Selain Susah di Hari Tua! Kamu akan Mengalami 4 Hal Ini Saat Banyak Utang

Kamu tentu setuju kalau punya banyak utang itu bakal bikin hidup kamu gak tenang dan susah yang berkepanjangan. Bisa-bisa masa tua kamu bakal gak tenang nih kalau banyak utang.

Dampak dari utang itu bisa kamu alami hingga beberapa tahun bahkan puluhan tahun. Ya, kalau utangnya banyak dan kamu gak konsisten membayarnya pasti sangat merepotkan lho.

Apalagi kini fenomena utang mengutang itu udah jadi hal biasa di kalangan anak muda. Ditambah lagi dengan banyaknya tawaran pinjaman uang dengan cara yang mudah tapi tanpa disadari justru semakin menjerumuskan kamu ke jurang. Pasalnya, pinjaman dengan modal KTP itu bunganya sangat mencekik.

Mirislah lagi, kebanyakan anak muda tergiur untuk meminjam uang demi untuk menyesuaikan gaya hidup yang serba modern. Pakai gadget terbaru hingga menenteng barang-barang branded yang bernilai fantastis.

Gak hanya pinjaman uang modal KTP doang, banyak juga milenial yang menyalahgunakan kartu kredit hingga membuat mereka memiliki tumpukan utang.

Padahal perlu diingat ya, kartu kredit itu bukan uang tambahanmu tapi utang yang harus kamu bayar usai kamu gunakan.

Sebenarnya kartu kredit itu sangat bermanfaat asal dipergunakan dengan baik. Seperti membeli barang yang bisa dijual lagi dan menguntungkan dan selalu membayar tepat waktu secara full, bukan hanya minimum payment.

Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk berutang sebaiknya pikirkan dengan matang kalau empat hal ini gak mau terjadi sama kamu.

Apa aja itu? Yuk, simak yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Gaji numpang lewat

Gaji hanya numpang lewat kalau banyak utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kerja berangkat pagi, pulang malam tapi saat gajian cuma numpang lewat doang. Kemana uangnya? Ya, apalagi kalau gak buat bayar utang.

Parahnya lagi, hal itu kamu alamin selama beberapa tahun. Padahal waktu itu ngutangnya cuma menghabiskan waktu beberapa jam aja.

Nah, kalau kamu gak mau gaji numpang lewat doang sebaiknya pikirin lagi deh baik-baik sebelum memutuskan buat ngutang apalagi untuk hal yang gak penting.

Beli sesuatu yang disuka sebenarnya gak ada salahnya. Tapi coba pikir-pikir, apakah hal itu menyusahkan kamu atau gak di masa depan.

2. Susah nabung

Banyak utang susah banget buat nabung, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gaji setiap bulan aja udah abis buat bayar utang, boro-boro mikirin nabung. Padahal para generasi muda sangat disarankan untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu buat menabung dan juga investasi.

Tujuannya buat apa? Ya, biar gak susah di masa tua nanti. Masa kamu mau sih pas udah tua masih harus banting tulang mencari uang cuma untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk ngutang, sebaiknya pikirkan bagaimana cara membayar utangmu itu dari pendapatan bulanan yang kamu dapatkan.

Bukan soal senang-senang aja dipikirkan, tapi yang terpenting masa depan. Buat apa menenteng tas mahal kalau hanya bikin hidup kamu susah karena tumpukan utang.

3. Sosialisasi terganggu

Kalau banyak utang otomatis sosialisasi kamu bakal terganggu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ngutang demi gaya hidup dan menaikkan status sosial itu gak banget lho. Kenapa? Karena dijamin hidup kamu akan jadi gak nyaman dan pusing sendiri. Hal itu bisa berdampak ke sosialisasi di lingkungan teman-temanmu.

Contohnya aja, kamu meminjam uang sama si A karena naksir dengan jaket terbaru keluaran desainer ternama dengan dalih untuk berobat, servis kendaraan dan beribu alasan lainnya.

Saat waktunya bayar utang, kamu kelimpungan sendiri karena lebih besar utang daripada gaji. Akhirnya kamu meminjam uang dengan temanmu si B untuk bayar utang A. Sayangnya, hal itu terjadi, ibarat kata, gali lobang tutup lobang. Ujung-ujungnya apa, kamu sendiri kan yang bakal repot sendiri.

Karena itu, hindari kebiasaan buruk tersebut karena lama kelamaan temanmu bisa gerah dan gak nyaman sendiri kalau kamu terus menerus meminjam uang.

4. Menjadi kebiasaan

Bakal jadi kebiasaan buruk nih kalau banyak utang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak sedikit orang yang menutupi kondisi keuangannya dengan meminjam uang kesana-kemari asal dapat diterima di lingkungan tertentu alias panjat sosial.

Memang sih awalnya pasti menyenangkan karena mendapatkan uang dalam waktu singkat. Padahal hal itu perlahan tapi pasti akan membuat kamu terlilit utang yang bikin kamu tersiksa sendiri ke depannya.

Selain itu, hal tersebut gak akan membuat dirimu maju dalam mengelola keuangan. Apalagi kalau lingkungan kamu tahu, kalau kamu bergaya dari hasil utang. Yang ada makin cibir dan dijauhin.

Lagipula, masa kamu mau sih masih muda tapi udah terlibat banyak utang. Karena itu, kelola keuanganmu dengan baik. Jika ingin membeli sesuatu yang mahal, pikirkan lagi apakah itu bermanfaat. Kalau tidak, lebih baik urungkan niatmu demi masa depan yang lebih baik.

Nah, itu dia empat hal yang akan kamu alami kalau kamu nekat ngutang tanpa pikir panjang. Ingat, banyak kok orang yang gak memandang seseorang hanya dari segi materi semata. Pikirkan masa depanmu, bukan hanya hasrat sesaat yang bikin kamu susah sampai tua.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →