Pernah Digunakan Pemimpin Negara, Ini 4 Merek Batik Indonesia Paling Populer!

Batik-Indonesia-blog

Batik merupakan salah satu kain tradisional khas Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan, batik Indonesia oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak tahun 2009 lalu.

Desain dan coraknya yang cantik membuat batik digemari berbagai kalangan, mulai dari para orangtua hingga anak muda.

Terlebih, beberapa perusahaan kini memberikan peraturan kalau setiap hari Jumat, seluruh karyawannya diwajibkan memakai baju batik.

Itu menjadi salah satu dorongan yang membuat para anak muda mulai mencintai batik. Karena memang gak bisa dipungkiri, masih banyak anak muda yang menganggap baju batik itu kuno dan identik dengan orangtua.

Beragam merek batik Indonesia terus mempercantik desain dan coraknya mengikuti perkembangan dunia mode. Jika dulu batik hanya digunakan untuk acara formal, kini batik juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Bahkan, keindahan batik membuat artis sekaligus istri dari Pangeran Williams, Kate Middleton diketahui pernah mengenakan kain khas Indonesia tersebut.

Gak heran kalau terus bermunculan merek-merek batik di Indonesia. Meski begitu, diketahui ada empat merek batik Indonesia yang sudah sangat populer dan dikenal masyarakat luas.

Apa saja? Berikut, beberapa di antaranya:

Batik Keris

Batik Indonesia
Batik Keris (Instagram/@batikkerisindo)

Kamu tentu sudah gak asing lagi dengan brand Batik Keris karena memang sudah tersebar di berbagai toko yang ada di mal. Batik Keris didirikan pasangan suami istri almarhum Kasom Tjokrosaputro dan Gaitini pada tahun 1947.

Bermula dari membuka toko batik di Jalan Kom. Yos Sudarso, Solo, kini Batik Keris telah berkembang pesat menjadi perusahaan besar di Indonesia. Bahkan, para konsumennya berasal dari kalangan menengah ke atas.

Danar Hadi

Batik Indonesia
Danar Hadi (Instagram/@danarhadi_id)

Merek batik bernama Danar Hadi juga sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang, Danar Hadi merupakan salah satu pelopor masuknya batik di industri fashion Indonesia.

Butik Danar Hadi didirikan Santosa Doellah yang memang lahir dari keluarga pengusaha. Pria berusia 77 tahun ini memulai bisnis batiknya pada tahun 1967, dan membuka toko di wilayah tempat tinggalnya.

Jika kamu ke Solo, jangan lupa untuk mengunjungi museum batik House of Danar Hadi dan melihat berbagai macam motif batik yang dijamin dapat mencuri hati.

Parang Kencana

Batik Indonesia
Parang Kencana (Instagram/@parangkencana)

Batik Parang Kencana merupakan salah satu brand terkemuka dan eksklusif. Pasalnya, model dan motif yang memang sengaja dibuat terbatas dengan kain yang memiliki kualitas terbaik.

Bahkan, batik ini dijuluki sebagai batik premium yang didirikan Mariana Sutandi di awal tahun 1990-an.

Meski awal menjalani bisnis penuh dengan keterbatasan, namun dengan kegigihan dan kerja keras yang dilakukan Mariana, Parang Kencana kini sudah berkembang pesat dan bisa ditemukan di mal terkemuka di Jakarta, yakni Plaza Indonesia dan Pacific Place.

Iwan Tirta

Batik Indonesia
Iwan Tirta (Instagram/@iwantirta_batik)

Iwan Tirta merupakan desainer atau perancang busana batik yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Awalnya, Iwan memang bertekad ingin melestarikan budaya batik lewat karya-karya rancangannya.

Gak disangka kalau masyarakat menerimanya dengan penuh antusias. Bahkan, hasil karyanya ternyata berhasil menarik minat para pemimpin dunia.

Baju batik rancangan Iwan Tirta kebanyakan digunakan oleh kalangan eksklusif yang harganya per item-nya bisa lebih dari Rp 5 juta.

Itulah empat merek batik Indonesia yang sangat populer di Indonesia dan digemari banyak orang. Baju batik rancangan siapa yang jadi favorit kamu? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →