Cek Beasiswa S1 yang Diberikan Setiap Tahun Ini

beasiswa s1

Kita semua tahu, biaya pendidikan setiap tahunnya selalu naik. Tidak ada biaya pendidikan yang murah karena memang kebutuhannya banyak dan fasilitas pendidikan juga beragam. 

Padahal mengenyam pendidikan yang tinggi telah menjadi impian banyak orang, meski terkendala sejumlah persoalan terutama keuangan. 

Tidak patah semangat, sebagian orang berusaha untuk mendapatkan beasiswa demi mewujudkan impiannya mengenyam pendidikan yang tinggi. Berbagai kesempatan lewat beasiswa sekarang ini dapat dipilih. 

Berikut sejumlah beasiswa populer yang rutin dibuka setiap tahun, dan tips agar dapat mendapat beasiswa. 

Motivasi di Balik Mengejar Beasiswa S1

Beasiswa

Tidak semua orang termotivasi mendapatkan beasiswa karena keterbatasan keuangan. Beasiswa juga diincar oleh sejumlah orang yang mungkin secara keuangan justru tergolong mampu. 

Mengapa begitu? Beasiswa saat ini telah bergeser maknanya, bukan sekadar sebagai alat untuk mendapatkan pendidikan secara cuma-cuma, tapi telah menjadi hal yang membanggakan. 

Seperti diketahui, beasiswa memang diberikan secara terbatas bagi mereka yang memang dinilai layak, mumpuni, dan bahkan terbaik dari sejumlah orang yang mengikuti kompetisi mendapatkan beasiswa. 

Orang yang mendapatkan beasiswa secara otomatis akan terlabel sebagai orang yang pintar dan cerdas sebab dia mampu melewati seleksi yang ketat. 

Inilah yang membuat beasiswa memiliki prestise tersendiri. Kini, beasiswa bukan lagi sekadar sebagai karena persoalan keuangan, tapi menjelma sebagai sebuah prestasi dengan persaingan yang ketat untuk mendapatkan sebuah tiket masa depan yang cerah. 

Bagi pelajar yang telah lulus SMA atau akan lulus pada tahun 2020, persiapkanlah diri untuk meraih beasiswa S1. Sebab akan banyak beasiswa yang diberikan pada tahun 2020 untuk bisa mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri. 

Beasiswa S1 yang diberikan bermacam-macam, bukan hanya bebas dari biaya pendidikan, tapi juga memberikan uang saku untuk biaya kehidupan sehari-hari selama menempuh pendidikan di jenjang universitas. 

Ada juga yang membiayai sampai tahap penyusunan penelitian atau tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan menempuh S1. Tentu ini menggiurkan bagi kita yang memang sedang mencari beasiswa, bukan? 

Beasiswa Populer Dalam Negeri untuk S1 

Dalam negeri S1

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) merilis beragam beasiswa yang diberikan baik dari pemerintah maupun instansi swasta. Agar tidak ketinggalan informasi, Lifepal sarankan untuk rajin membaharui informasi beasiswa dari Kemenristek, ya

Berikut sejumlah beasiswa yang setiap tahun dibuka dan diincar oleh para pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan untuk S1. 

1. Beasiswa Bidikmisi 

Beasiswa yang khusus ditujukan bagi keluarga tidak mampu ini berasal dari pemerintah lewat Kemenristek. Beasiswa diberikan setiap tahun dengan kuota terbatas di setiap daerah. Beasiswa diberikan untuk pelajar yang ingin menempuh pendidikan S1 di universitas negeri atau swasta. 

Lalu apa saja kelebihan yang bisa didapatkan? Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi dan biaya hidup sehari-hari peserta didik akan ditanggung. 

2. Beasiswa Unggulan 

Beasiswa ini berasal dari pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa Unggulan diberikan dari mulai jenjang S1, S2 hingga S3. Hanya saja, beasiswa ini diberikan setelah siswanya tercatat telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi selama dua tahun. 

3. Beasiswa Cargill Global Scholars Program 

Diberikan kepada kandidat penerima beasiswa S1 dengan syarat mengikuti sejumlah kegiatan dari Cargill. Cargill memang memberikan nilai lebih bagi penerima beasiswanya sebab perusahaan menitikberatkan kepada generasi yang mampu membangun jaringan global, khususnya di sektor pertanian. Hanya saja, beasiswa hanya diberikan untuk dua tahun terakhir masa studi.

4. Djarum Beasiswa Plus 

Beasiswa Djarum diberikan dalam bentuk bantuan dana bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas yang telah melakukan MoU dengan Djarum Foundation. Bantuan dana sebesar Rp750.000 diberikan setiap bulan berikut pengembangan karakter yang disisipkan dalam pemberian beasiswa ini dalam bentuk pembekalan soft skill

5. Beasiswa Tanoto Foundation 

Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar yang ingin melanjutkan jenjang S1, tapi terkendala biaya. Beasiswa yang diberikan terbilang komplit, meliputi biaya pendidikan selama empat tahun atau delapan semester, uang saku setiap bulan, serta sejumlah pelatihan pengembangan kemampuan diri yang diberikan kepada penerima beasiswa. 

Beasiswa Populer Luar Negeri untuk S1 

Beasiswa luar negeri

Selain di dalam negeri, beasiswa yang berasal dari luar negeri juga banyak diminati pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan. Alasan pada umumnya dengan memilih untuk kuliah di luar negeri adalah keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru dan ilmu baru yang tidak didapat di dalam negeri. 

Maka, setiap pembukaan beasiswa dari luar negeri selalu diikuti dengan permintaan yang tinggi juga. Tidak mengherankan, persaingannya pun ketat. 

Lalu beasiswa luar negeri dari mana saja yang diminati? Berikut rangkumannya dari Lifepal. 

1. Beasiswa Monash University

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar yang hendak meneruskan pendidikan jenjang S1 di Australia. Fasilitas yang diberikan mulai dari biaya pendidikan secara cuma-cuma, akomodasi, asuransi kesehatan, dan biaya sehari-hari. 

Beasiswa ini terbilang cukup populer karena memberikan sejumlah fasilitas komplit bagi pelajar. Belum lagi kesempatan untuk berkarier di kampus apabila memang berprestasi. 

2. Beasiswa National University of Singapore (NUS)

Kesempatan belajar di negara tetangga, Singapura, terbuka lewat beasiswa S1 dari NUS. Hanya saja, beasiswa diberikan untuk jurusan yang hanya terkait dengan sains dan teknologi di kampus mereka. 

Beasiswa S1 di NUS tersebut dinamai Science & Technology Undergraduate Scholarship. Benefit yang diterima dari penerima beasiswa ini cukup menarik sebab selain biaya kuliah ditanggung, ada pula tunjangan hidup, tunjangan akomodasi dan tiket pesawat PP Indonesia-Singapura. 

Tidak berhenti di situ, bagi penerima beasiswa yang berprestasi akan mendapatkan peluang bekerja di perusahaan Singapura. 

3. Beasiswa Boston di AS 

Program beasiswa Boston University adalah Trustee Scholarship yang memberikan beasiswa selama empat tahun kepada pelajar yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Boston, AS. 

Syarat utamanya adalah lulusan SMA dengan nilai sempurna, biasanya mereka yang memang menempati lima besar di kelas. Seleksi yang dilakukan untuk peserta beasiswa adalah memenuhi syarat TOEFL atau IELTS dan menulis esai yang telah ditentukan kampus. 

Persiapan Diri Meraih Beasiswa 

meraih beasiswa

Tekad untuk meraih beasiswa makin kuat? Nah, sekarang waktunya untuk mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh. Ini dia tips-tips agar dapat unggul dalam kompetisi meraih beasiswa. 

  • Pelajari betul model beasiswa yang akan diberikan. Ini akan membantu kita untuk mengetahui bagaimana cara memenangkan beasiswa. 
  • Persiapkan syarat yang lengkap jauh sebelum pendaftaran ditutup. Ini untuk mencegah terjadinya kekurangan dokumen penting yang mesti dipenuhi. Cek berulang kali untuk menghindari kekurangan. 
  • Tunjukkan keunggulan akademik sebagai nilai jual tinggi dalam mendapatkan beasiswa. Apabila memiliki keahlian lain, kita juga bisa menonjolkannya, misalnya apabila kita mahir dalam sebuah bidang tertentu akan melengkapi keunggulan kita dalam bidang akademik. 
  • Terlibat dengan sejumlah komunitas yang memberikan pelayanan sosial menjadi nilai plus. Umumnya, sejumlah program beasiswa yang diberikan pemerintah dan swasta ingin menginvestasikan calon siswanya dapat berbuat baik bagi dunia. Jadi tunjukkan kepada pihak yang memberikan sumber pendanaan bahwa kita adalah orang yang pas dalam hal melayani. 
  • Jujur adalah sikap yang mesti diutamakan sebab sikap ini menandakan kita layak untuk menerima beasiswa. Maka, dalam menyusun esai hingga interview, jujurlah dalam menceritakan tentang diri kita. 

Tahap-Tahap Mengajukan Beasiswa S1

Beasiswa

Melamar beasiswa terbilang rumit. Ada sejumlah proses yang harus dipenuhi untuk menjadikan kita sebagai sosok yang layak mendapatkan pembiayaan pendidikan. Tahapan tersebut meliputi:

  • Penelitian yang harus dilakukan.
  • Formulir yang harus diisi.
  • Tenggat waktu yang harus dipenuhi. 

Pastikan bahwa pendaftaran beasiswa yang kita lakukan telah sesuai dengan syarat-syarat dan perhatikan tahap-tahap di bawah ini. 

  • Perhatikan persyaratan beasiswa mulai dari jangka waktu beasiswa hingga standar rata-rata akademik. Kenali juga detail kebutuhan beasiswa yang diberikan. 
  • Siapkan sejumlah syarat seperti transkrip akademik, surat lamaran beasiswa atau catatan keuangan atau sejumlah dokumen yang diperlukan saat memenuhi undangan wawancara. 
  • Perhatikan deadline, jangan sampai kita melewatkan tanggal penutupan. Penting bagi kita tidak mepet dalam menyelesaikan dokumen beasiswa. Sebab, apabila dirasa masih ada kekurangan dokumen, kita bisa menghubungi layanan beasiswa untuk membantu melengkapi dokumen. 
  • Periksa surat lamaran kita sebanyak tiga kali. Tanpa disadari, kita mungkin membuat kesalahan dalam menyampaikan dokumen dan syarat atau bahkan saat melakukan presentasi. Untuk menghindarinya, kita harus punya filter untuk melakukan kesalahan tersebut dari pihak berbeda. Misalnya, meminta bantuan dari teman atau orang tua. 
  • Persiapkan rencana cadangan. Ini untuk berjaga-jaga apabila kita mungkin gagal mendapatkan beasiswa, kita tidak akan terus-menerus meratapi kegagalan. Sebaliknya kita punya rencana lain demi tetap bisa mengejar impian. 

Demikian informasi soal beasiswa S1. Semoga dapat membantu yang sedang mencari beasiswa dan semoga sukses meraih cita-cita, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →