Cara Daftar BCA Mobile dan Syarat [Plus Biaya Transfernya]

BCA Mobile

Bagaimana ya cara aktifkan mobile banking BCA? Gak sedikit nasabah BCA yang bingung ketika hendak menggunakan mobile banking BCA, yaitu BCA Mobile atau m-Banking BCA.

BCA (Bank Central Asia) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang menghadikan berbagai produk dan layanan perbankan mulai dari tabungan, pinjaman, hingga asuransi jiwa (BCA Life) dan asuransi mobil.

Sebagai bentuk komitmen untuk melayani nasabahnya dengan lebih baik, BCA Mobile hadir menjadi salah satu layanan perbankan yang ditawarkan BCA agar nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan secara online.

Dengan menggunakan mobile banking BCA, tentu aja nasabah bisa menyelesaikan urusan transaksinya dalam waktu yang cepat.

Terlebih pada zaman sekarang ini, orang-orang lebih suka menyelesaikan urusannya secara online lewat smartphone.

Adanya mobile banking BCA pastinya sangat membantu nasabah perbankan yang pengin melakukan transaksi cuma dalam hitungan menit.

Nah, buat kamu yang pengin memanfaatkan mobile banking BCA tapi bingung gimana cara mengaktifkannya, Lifepal udah bikin langkah-langkahnya nih. Yuk, dicek!

Cara daftar BCA mobile atau m-Banking BCA

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dan langkah-langkah melakukan aktivasi akun mobile banking BCA. Berikut ini syarat-syarat dan langkah-langkahnya.

Syarat-syarat daftar mobile banking BCA

  • Terdaftar sebagai nasabah BCA.
  • Kartu ATM BCA.
  • Nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Install aplikasi m-Banking BCA dari Play Store atau App Store di smartphone.

Langkah-langkah pendaftaran akun m-Banking BCA

Setelah selesai install, kamu bakal disuguhi tiga layanan yang ada dalam mobile banking BCA, yaitu m-BCA, KlikBCA, dan Info BCA. Nah, kalau kamu pengin menggunakan layanan mobile banking BCA, pilih menu m-BCA.

Nantinya kamu diminta buat memasukkan kode akses sebanyak 6 digit. Buat mendapatkan kode akses inilah, kamu perlu mendaftarkan diri lebih dulu. Kamu bisa daftar mobile banking di mesin ATM atau EDC BCA.

Langkah-langkah registrasi akun mobile banking BCA di ATM

  • Datangi mesin ATM BCA terdekat dan masukkan kartu ATM.
  • Masukkan PIN ATM BCA sebanyak 6 digit.
  • Pilih Transaksi Lainnya.
  • Pilih Daftar E-Banking.
  • Pilih Mobile Banking.
  • Nanti muncul ketentuan penggunaan m-Banking BCA dan pilih Ya.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Pilih Benar.
  • Pilih Ya.
  • Masukkan PIN mobile banking yang mau kamu gunakan.
  • Masukkan ulang PIN mobile banking.
  • Dari mesin, akan keluar struk kalau nomor handphone udah terdaftar buat gunakan mobile banking.

Langkah-langkah aktivasi akun mobile banking BCA

Habis registrasi di mesin ATM BCA, lanjutkan prosesnya di mobile banking BCA. Begini langkah-langkahnya.

  • Buka m-Banking BCA.
  • Di halaman utama nantinya muncul Ketentuan m-BCA (Mobile Banking).
  • Pilih Accept.
  • Masukkan 16 angka nomor kartu ATM BCA milikmu dan pilih OK.
  • BCA Mobile bakal kirim pesan yang berbayar. Kamu konfirmasi Kirim.
  • Setelah itu, kamu diminta bikin Kode Akses sebanyak 6 digit alfanumerik, contohnya Bo3434. Setelah itu, pilih OK.
  • Nanti ada konfirmasi kalau kamu udah setuju dengan syarat dan ketentuan m-BCA. Lalu klik tombol Send di pojok kanan atas.
  • Kemudian masukkan PIN m-BCA yang udah didaftarkan dan pilih OK.
  • Muncul keterangan kamu udah berhasil aktivasi m-BCA.
  • BCA Mobile pun udah bisa digunakan.

Kalau kamu memilih mendaftarkan mobile banking BCA di kantor cabang BCA, kamu tinggal mendatangi kantor terdekat dan beri tahu keperluanmu.

Oh, iya. Buat registrasi di kantor, kamu harus menggunakan PIN ATM BCA agar bisa aktivasi m-BCA. Setelah sukses aktivasi, kamu bisa mengganti PIN m-BCA di menu m-Admin.

Keuntungan menggunakan BCA Mobile

Apa aja keuntungan yang akan kamu dapatkan bila menggunakan BCA Mobile?

  1. Kenyamanan saat bertransaksi tanpa perlu membuang waktu untuk mengganti SIM card.
  2. Transaksi jarak jauh pun semakin hemat sebab memanfaatkan internet.
  3. Ada fitur di mana nasabah bisa menyimpan daftar pembayaran. Jadi, di pembayaran selanjutnya kamu hanya tinggal pilih nomor pelanggan tanpa perlu input nomornya lagi.
  4. Fasilitas daftar transfer bisa kamu gunakan untuk menyimpan nomor rekening tujuan yang rutin kamu kirimkan uang. Sekali lagi, gak perlu lagi input nomor rekening tujuan, cukup pilih di daftar transfer aja.
  5. Yang menariknya, bila kamu harus mentransfer uang dengan tujuan bank yang beda, kamu ga perlu mencari tahu kode bank tersebut. Cukup pilih bank yang kamu tuju sesuai pilihan yang tersedia.
  6. Dapat digunakan sebagai fasilitas pembayaran premi asuransi, baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, maupun asuransi mobil.

Ini lho fitur-fitur yang tersedia di m-Banking BCA

Agar lebih yakin kalau menggunakan mobile banking BCA menguntungkan, kamu perlu tahu dulu nih fitur-fitur yang disediakan. Apa aja? Yuk, dicek.

1. m-Info

Dalam fitur m-Info, kamu bakal mendapati menu-menu, seperti Info Saldo, Mutasi Rekening, Rekening Deposito, Info Reward BCA, hingga Info Reksa Dana. Jadi, kalau pengin tahu sisa saldo terakhir, kamu bisa mengeceknya di m-Info.

2. m-Transfer

Fitur ini memuat menu-menu, seperti Daftar Transfer (antar rekening dan antar bank) dan Transfer (antar rekening, antar bank, dan BCA Virtual Account).

Buat melakukan transfer di mobile banking BCA, kamu harus mendaftarkan lebih dulu nomor rekening yang jadi tujuan transfer.

Kemudian buka menu transfer dan otomatis rekening yang jadi tujuan transfer udah tersedia dan tinggal dipilih.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi yang menggunakan BCA Virtual Account di fitur ini.

3. m-Payment

Fitur ini berisi menu kartu kredit, handphone, telepon, publik/utilitas, asuransi, internet, hingga pinjaman.

4. m-Commerce

Di fitur ini kamu bisa menemukan menu Voucher Isi Ulang, PLN Prabayar, PLN Manual Advice, hingga Lainnya.

5. Tarik Tunai

Kalau selama ini tarik tunai identik menggunakan kartu ATM, di m-Banking BCA kamu bisa tarik tunai tanpa perlu gunakan kartu ATM.

6. m-Admin

Di fitur ini kamu bisa melakukan penggantian PIN, Blokir Kartu ATM, Blokir Kartu Kredit, Kontrol Kartu Kredit, Request Limit Kartu Kredit, Koneksi Kartu Kredit, e-Statement Kartu Kredit, hingga Aktivasi Kartu Kredit.

7. QR (Dua Dimensi Barcode)

Kamu yang sering menggunakan BCA Mobile tentu udah ga asing lagi dengan fitur QR. Namun, apakah kamu pernah menggunakannya? Fitur ini ternyata memiliki banyak banget keuntungannya lho. 

Pertama, kamu bisa membayar makanan, jajanan, atau bahkan kendaraan umum, seperti taksi hanya dengan melakukan scan QR yang berlogo QRIS. 

Kedua, gak seperti e-wallet lainnya yang harus top up dulu. Fitur QR BCA ini tanpa top up dengan catatan selama saldo rekeningmu masih ada ya. 

Terakhir, selama pandemi yang mana kita harus menjaga jarak dan dilarang bersentuhan dengan orang lain, fitur QR ini sangat membantu. 

Kamu tetapi bisa bertransaksi tanpa bersentuhan. Gak cuma bertransaksi di merchantmerchant, kamu yang ingin mentransfer uang pun bisa menggunakan fitur ini

8. Keyboard khusus BCA

Fitur yang satu ini bikin transaksi menjadi lebih cepat dan tentunya tetap aman. Gak perlu buka aplikasi BCA Mobile, kamu tetap bisa melihat saldo rekening melalui keyboard smartphone.

Selain itu, kamu tetap bisa melakukan transfer tanpa harus meninggalkan ruang  chatting dengan doi dan teman. Kamu juga bisa memantau aktivitas transaksi tanpa pergi dari ruang chatting.

9. Atur limit hingga blokir akun di OneKlik

Fitur ini memudahkan para shopaholic online shopping, baik di Blibli.com, Lazada, Tokopedia, maupun pengguna e-wallet atau uang elektronik seperti Gopay, OVO, dan Dana. 

Pasalnya, kamu bisa mengatur limit harianmu melalui OneKlik. Gak cuma itu, kamu juga bisa memblokir akun kalau udah ga mau berbelanja di merchant tertentu.

10. Atur transaksi online debit BCA Mastercard

Fitur ini memudahkan kamu dalam mengontrol transaksi online. Jangan sampai kamu boros karena gampang banget belanja dan beli sesuatu dengan transfer. 

Mau belanja di e-commerce, musik, subscribe kanal streaming film, dan transaksi online lainnya, semua itu bisa kamu kontrol dengan kartu Debit BCA Mastercard.

Bagaimana jika registrasi BCA Mobile gagal?

Bila registrasi gagal dan smartphone-mu menggunakan dual SIM card, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan nomor SIM card yang terdaftar di BCA Mobile berada di slot 1 (SIM 1). 

Mengapa? Sebab default SMS dan telepon biasanya selalu berada di SIM 1.

Khusus si pengguna SIM card prepaid, kamu harus memastikan bahwa nomor SIM card-mu memiliki cukup pulsa untuk menerima SMS premium dari BCA dan pastikan setting-an ponsel sudah mengizinkan BCA untuk mengirimkan SMS premium tersebut.

Sementara pengguna SIM card postpaid, kamu hanya perlu memastikan bahwa nomor SIM card yang terdaftar menggunakan paket yang mengizinkan BCA untuk mengirimkan SMS premium. 

Sangat penting untuk selalu memastikan karena biasanya SMS premium akan dikenakan tarif tertentu sesuai provider yang digunakan nasabah.

Terakhir dan terpenting, kamu harus memastikan bahwa spesifikasi smartphone mendukung dan smartphone dalam kondisi koneksi internet yang bagus.

Biaya transfer BCA ke BRI, BCA ke Mandiri, hingga BCA ke BNI lewat mobile banking

Di bawah ini besaran biaya transfer yang dikenakan kalau menggunakan fasilitas mobile banking BCA.

  • Biaya transfer BCA ke BRI: Rp 6.500
  • Biaya transfer BCA ke Mandiri: Rp 6.500
  • Biaya transfer BCA ke BNI: Rp 6.500

Itu tadi penjelasan singkat mengenai cara daftar m-Banking BCA dan fitur-fitur yang bisa kamu gunakan. Buruan deh daftarkan diri kamu dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi di layanan mobile banking BCA.

Tips transaksi aman dengan BCA Mobile

Untuk menghindari kejahatan di dunia perbankan, BCA memberikan beberapa tips agar transaksi aman melalui BCA Mobile, di antaranya:

1. Unduh BCA Mobile hanya dari situs resmi dan gunakan jaringan internet yang aman

Sebelum benar-benar mengunduh BCA Mobile, kamu harus memastikan bahwa sumber yang kamu dapatkan dari situs resmi BCA atau Google Play Store (bila smartphone Android) dan iPhone App Store (bila smartphone iOS).

Jangan pernah mengunduh dan melakukan transaksi menggunakan jaringan internet publik. 

Tanpa kamu sadari, bisa saja datamu nanti dicuri bila menggunakan jaringan internet publik. 

Disarankan untuk memilih jaringan nirkabel yang menerapkan sistem kata kunci keamanan jaringan ya.

2. Jaga kode akses dan PIN hanya untuk dirimu sendiri

Jangan memberi tahu kepada siapa pun kode akses pengaman menu BCA Mobile dan PIN m-BCA. 

Dua hal ini merupakan pengamanan dasar untuk memvalidasi transaksi jadi penting banget untuk menjaganya hanya untuk dirimu sendiri. Setelah melakukan transaksi, jangan malas untuk logout dari perangkat.

3. Perketat keamanan BCA Mobile

Cara pertama untuk memperketat keamanan BCA Mobile adalah dengan mengganti kode akses BCA Mobile dan PIN secara berkala dengan kombinasi angka atau huruf yang unik. Selain itu, rajin memeriksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala.

Apabila kamu mendapatkan telepon atau email atau faksimili yang mengatasnamakan petugas bank dan mempertanyakan data-data pribadimu, termasuk kode akses BCA dan PIN, ada baiknya jangan dijawab. 

Seseorang yang mengatasnamakan petugas bank yang menyatakan bahwa aplikasi BCA yang kamu miliki tidak sah, jangan langsung dipercaya. Segera hubungi Halo BCA 1500888.

Pertanyaan-pertanyaan seputar BCA Mobile

Di bawah ini pertanyaan-pertanyaan diajukan terkait mobile banking BCA.

Daftar BCA Mobile itu mudah banget. Berikut ini caranya:

  • Ke mesin ATM, masukkan kartu ATM dan PIN.
  • Pilih Transaksi Lainnya.
  • Pilih Daftar e-Banking.
  • Pilih Mobile Banking.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Masukkan PIN mBCA milikmu.
  • Mesin akan mencetak struk bukti.

Tidak berhenti sampai di situ. Masih ada tahapan berikutnya untuk aktivasi penuh yang bisa kamu ketahui informasinya dalam artikel ini.

Berikut ini langkah-langkah mengatasi masalah BCA Mobile tidak bisa verifikasi.

  • Buka Pengaturan di smartphone.
  • Pilih Aplikasi.
  • Saat di menu Aplikasi, pilih titik tiga di sudut kanan atas layar.
  • Pilih Akses khusus.
  • Pilih Gunakan layanan pesan teks premium.
  • Pilih BCA Mobile dan pilih Selalu izinkan.
  • Selesai dan verifikasi pun bisa kembali dilakukan.

Tentu saja bisa. Nasabah yang telah memiliki akun mobile banking BCA dapat mengecek nomor rekening miliknya di m-Info.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang keuangan? Lihat pertanyaan populer seputar keuangan di Tanya Lifepal. Setiap pertanyaan yang ada dijawab langsung oleh ahli-ahli yang berkompeten di bidangnya. 

Selain itu, kamu bisa mendapat solusi dari persoalan keuanganmu. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →