Rahasia Berhemat Ala Adinia Wirasti, Kamu Pasti Bisa Tiru!

Adinia Wirasti. (Instagram)

Nama Adinia Wirasti melejit khususnya setelah memerankan karakter Karmen di film Ada Apa dengan Cinta. Film yang rilis pada tahun 2002 tersebut melejit di pasaran. Gak salah deh akhirnya nama Adinia Wirasti pun ikut terangkat walau dia bukan pemeran utama.

Bertahun-tahun setelah film tersebut, Adinia Wirasti semakin mengukuhkan diri sebagai aktris berkualitas. Artis yang kerap disapa Asti ini layak disandingkan dengan Dian Sastrowardoyo yang satu film dengannya di AADC. Pasalnya, beragam penghargaan sudah disabet oleh aktris kelahiran 1987 itu. Sebut saja Citra Award for Best Leading Actress 2013 untuk penampilannya di film Laura & Marsha, serta Bandung Film Festival for Commendable Film Main Actress 2017 berkat aktingnya di Critical Eleven.

Yang unik, meski artis asal Jakarta ini termasuk jajaran aktris papan atas di Indonesia, ternyata dia penganut gaya hidup hemat. Padahal kan bayarannya bisa mencapai ratusan juta per judul film. Namun, Asti mengaku dia punya tips tertentu agar tetap hemat.

Bukan berarti mudah buat Adinia Wirasti mengelola uang. Dia mengakui bahwa sulit buat menggunakan uang dengan bijak. Sama seperti orang pada umumnya, ada cukup banyak godaan buat menghambur-hamburkan uang.

Asti sendiri menyatakan bahwa ada dua godaan yang bikin dia tergoda buat belanja. Pertama, belanja online. Kemudian, godaan buat bersaing dengan teman-teman sepergaulan.

Ih! Sama banget sama yang sering kita alami ya?

Kalau kamu mengalami godaan yang sama dengan Adinia Wirasti, coba deh tips hemat ala pemeran Karmen berikut ini.

1. Bedakan kebutuhan dan keinginan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by adiniawrst (@adiniawrst) on Aug 25, 2018 at 9:00am PDT

Seperti yang dituturkan oleh Adinia, dia merasa bahwa adanya Internet sering kali jadi godaan buat belanja online. Namun, Adinia gak menyalahkan Internet. Dia malah menyarankan buat mengendalikan diri kita sendiri.

Adinia berujar saat kamu lihat barang yang menarik di layar gawai kamu, tanyakan apakah kamu butuh atau sekadar mau. Kemudian, kamu bisa periksa kembali apakah barang-barang kamu ada yang mirip, fungsinya sama, dan sebagainya.

Dengan cara seperti itu, kamu bisa membedakan mana yang sebenarnya kebutuhan atau sekadar keinginan.

Bukan berarti gak boleh sama sekali belanja online, lho. Memanjakan diri sesekali gak ada salahnya. Hitung-hitung sebagai self-reward. Namun, jangan sampai biaya buat memanjakan diri bikin tabungan kamu terkuras.

2. Jangan terbawa arus pergaulan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by adiniawrst (@adiniawrst) on Aug 9, 2018 at 7:21am PDT

Godaan kedua yang udah disebutkan Adinia Wirasti tadi adalah tekanan buat bersaing dengan teman-teman sepergaulan. Adinia gak menampik bahwa dia pun mengalami hal tersebut. Apalagi, pergaulan Asti di kalangan artis emang gak bisa mengesampingkan penampilan.

Meski dunia artis menuntut seseorang buat berpenampilan sangat menarik, namun Asti memilih teman bergaul yang emang satu visi-misi dengan dia. Jadi, dia bisa menahan diri buat gak boros dan punya rasa cukup.

Jadi, buat kamu yang pengin hemat, kamu bisa tiru prinsip Asti tersebut. Memiliki rasa cukup dengan apa yang dimiliki jadi salah satu kunci biar gak menghamburkan uang demi menyaingi orang lain.

3. Diet tubuh, diet uang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by adiniawrst (@adiniawrst) on Jul 13, 2018 at 12:04am PDT

Ada satu tips hemat lagi nih dari Adinia Wirasti. Dia menerapkan diet tubuh dan diet uang. Sebab, kedua hal tersebut dinilainya saling berkaitan.

Contoh nih, Asti menerapkan 30 days not drinking soda. Selain bikin badan Asti lebih sehat dan gak nambah berat badan, tantangan tersebut juga membuatnya hemat pengeluaran. Sebab, sering mengkonsumsi minuman manis bersoda juga bikin pengeluaran kamu bertambah. Padahal, kamu sebenarnya gak membutuhkannya dan bahkan gak disarankan karena bikin tubuh kurang sehat.

Misalnya aja nih, kamu setiap hari harus beli minuman ringan Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu. Belum lagi, camilan sekitar Rp 15 ribu. Dalam sebulan, kamu bisa habiskan dana sampai dengan Rp 900 ribu cuma buat jajan. Dengan dana tersebut, kamu udah bisa beli buah biar tubuh makin sehat.

Pilih mana?

Dari tips-tips yang diucapkan oleh Adinia Wirasti ini, kita bisa lihat bahwa pengelolaan uang sebenarnya soal prioritas. Bukan berarti kamu sama sekali gak boleh pakai uang kamu, lho. Namun kamu mesti tahu apakah kamu butuh, apakah itu baik buat kamu, dan sesuaikan dengan kemampuan kamu.

Aktris papan atas aja mau berhemat, masa kamu gak bisa?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →