Cara Buka Rekening BCA Online di BCA Mobile dan KlikBCA

Buka rekening BCA online di BCA Mobile

Buka rekening BCA online lewat  ‘Buka Rekening Baru’ di aplikasi BCA Mobile merupakan terobosan yang dilakukan PT Bank Central Asia Tbk untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan daftar BCA online buat memiliki rekening baru. 

Dengan buka rekening BCA online di aplikasi BCA Mobile, membuka rekening tabungan tidak lagi ribet. Nasabah pun tak perlu repot berkunjung ke Kantor Cabang BCA.

Setidaknya, ada tiga keunggulan yang ditawarkan melalui layanan buka rekening BCA online via BCA Mobile ini. Selain tidak perlu datang ke kantor cabang, kamu juga mendapat fasilitas mobile dan internet banking sekaligus. 

Selain itu, nasabah juga akan mendapat kemudahan dalam transaksi setor atau tarik tunai tanpa menggunakan kartu. 

Namun, kamu masih harus datang ke kantor BCA untuk mendapatkan beberapa produk menarik, seperti asuransi pendidikan anak BCA yang menawarkan 200 persen uang pertanggungan.

Di sela peluncuran layanan BCA Mobile, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, digital transformation mendorong perbankan untuk menawarkan efisiensi dan kenyamanan.

Khususnya bagi nasabah yang ingin miliki dan buka rekening BCA online sehingga gak lagi harus mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa sejumlah dokumen.

Melalui aplikasi BCA Mobile, buka rekening BCA online semakin mudah karena nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi dan memilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama.

Jahja mengungkapkan, tanpa harus menyambangi kantor cabang BCA, nasabah dapat menyelesaikan transaksinya hanya dalam genggaman.

Walaupun demikian, BCA tidak berhenti berinovasi dalam menciptakan solusi perbankan yang aman dan praktis.

“Kami menyadari waktu semakin berharga saat ini, dan perbankan harus dapat memaksimalkan penggunaan digital agar lebih produktif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan mempermudah buka rekening melalui BCA Mobile,” kata Jahja. 

“Sehingga niat memiliki rekening baru atau rekening tambahan dengan tujuan tertentu dapat dilakukan lebih mudah, lebih singkat, kapan, dan di manapun,” sambungnya.

Cara buka rekening BCA online di BCA Mobile

Cara buka rekening BCA online jauh lebih simpel dibanding yang kamu kira. Mari kita urutkan langkah-langkah buka rekening BCA online berikut ini.

1. Buka aplikasi BCA Mobile, pilih ‘Buka Rekening Baru’

Setelahnya, kamu akan menemukan tampilan layar yang berisi ‘4 langkah mudah buka rekening’. 

Pertama, kamu haru menyiapkan dokumen seperti e-KTP, tanda tangan, NPWP (jika ada), dan data dirimu. Kedua, kamu harus melakukan video call dengan customer service BCA untuk verifikasi data diri. Ketiga, kamu harus aktivasi mobile banking dan internet banking. Keempat, kamu harus melakukan setoran awal. 

Nah, dalam opsi selanjutnya, kamu juga akan ditanya ‘Apakah Anda sudah memiliki rekening BCA saat ini?’ Cukup jawab ‘Tidak’ lalu klik ‘Lanjut’

2. Pilih jenis tabungan yang diinginkan

Setelah memilih fitur Buka Rekening Baru, nasabah dan calon nasabah akan diarahkan untuk memilih produk rekening BCA. Ada tiga produk tabungan yang bisa dibuka, yaitu Tahapan, Tahapan Gold, dan Tahapan Xpresi.

Setelahnya, kamu akan diminta melakukan verifikasi nomor ponsel. Klik saja ‘Kirim’ agar pihak BCA bisa mengirim SMS verifikasi. 

Kemudian, kamu harus membuat kode akses yang menurutmu aman. Ulangi lagi lalu klik ‘Lanjut’.

3. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Kamu harus mengunggah dokumen yang diperlukan, antara lain e-KTP, foto diri, tanda tangan, dan NPWP (jika ada). Caranya adalah dengan klik simbol kamera di masing-masing dokumen. 

Misalnya, klik simbol kamera pada opsi e-KTP. Kemudian coba tangkap gambar e-KTP kamu dengan mengatur posisi agar seluruh data terlihat jelas. Lalu, pastikan foto e-KTP sudah jelas dan nomor e-KTP sudah benar, lalu klik ‘Lanjut’. 

Kemudian ulangi langkah yang sama untuk opsi foto diri, tanda tangan, dan NPWP. Untuk wajah, atur wajahmu agar terlihat jelas ya. Begitu pula dengan tanda tangan, coba tangkap gambarnya agar seluruh goresan tanda tangan terlihat jelas.

4. Isi data diri

Sebelum mengisi data diri, kamu akan diminta memilih tujuan buka rekening BCA online. Misalnya, buka rekening untuk transaksi, menabung atau investasi, keperluan pribadi, atau tujuan lainnya. Bila sudah memilih, klik ‘Lanjut’. 

Lengkapi data dirimu, termasuk nama gadis ibu kandung, status perkawinan, agama, status tempat tinggal, pendidikan terakhir, pekerjaan, sumber penghasilan, dan pendapatan per tahun. 

Selanjutnya, lengkapi informasi pekerjaan kamu. Isinya terdiri dari data nama perusahaan, jabatan atau pangkatmu saat ini, bidang usaha yang dijalani, alamat kantor, kota, kode pos, dan nomor telepon kantor.

5. Pilih jenis Kartu Paspor yang diinginkan

Pada tahap ini, kamu bisa memilih jenis kartu Paspor BCA yang kamu mau miliki. Misalnya, ada Paspor Platinum, Paspor Gold, dan Paspor Blue.

Isi alamat email untuk layanan internet banking. Lalu klik ‘Lanjut’. Kemudian pilih cabang rekening sebagai pendaftaran rekeningmu.

Kalau kamu bingung, klik saja tombol ‘Lihat Peta’ untuk memilih kantor cabang mana yang dekat dengan tempat tinggal atau kantormu. 

Kalau sudah, klik kantor cabang BCA yang kamu inginkan. Lalu konformasi semua data yang diisi sudah benar dan pilih ‘Lanjut’.

6. Verifikasi dengan video call

Selanjutnya, kamu harus melakukan verifikasi data nih dengan cara video call. Pada tahap ini, seorang costumer service akan berbicara denganmu. Jika video call sudah selesai, klik aktivasi mobile banking.

7. Aktivasi

Terakhir, kamu harus membuat dan ulangi PIN untuk aktivasi mobile banking dan internet banking. Kemudian klik lanjut. Bila sudah, rekeningmu telah aktif. Lakukan setoran awal agar kamu bisa melakukan transaksi selanjutnya. 

Bagaimana cara setoran awalnya? Bisa melalui BCA atau bank lain. Bisa juga dengan setor tunai tanpa kartu di ATM setor tarik BCA. Bagaimana bila kamu sudah memiliki rekening BCA, tapi baru memiliki BCA Mobile?

Kamu bisa membuka tabungan melalui BCA Mobile, dengan melakukan urutan langkah yang sama seperti di atas. Kecuali pada pertanyaan mengenai kepemilikan rekening BCA saat ini, kamu jawab saja ‘Ya’.

Kemudian pembukaan rekening dinyatakan selesai. Nasabah kemudian dapat melakukan setoran awal agar rekeningnya dapat digunakan untuk bertransaksi.

“Optimalkan digital banking experiences, nasabah dapat sekaligus melakukan setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu dengan BCA Mobile. Tak hanya itu, Buka Rekening melalui BCA Mobile ini juga mengedepankan cardless

Di mana nasabah tidak perlu memiliki kartu fisik untuk bertransaksi. Kemudahan Buka Rekening di BCA Mobile diharapkan dapat menjangkau kebutuhan transaksi nasabah yang belum sempat datang ke kantor cabang,” tutup Jahja.

Cara buka rekening BCA online di KlikBCA

Selain lewat BCA Mobile, calon nasabah juga bisa buka rekening BCA online lewat KlikBCA. Namun, ini sifatnya hanya membantu mempermudah saja ya. Calon nasabah harus tetap datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan pembukaan rekening.

Setelah melakukan pengisian formulir pada situs KlikBCA ini, kamu bisa membawa nomor referensi yang didapat dari aplikasi online untuk melakukan pembukaan rekening di Kantor Cabang BCA terdekat.

Sebelum mengajukan pembukaan rekening, kamu wajib terlebih dahulu membaca dan memahami informasi produk simpanan yang ditampilkan pada situs KlikBCA ini sebelum mengajukan permohonan pembukaan rekening di Kantor Cabang BCA.

Kamu juga wajib membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti:

  • Bukti nomor referensi dari formulir yang telah diisi
  • Bukti identitas diri yang masih berlaku berupa KTP/PASPOR
  • Resi perpanjangan dari instansi terkait (bila kartu identitas dalam proses perpanjangan)
  • Surat keterangan domisili apabil aamat yang tercantum dalam KTP Pemohon daerahnya berbeda dengan daerah Kantor Cabang BCA tempat rekening dibuka atau pemohon tidak memiliki dokumen pendukung identitas lain atau nama dan atau alamat yang tercantum dalam dokumen pendukung identitas lainnya berbeda dengan yang tertera di KTP
  • Dokumen pendukung lainnya (apabila ada) sesuai ketentuan yang berlaku di BCA

Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai persyaratan pembukaan rekening di BCA, silakan hubungi Kantor Cabang BCA terdekat atau Halo BCA di nomor 1500888.

Syarat dokumen buka rekening BCA online

Seperti yang dijelaskan di atas, dalam buka rekening BCA online, kamu hanya perlu empat dokumen utama, yakni:

  1. e-KTP
  2. foto diri
  3. tanda tangan, gorekan di atas kerta putih untuk kemudian diunggah melalui aplikasi
  4. NPWP (jika ada).

Pertayaan-pertanyaan seputar buka rekening BCA online

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan mengenai buka rekening BCA online.

Tidak. Bank BCA tidak pernah mengumumkan pembukaan rekening BCA online sebanyak 13 cara. Pembukaan rekening BCA online yang resmi bisa dilakukan di fasilitas mobile banking BCA Mobile dan internet banking KlikBCA.

Tentu saja bisa. Kamu bisa membuka rekening BCA Xpresi online di BCA Mobile atau KlikBCA.

Tidak, sama sekali tidak benar. Bank BCA tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebut ada 11 syarat buka rekening BCA 2020. Sebagai contoh, buka rekening BCA Xpresi hanya mensyaratkan:

  • KTP/Paspor,
  • dana buat setoran awal minimal Rp50.000, dan
  • mengisi formulir pembukaan rekening.

Ada 10 jenis tabungan BCA, mulai dari Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, hingga Tahapan Gold. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa kunjungi artikel 10 Jenis Tabungan BCA Terbaik buat Simpanan [Review 2020].

Masih punya pertanyaan mengganjal seputar perencanaan keuangan? Atau masih belum yakin harus membeli asuransi yang mana? Sampaikan pertanyaanmu ke Tanya Lifepal di alamat lifepal.co.id/tanya.

Para ahli di berbagai bidang, dari asuransi, pasar modal, financial planner, hingga hukum, bakal memberi jawaban sesuai kapasitas mereka sebagai solusi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →