Bayar Tagihan Bulanan Listrik Dkk Pakai Kartu Kredit Berbahaya! Loh, Kenapa?

tagihan bulanan listrik

Kartu kredit bikin hidup jadi lebih simpel. Tapi yang namanya manusia kadang malah bikin yang udah simpel jadi ribet.

 

Gak jarang orang punya kartu kredit bayarnya minimum melulu tiap bulan. Terus tahu-tahu protes, bilangnya kena jebakan kartu kredit. Padahal yang namanya tagihan alias utang ya harus dilunasi.

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

 

 

Orang kayak gitu biasanya kurang bijak dalam menggunakan kartu kredit. Di tangan mereka, manfaat bayar tagihan bulanan pakai kartu kredit pun bisa jadi bahaya.

 

Padahal manfaat ini sangat menguntungkan bagi pemegang kartu kredit. Tagihan listrik, air, telepon, TV kabel, Internet, dan lain-lain, blas tuntas dalam sekali transaksi. Kurang enak apa, coba?

 

Tapi kalau makai kartu kreditnya kurang bijak, ya manfaat ini malah bisa jadi mudarat. Misalnya udah set bayar tagihan bulanan listrik pakai kartu kredit otomatis, tapi belanja gila-gilaan sampai dekat limit.

 

Pas tiba saatnya bayar tagihan bulanan listrik, limit tembus. Walhasil, kena biaya overlimit. Atau malah pembayaran tagihan gak bisa jalan karena kredit udah abis, yang artinya kita bisa kena denda dari pihak penagih karena dianggap belum bayar tagihan.

 

Sejatinya, bayar tagihan kartu bulanan pakai kartu kredit atau konsolidasi tagihan adalah salah satu fitur kartu kredit. Fitur ini yang biasanya dikejar orang yang pengin punya kartu kredit.

 

tagihan bulanan listrik

Maksud hati sih biar simpel, tapi kalau gak bisa mengontrol pemakaian kartu kredit, yang ada tagihan bulanan jadi bikin over limit deh!

 

[Baca: Simak Info Penting Ini Buat yang Pengen Punya Kartu Kredit]

 

Dengan mengkonsolidasi tagihan itu dalam satu pembayaran via kartu kredit, maka kita beroleh keuntungan:

  • Gak perlu datang/transfer dari satu tempat ke tempat lain buat bayar tagihan
  • Gak perlu capek antre buat bayar
  • Waktu buat bayar satu-satu bisa dimanfaatkan buat hal lain
  • Bisa dapet rewards dari transaksi kartu kredit

 

Masalahnya, gak semua orang bisa memaksimalkan fitur ini begitu udah ada di genggaman. Makainya sih getol, tapi giliran disuruh bayar utang dari transaksi kartu kredit, letoy.

 

Tips Aman Bayar Tagihan Bulanan Pakai Kartu Kredit

Untuk bisa memanfaatkan fitur konsolidasi tagihan bulanan dari kartu kredit, kita perlu memastikan sejumlah hal. Berikut ini tips aman bayar tagihan bulanan pakai kartu kredit:

 

1. Alokasikan gaji

Setelah gaji/pendapatan dari usaha masuk rekening, langsung alokasikan sejumlah uang untuk bayar tagihan bulanan. Kalau tagihan Internet-TV kabel biasanya tetap dari bulan ke bulan, jadi gampang alokasinya.

 

Tapi tagihan listrik, air dan semacamnya bisa naik-turun. Biar lebih aman, alokasikan lebih banyak dari yang biasanya dibayar per bulan.

 

Misalnya biasanya total tagihan Rp 1 juta, alokasikan Rp 1,3 juta dari pendapatan per bulan buat bayar tagihan itu. Toh, jika tagihan gak sampai Rp 1,3 juta, duit sisanya masuk ke rekeining kita lagi.

 

 

tagihan bulanan listrik

Setelah gaji dibayarkan, jangan lupa langsung alokasikan untuk kebutuhan apa saja selama sebulan

 

Ini gunanya buat mastiin tagihan terbayar lunas pas kartu kredit jatuh tempo. Jadi bisa menghindari bayar minimum tagihan kartu kredit.

 

2. Punya lebih dari satu kartu

Kalau merasa susah mengendalikan keinginan belanja pakai kartu kredit tapi pengin konsolidasi tagihan, pakai dua kartu saja. Jadi, satu kartu khusus buat bayar tagihan bulanan. Kartu satunya buat keperluan lain.

 

Jadi, bisa menghindari overlimit kartu kredit. Tapi tips ini gak berguna kalau kita gak alokasikan pendapatan buat bayar tagihan kartu kredit.

 

Berapa pun kartu kredit yang kita punyai, kalau pengaturan pemasukan-pengeluaran berantakan, bahaya utang tetap mengintai. Bahkan kalau punya banyak kartu, artinya utang akan semakin banyak juga jika semuanya gagal dilunasi saat jatuh tempo.

 

[Baca: Nih Manfaat Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu, Maksimalkan Biar Gak Mubazir]

 

 

tagihan bulanan listrik

 

Buat yang punya kartu kredit lebih dari satu wajib, kudu disiplin mengatur pemakaian setiap kartu kalau gak mau berujung masalah!

 

 

Tapi meski kita udah bisa ngatur keuangan dan bayar lunas utang kartu kredit tepat waktu, bukan berarti kita bisa lepas begitu saja dari pengawasan tagihan bulanan, ya. Rincian biaya yang datang tiap bulan dari pemakaian listrik, air, dan lain-lain tetap mesti kita pelototi.

 

Kalau sampai ada salah hitung biaya dan kita telanjur bayar otomatis tagihan bulanan pakai kartu kredit, bisa rugi kita. Kita juga jadi repot karena harus mengurus kesalahan ini ke pihak penagih maupun bank penerbit kartu kredit.

 

Ingat kata pepatah, di tangan orang benar, pisau bisa jadi alat berguna buat memasak. Tapi di tangan orang salah, pisau bisa jadi alat untuk melukai orang dan bahkan diri sendiri.

 

 

Artinya, manfaat suatu benda tergantung pada orang yang memegangnya. Sebesar apa pun manfaatnya, kalau kita salahgunakan, benda itu bisa berbalik membuat kita rugi sendiri!

 

[Baca: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit]

 

 

 

Image Credit :

  • http://www.veteranslobbyday.org/uploads/kartu-kredit-hutang.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/689633/big/Ilustrasi+Gaji+PNS+11.06.14-Johan.jpg
  • http://panduanwisata.id/files/2014/09/tips-kartu-kredit-luar-negeri-photo-from-www.dailyfinance.com_.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →