal penghasilan nasabah yang bisa memiliki kartu kredit pada umumnya sebesar Rp3 juta per bulan. Lalu, ada persyaratan penghasilan yang lebih besar untuk jenis kartu kredit dengan limit lebih tinggi.

Tak hanya itu, bank penerbit kartu kredit juga tidak akan mudah meloloskan pengajuan kepemilikan kartu kredit yang dilakukan nasabah, karena ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi seperti jenis pekerjaan, usia, domisili, dan persyaratan lainnya.

2. Membiasakan berutang

Menggunakan kartu kredit memang praktis karena hanya tinggal gesek kamu telah menyelesaikan pembayaran. Sayangnya, belanja dengan kartu kredit bukanlah menggunakan dana yang ada dalam akun tabungan melainkan utang terhadap bank.

Mudahnya berbelanja dengan kartu kredit tanpa batasan tentunya membuat utang semakin menumpuk dan jika telat membayar maka utang akan terus bertambah banyak. 

3. Memancing perilaku konsumtif

Mengingat banyaknya promo diskon, cashback, dan penawaran menarik pada saat transaksi dengan kartu kredit, bisa saja membuat hasrat penggunanya untuk berbelanja semakin besar dan bisa menjebak penggunanya menjadi konsumtif.

Banyak pengguna kartu kredit yang berbelanja untuk sesuatu yang tidak penting, hanya karena ada iming-iming promo tertentu. Sehingga, kalau kamu tidak disiplin dalam pemakaian kartu kredit, bisa membuat penggunanya menjadi lebih boros.

4. Denda yang tinggi

Saat pengguna kartu kredit telat membayar tagihan, maka akan terkena biaya denda keterlambatan. Besaran denda masing-masing penerbit kartu kredit berbeda, dengan besaran rata-rata 3 persen dari total tagihan.

Selain itu, akan terkena risiko bunga transaksi yang tidak sedikit. Untuk itulah, sebagai pengguna kartu kredit, kamu perlu memiliki komitmen dalam pembayaran tagihan tepat waktu agar terhindar dari biaya keterlambatan. 

5. Biaya bunga tahunan yang tidak sedikit

Pengguna kartu kredit harus memahami bahwa memiliki kartu kredit itu tidak gratis karena ada biaya tahunan atau annual fee yang harus dibayarkan. Besaran annual fee tergantung pada jenis kartu kredit yang dimiliki. 

Rata-rata iuran tahunan pada kartu kredit minimal sebesar Rp125 ribu per tahun hingga jutaan rupiah per tahun tergantung limit. Semakin besar limit kartu kredit yang dimiliki nasabah, maka iuran tahunannya juga akan semakin besar.

Rekomendasi manfaat kartu kredit terbaik di Indonesia 

Ada beberapa rekomendasi kartu kredit terbaik yang dapat kamu manfaatkan, antara lain:

BCA Everyday Card

Pilihan kartu kredit terbaik yang pertama adalah produk kartu kredit BCA, yaitu BCA Everyday Card dengan tagline “Tiap hari belanja, tiap hari untung”. 

Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan dalam BCA Everyday Card ini meliputi:

  • Iuran tahunan kartu pertama adalah Rp125 ribu.
  • Penghasilan minimal Rp3 juta per bulan.
  • Iuran tahunan kartu tambahan adalah Rp100 ribu.
  • Cicilan BCA 0,5 persen sepanjang tahun.
  • Cashback 5 persen di SPBU (non subsidi).
  • Cashback 5 persen jika berbelanja di Hypermart, Transmart, Lotte Mart, dan Giant.
  • Bisa digunakan sebagai flazz untuk membayar tol, parkir, commuter line, dan busway. 

BCA Card Indomaret

Dengan menggunakan kartu kredit BCA Card Indomaret, kamu berkesempatan buat menikmati keuntungan lebih sepanjang tahun ditambah gratis produk pilihan. Berikut ini keuntungan-keuntungan dari BCA Card Indomaret.

  • Iuran Tahunan: Gratis (syarat dan ketentuan berlaku).
  • Minimal penghasilan: Rp3 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Gratis.
  • Cashback Rp25.000 setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dengan minimal transaksi Rp200 ribu di Indomaret dan Ceriamart.
  • Cashback Rp15.000 setiap hari Senin sampai Kamis dengan minimal transaksi Rp200 ribu di Indomaret dan Ceriamart.
  • Diskon minimal 5 persen buat produk merek Indomaret.
  • Cicilan belanja di Indomaret dengan minimal transaksi Rp500 ribu.

Mega Gold Visa

Tanpa perlu punya kartu kredit lain terlebih dahulu, Mega Gold Visa bisa dimiliki. Kartu kredit Bank Mega ini memiliki beragam keuntungan, yaitu:

  • Iuran Tahunan: Rp300 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp5 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp150 ribu.
  • Diskon 10 persen atau cicilan 0 persen buat tenor 6 bulan di berbagai international luxury fashion brand, seperti Boss, Aigner, dan lainnya.
  • Diskon 50 persen (weekdays) atau diskon 25 persen (weekend) dari published rate di Trans Luxury Hotel.
  • Diskon 10 persen di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia.
  • Diskon 10 persen buat transaksi di Metro Department Store.
  • Diskon 20 persen di Transvision.
  • Diskon 25 persen buat entrance fee di Trans Studio.
  • Special rate di Ibis Hotel.

Metro Mega Mastercard

Pilihan dari Bank Mega lainnya yang ditawarkan sebagai pilihan kartu pertama. Metro Mega Mastercard menawarkan keuntungan:

  • Iuran Tahunan: Rp400 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp3 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp200 ribu.
  • Diskon 10 persen atau cicilan 0 persen buat tenor 6 bulan di berbagai international luxury fashion brand, seperti Boss, Aigner, dan lainnya.
  • Diskon 50 persen (weekdays) atau diskon 25 persen (weekend) dari published rate di Trans Luxury Hotel.
  • Diskon 10 persen di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia.
  • Diskon 10 persen buat transaksi di Metro Department Store.
  • Diskon 20 persen di Transvision.
  • Diskon 25 persen buat entrance fee di Trans Studio.
  • Special rate di Ibis Hotel.

Bukopin Visa Classic

Kartu kredit Bukopin ini bisa didapatkan dengan mudah dan cepat tanpa harus memiliki kartu kredit lain sebelumnya. Nikmati berbagai keuntungan dari kartu kredit pertama ini:

  • Iuran Tahunan: Rp150 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp2 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp100 ribu.
  • Bukopin Mileages: terbang Gratis dengan tukarkan Poin Reward dengan Garuda Miles & BIG Poin AirAsia melalui Halo Bukopin 14005.
  • Katalog Belanja: pilihan barang-barang eksklusif yang dapat dimiliki. Pembayaran fleksibel dapat dipilih dengan cara cicilan hingga 12 bulan dengan bunga kompetitif.
  • Kuliner Seru: nikmati diskon hingga 50 persen di resto-resto terpilih di Indonesia.
  • Groceries Seru: dapatkan hadiah langsung dengan pembelanjaan di supermarket pilihan yang bekerja sama.
  • Sehat Seru: nikmati diskon hingga 50 persen di rumah sakit, laboratorium, salon, dan spa pilihan yang menjalin kerja sama.
  • Cicilan Seru: cicilan bunga 0 persen buat bertransaksi di merchant pilihan.
  • Ubah Transaksi Menjadi Cicilan: transaksi kini semakin ringan dengan mengubah transaksi di mana pun menjadi cicilan 3, 6, dan 12 bulan.

BNI Gold Card

Buat pengajuan yang pertama kali, pemohon cuma boleh memilih salah satu jenis kartu kredit BNI, yaitu BNI VISA atau BNI Mastercard. Berikut ini syarat dan keuntungan menggunakan BNI Gold Card Visa sebagai kartu kredit pertama:

  • Iuran Tahunan: Rp240 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp3,8 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp120 ribu.
  • BNI Dana Tunai: fasilitas transfer dana dari kartu reguler BNI ke rekening BNI ataupun rekening berbeda.
  • Perisai Plus: fasilitas proteksi layaknya asuransi kalau alami kecelakaan parah atau cacat dengan premi 0,60 persen dari total saldo terutang.
  • BNI Airport Lounge: pemberian fasilitas ruang tunggu eksklusif di setiap bandara yang menjalin kerja sama.
  • BNI Reward Points: dapat poin dari setiap belanja Rp 2.500 dan dapat ditukarkan dengan hadiah.

BNI Classic Card

Selain BNI Classic Card, kamu juga bisa memilih BNI Classic Card Mastercard sebagai pilihan kartu kredit pertama. Ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari credit card ini.

  • Iuran Tahunan: Rp120 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp3 ribu.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp60 ribu.
  • BNI Dana Tunai: fasilitas transfer dana dari kartu reguler BNI ke rekening BNI ataupun rekening berbeda.
  • Perisai Plus: fasilitas proteksi layaknya asuransi kalau alami kecelakaan parah atau cacat dengan premi 0,60 persen dari total saldo terutang.
  • BNI Airport Lounge: pemberian fasilitas ruang tunggu eksklusif di setiap bandara yang menjalin kerja sama.
  • BNI Reward Points: dapat poin dari setiap belanja Rp2.500 dan dapat ditukarkan dengan hadiah.
  • Selain dua produk di atas, masih ada berbagai pilihan jenis kartu kredit BNI lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Standard Chartered Mastercard Titanium

Bank Standard Chartered menawarkan gratis iuran tahunan khusus kartu ini selama 1 (satu) tahun pertama. Setelahnya, pengguna bakal dikenakan iuran tahunan sebesar Rp500 ribu dan iuran tahunan dengan status kartu tambahan sebesar Rp250 ribu.

Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan Standard Chartered Mastercard Titanium.

  • Iuran Tahunan: Gratis (setahun pertama).
  • Minimal penghasilan: Rp5 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp250 ribu.
  • Pemberian cashback hingga 3 persen dengan belanja di supermarket dan SPBU.
  • Pemberian cashback dari transaksi di setiap retail apa pun kapan aja dan di mana aja.
  • Pemberian cashback dan promo lainnya.

BRI Visa Touch

Iuran tahunan kartu ini gratis kalau pengguna punya kartu kredit BRI lainnya dan telah mengaktifkannya. 

BRI Visa Touch sendiri merupakan kartu tambahan dengan beberapa keuntungan berikut.

  • Iuran Tahunan: Gratis (sebagai kartu tambahan).
  • Minimal penghasilan: Rp3 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Gratis.
  • Cicilan 0 persen hingga 36 bulan di merchant yang punya kerja sama.
  • Pemberian reward di setiap transaksi retail.
  • Pemberian limit kartu hingga Rp50 juta.

CIMB Niaga Mastercard Platinum

Bank CIMB Niaga menawarkan kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Platinum bagi mereka yang ingin menikmati gratis iuran tahunan. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari kartu ini.

  • Iuran Tahunan: Gratis (sebagai kartu tambahan).
  • Minimal penghasilan: Rp7,5 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Gratis.
  • Tawaran fasilitas cicilan tetap dengan bunga ringan selama 3, 6, dan 12 bulan.
  • Pemberian Poin Xtra setiap belanja Rp5.000.
  • Perlindungan asuransi.  

CIMB Niaga Mastercard Classic

Satu lagi kartu kredit dari Bank CIMB Niaga yang gratis iuran tahunan, yaitu CIMB Niaga Mastercard Classic. Kartu ini punya keuntungan utama gratis iuran tahunan selamanya. Ada beberapa keuntungan dari kartu ini bagi pengguna, yaitu:

  • Iuran Tahunan: Gratis (sebagai kartu tambahan).
  • Minimal penghasilan: Rp3 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Gratis.
  • Fasilitas cicilan tetap dengan bunga ringan selama 3, 6, dan 12 bulan.
  • Pemberian Poin Xtra setiap belanja Rp5 ribu.
  • Pemberian Welcome Poin Xtra kalau aplikasi disetujui.

HSBC Platinum Cash Back

Bank HSBC menawarkan produk kartu kredit HSBC Platinum Cash Back di setiap transaksi di mana pun dan kapan pun. Beberapa keuntungan cashback kartu ini antara lain:

  • Iuran Tahunan: Rp500 ribu.
  • Minimal penghasilan: Rp4,5 juta.
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp200 ribu.
  • Terima cashback langsung saat transaksi tanpa perlu menunggu billing statement.
  • Cashback hingga 3 persen (maksimal Rp400 ribu per bulan) atau Rp4,8 juta setahun.
  • Tambahan cashback 25 persen (maksimal Rp100 ribu per bulan) di semua restoran, transaksi online, dan supermarket.
  • Ubah transaksi menjadi cicilan mulai Rp50.000-an per bulan hingga 24 bulan.

Danamon Classic dan Gold

Kartu kredit Bank Danamon ini bermanfaat buat memenuhi berbagai keperluan dan kebutuhan hidup. Beberapa keuntungan yang ditawarkan kartu ini, di antaranya:

  • Iuran Tahunan: Rp250 ribu (classic) dan Rp400 ribu (gold).
  • Minimal penghasilan: Rp3 juta (classic) dan Rp5 juta (gold).
  • Iuran tahunan (kartu tambahan): Rp75 ribu (classic) dan Rp150 ribu (gold).
  • Cashback 5 persen buat bill payment.
  • Fasilitas Family Pack.
  • Fasilitas Bill Payment.
  • Pemberian discount & privileges.
  • Fasilitas ubah transaksi menjadi cicilan.
  • Fasilitas cash advance.
  • Fasilitas mobile reload.
  • Credit protection.
  • Money transfer.

Bagaimana cara apply kartu kredit?

Setelah mengetahui pilihan produk yang bisa kamu gunakan, sekarang waktunya melakukan proses registrasi kartu yang umum dilakukan oleh para nasabah. Berikut ini adalah syarat-syarat dokumen pengajuan kartu kredit.

  1. Fotokopi KTP atau paspor.
  2. Surat keterangan penghasilan atau slip gaji.
  3. Fotokopi NPWP.
  4. Isi formulir pendaftaran.

Adapun langkah mengajukan kredit seperti berikut.

  • Datang ke kantor cabang bank terdekat.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan berkas yang diperlukan.
  • Menunggu proses pembuatan kartu kredit.
  • Kartu kredit dikirim ke alamat nasabah.
  • Kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui online atau menghubungi call center bank terkait.

Tips bijak untuk mengoptimalkan manfaat kartu kredit

Agar kamu dapat merasakan manfaat kartu kredit dengan maksimal dan tidak terjebak dengan jeratan kartu kredit, kamu dapat melihat tips berikut ini:

1. Menyesuaikan limit dengan penghasilan

Jika kamu pemegang kartu kredit ada baiknya untuk membatasi limit kredit sesuai dengan penghasilan. Hal ini mencegah diri kamu untuk berperilaku konsumtif dan menambah utang di luar kemampuan membayar. 

Jadi, jika setiap bulan penghasilan kamu Rp7 juta akan lebih baik limit ke bank jangan lebih dari Rp3 juta. 

2. Pantau pengeluaran dengan bijak

Selain mengendalikan pengeluaran sesuai dengan kemampuan pembayaran, pastikan kamu selalu melakukan pengecekan terhadap tagihan kartu kredit bulanan. 

Sebab, bisa saja karena kartu kredit ini membuat kamu dengan mudah terjebak dalam utang kartu kredit yang sulit untuk kamu lunasi sehingga berpotensi untuk memberikan kesulitan di kemudian hari. 

3. Bayar kartu kredit tepat waktu

Ketika memperoleh tagihan kartu kredit, periksalah tanggal jatuh tempo dan pastikan membayar secara tepat waktu. 

Hal ini akan menghindarkan anda dari biaya keterlambatan (late charge fee) dan bunga yang tinggi. 

Selain itu, sebaiknya kamu membuat rencana pembayaran kartu kredit melebihi jumlah minimum pembayaran sehingga dapat segera melunasi utang kartu kredit kamu. 

4. Jangan salahgunakan manfaat kartu kredit dengan mengandalkannya untuk memenuhi kebutuhan pokok

Jangan mengandalkan kartu kredit untuk membeli kebutuhan sehari-hari karena manfaat utamanya adalah digunakan di saat-saat darurat. Sebaiknya kamu mulai menyisihkan uang untuk disimpan di tabungan bank untuk digunakan memenuhi keperluan darurat sehingga tidak bergantung pada penggunaan kartu kredit semata.

5. Simpan seluruh slip transaksi kartu kredit

Cara yang terbaik untuk memeriksa tagihan kartu kredit adalah dengan menyimpan seluruh slip transaksi kartu kredit dan membandingkan slip tersebut dengan tagihan kartu kredit kamu. 

Hal ini untuk memastikan bahwa tagihan sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan. Jika terdapat transaksi yang tidak kamu lakukan, segera hubungi penerbit kartu kredit, ya!

6. Bagaimana jika ingin menutup kartu kredit?

Apabila kamu ingin menutup kartu kredit, maka harus meyakini bahwa proses penutupan kartu kredit dilakukan oleh pihak yang berwenang dan tidak terdapat tagihan yang tertinggal atau belum terselesaikan. 

Sebaiknya permintaan penutupan kartu kredit dilakukan dalam bentuk tertulis agar jika ada kesulitan di kemudian hari ada buktinya. 

Itulah informasi seputar manfaat kartu kredit. Sekali lagi, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit. Karena lagi-lagi ini balik lagi ke penggunanya lho.

Kalau digunakan dengan bijak, manfaat-manfaat yang disebut di atas tadi benar-benar kamu rasakan deh. Sebaliknya, kalau menggunakannya tidak benar, jangan salahkan alat pembayaran ini ya seandainya malah kerugian yang didapat.  

Selain itu, perlu diingat, limit kartu kredit bukanlah untuk dihabiskan. 

Jangan tergoda untuk menghabiskan limit kartu kredit untuk berbelanja. Apabila ingin mengurangi limit kartu kredit, kamu  dapat menghubungi penerbit kartu kredit, ya!

FAQ soal manfaat kartu kredit

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh Bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi, dengan sistem pinjaman/kredit dari bank melalui kartu tersebut.
Kartu ATM atau debit card menggunakan sistem saldo. Sedangkan kartu kredit menggunakan sistem utang. Pemegang kartu tidak perlu mengisi saldo terlebih dahulu. Meski demikian, kartu kredit langsung bisa digunakan untuk bayar belanja, bayar tagihan, cicilan barang, bahkan tarik tunai pada ATM.
Kamu harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan agar tetap mengontrolnya dan tidak terlalu konsumtif.
Sedikitnya terdapat 2 perusahaan yang menyediakan jasa kartu kredit yakni MasterCard dan VISA. Bukan hanya di Indonesia, kedua perusahaan tersebut juga menyediakan jasa yang sama di berbagai negara untuk memudahkan nasabahnya.
Bisa. Selama ada logo MasterCard dan Visa dalam kartunya.
Bisa, kamu harus melengkapi masing-masing aplikasi secara terpisah.
Secara umum kamu akan diminta untuk melengkapi informasi dasar tentang diri seperti nomor KTP, SIM, tanggal lahir, alamat dan pendapatan per tahun. Serta informasi pelengkap lainnya untuk keperluan verifikasi pengajuan.
Waktu tunggu dapat bervariasi. Beberapa penyedia kartu kredit dapat memberikan persetujuan secara instan, sementara beberapa penyedia lainnya memerlukan waktu bahkan sampai hitungan minggu. Biasanya, semakin baik peringkat kredit, semakin cepat waktu respon aplikasi kartu kredit yang diajukan. Setelah keputusan dibuat kamu akan diberitahu melalui surat, e-mail atau keduanya.
Saat ini hampir seluruh penerbit kartu kredit telah menggunakan pendaftaran melalui online. Jangan khawatir semua data yang diberikan di dalam aplikasi tersebut dilindungi dengan fitur Secure Socket Layer (SSL), sebuah teknologi yang memastikan tingkat keamanan tertinggi di internet yang melibatkan enkripsi data canggih sehingga informasi kamu aman.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →