Banyak Tuai Kesuksesan, Ini Semboyan Orang Makassar yang Inspiratif

Orang Makassar adalah salah satu suku yang cukup banyak berpencar di Indonesia. Bahkan, gak jarang pentolan Makassar jadi orang sukses dan kaya. Ada yang berprofesi sebagai pengusaha, pejabat, dan bahkan jadi wakil presiden.

Yap! Kamu pasti udah gak asing sama nama Jusuf Kalla, wakil presiden Indonesia. Kemudian, ada pula Abraham Samad. Oh ya, Eka Tjipta Widjaja bahkan menghabiskan masa muda di wilayah Makassar.

Gak heran sih karena perlu diakui bahwa kebanyakan orang Makassar emang pekerja keras. Sebab, salah satu semboyan mereka adalah “eja pi nikana doang” yang artinya “seseorang dikenal atas karya dan perbuatannya”. Semboyan tersebut menunjukkan bahwa seseorang harus bekerja keras!

Berikut beberapa semboyan dan prinsip orang Makassar yang bisa kamu tiru.

Inilah salah satu prinsip yang paling dipegang oleh orang Makassar. Mereka pengin dikenal sebagai orang yang bekerja keras. Sebab, seseorang dikenali bukan hanya perkataan melainkan juga hasil.

Prinsip ini bikin orang Makassar benar-benar bekerja keras, bahkan walau taruhannya nyawa. Buat mencapai cita-cita, mereka bakal berusaha sekuat mungkin. Bahkan, akan lebih malu kalau menyerah gitu aja.

Masih berkaitan dengan dunia perkapalan, peribahasa ini bermakna agar saat berbisnis lebih baik rugi sedikit daripada bangkrut. Peribahasa ini sering jadi semboyan para pedagang kecil Makassar zaman dulu.

Meski udah lawas, prinsip ini masih bisa kamu terapkan saat bisnis. Kadang kala, ada baiknya buat pilih rugi sedikit daripada kamu segera menutup usaha yang sedang kamu rintis. Gak perlu langsung ambil untung besar deh, yang penting bisnis kamu berlangsung lama dan yang penting menghasilkan. Bukan gitu?

Orang Makassar beranggapan bahwa pintar harus dibarengi kejujuran. Hal inilah yang bikin banyak pedagang asal Makassar sukses di perantauan. Sebab, sikap kejujuran pasti membawa dampak positif buat kepintaran mereka.

Peribahasa ini mengajarkan orang Makassar punya keberanian buat gak lari dari masalah apapun yang dihadapi.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Buat kamu yang pengin sukses kayak kebanyakan orang Makassar, kamu harus tiru prinsip ini. Yang namanya hidup, baik itu berkarier dan berbisnis, bisa aja diterpa masalah. Itu udah jadi biasa. Nah, kalau udah tahu masalah pasti datang maka kamu harus siap menghadapi.

Dengan cara itu, kamu bakal bisa meraih kesuksesan. Sebab, jalan menuju kesuksesan pasti gak mudah, kan?

Semboyan ini mengajarkan bahwa saat seseorang mengambil keputusan buat mencapai tujuan tertentu maka harus fokus. Prinsip ini mendorong seseorang buat gak menyerah di tengah jalan melainkan coba dulu sampai berhasil.

Buat kamu yang sedang berbisnis, kamu bisa terapkan hal ini. Mungkin awalnya kamu belum dapat keuntungan atau apa yang kamu targetkan. Namun, jangan langsung menyerah. Justru kamu harus coba dan coba lagi. Tentu dengan catatan, kamu harus pintar membuat pelbagai strategi.

Ungkapan ini memiliki makna bahwa orang yang berpengaruh bisa aja kehilangan wibawanya. Kemudian, orang yang dianggap kecil dan gak dikenal bisa aja muncul dan jadi panutan banyak orang.

Ungkapan ini mengajak banyak orang Makassar buat gak jumawa dengan posisinya sekarang. Peribahasa ini secara gak langsung jadi motivasi buat selalu rendah hati agar gak kehilangan posisi. Gak cuma itu, peribahasa ini pun jadi motivasi sukses buat mereka yang belum meraih cita-cita. Sebab, semua orang punya kesempatan untuk menjadi orang sukses.

Nah, di antara pelbagai ungkapan dan semboyan orang Makassar di atas, mana nih yang paling kamu suka?

Baik berasal dari Makassar atau gak, pelbagai pepatah di atas jadi motivasi bagus untuk sukses dan kaya seperti halnya kebanyakan orang Makassar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →