Biar Gak Dikejar-kejar Penagih! Begini Lho Tips Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bagi yang doyan berutang mau gak mau berhadapan dengan tagihan bulanan. Sebenarnya banyak tips agar bayar tagihan bulanan kamu gak telat apalagi sampai dikejar-kejar penagih. 

Berutang dan membayar tagihan memang sudah konsekuensi bagi pengutang. Ketika memiliki utang tentunya ada kewajiban yang harus diselesaikan oleh debitur

Tagihan bulanan adalah salah satu kewajiban yang harus dilunasi tepat waktu. Tapi gak sedikit lho orang yang lalai dalam membayar tagihan bulanan, sebabnya pun banyak sekali. 

Mulai dari kesibukan kerja yang menyita waktu hingga lupa membayar tagihan setiap bulannya. Bahkan ada lho yang sengaja menunda-nunda melunasi tagihan ketika akhir bulan datang. 

Bagi kamu yang kesulitan dalam mengatur keuangan, terkadang harus merelakan lupa buat membayar. Ketika tagihan menumpuk dengan alasan lalai, kejadian dikejar-kejar oleh debt collector akan dialami oleh pengutang alias debitur. 

Nah biar kamu gak telat terus bayar tagihan, yuk ikuti tips-tips menarik di bawah ini. 

Dalam sehari langsung bayar

Bayar tagihan dalam satu hari bisa kamu lakukan

Ketika memiliki utang, coba deh kamu memilih satu hari dalam sebulan untuk melunasi tagihan. Bayar tagihan dengan cara ini dijamin bakal memudahkan dirimu dalam melunasi utang-utang yang ada. 

Misalkan, tagihan selalu muncul setiap tanggal 3 hari kerja, kamu mesti komitmen nih untuk meluangkan waktu setiap tanggal 6 buat melunasinya. 

Atur atau set waktu pembayaran paling dekat dengan tanggal jatuh tempo tagihan utang kamu. 

Pakai aplikasi pengingat tagihan

Bayar tagihan dengan memanfaatkan aplikasi

Seiring perkembangan zaman yang sudah digital, berbagai aplikasi seperti e-wallet hingga toko online bisa kamu manfaatkan untuk membayar tagihan. Dalam beberapa aplikasi memiliki fitur dalam pengaturan untuk melakukan pembayaran tagihan utang kamu, mudah bukan? 

Jika pengin memiliki aplikasi ini kamu mesti install. Jumlahkan tagihan yang ada setiap bulannya, dan lakukan top up saldo di aplikasi sesuai dengan perhitungan kamu. 

Jadi ketika tagihan datang ke kamu, usahakanlah membayar semuanya tepat waktu dengan menggunakan aplikasi yang ada. 

Manfaatkan fasilitas di kartu kredit 

Memanfaatkan fasilitas auto pay di kartu kredit

Jika kamu salah satu pengguna kartu kredit, bisa lho memanfaatkan penggunaan fasilitas seperti auto-pay untuk semua tagihan yang ada. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu gak perlu lagi nih mencatat nomor akun atau jumlah tagihan, karena sudah terotomatis terpotong dari kartu kredit mu. 

Satu sisi, strategi ini memang akan menguntungkan kamu karena hanya mengingat satu jenis tagihan. Tapi mesti kamu ingat ya, jika dirimu adalah pengguna kartu kredit untuk makan, belanja atau keperluan lainnya, bisa-bisa tagihan membengkak lho. 

Jadi pandai-pandai menggunakan kartu kredit ya jangan sampai terlilit. 

Bayar setiap tagihan sudah datang

Membayar tagihan tepat waktu salah satu yang mesti dilakukan

Bayar tagihan tepat waktu pada setiap bulan, memang salah satu cara kamu menghindari telepon mengganggu. Memang mau sedang bekerja di kantor mendapatkan telepon untuk melunasi utang yang ada?

Maka dari itu kamu mesti menggunakan fitur di kalender untuk membantu mengingat setiap tanggal tagihan alias jatuh tempo. Jadi setiap billing keluar, usahakan langsung membayarnya ya jangan ditunda-tunda lagi. 

Nah itu dia tips yang bisa kamu lakukan untuk bayar tagihan dengan tepat waktu. Namanya tepat waktu enak lho kamu gak bakal dikejar-kejar penagih yang mengganggu. Yuk dari sekarang pandai-pandai mengelola keuangan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)