Stop Berlangganan Layanan Streaming! Salah Satu Cara Bebas Utang yang Mudah Dilakukan

Setiap orang pasti ingin terbebas dari utang. Apalagi utang yang menjerat hanya karena sikap konsumerisme semata. Ada lho cara bebas utang yang paling mudah untuk dilakukan, salah satunya berhenti berlangganan televisi streaming. 

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Tally, disebutkan bahwa lebih dari setengah atau 52 persen orang menyatakan ingin memiliki ponsel impian. Sementara 49 persen ingin memiliki kendaraan baru, dan 34 persen tidak berpantang pada makanan enak. 

Survei itu dilakukan dengan bertanya lebih dari 2.000 orang dewasa di Amerika Serikat yang diantaranya sedang memiliki utang. Mengutip laman CNBC, Tally juga menemukan penelitian sebanyak 30 persen dari mereka yang memiliki utang tetap mempertahankan layanan streaming. 

28 persen dari mereka bahkan tetap akan pergi berlibur meski terlilit banyak utang. Jarang dari mereka yang menyebut ingin melunasi utang sebelum akhirnya makin menjerat dan berbunga banyak. 

Nah, kalau kamu termasuk ke dalam golongan yang justru ingin melunasi utang di tahun 2020 ini, berikut tips mudah yang bisa dilakukan dengan mudah. 

1. Membawa bekal saat ke kantor

Cara bebas utang
Membawa bekal adalah penghematan (Shutterstock).

Daripada kamu harus mengeluarkan uang terus menerus untuk biaya makan siang, makan sore, hingga makan malam saat di kantor, ada baiknya memasaknya sendiri. Meskipun banyak orang di AS mengatakan tidak akan mengorbankan makan agar terbebas dari utang, para pakar keuangan justru menyarankan mempertimbangkan lagi untuk tidak makan di luar. 

“Jika kamu ingin mengurangi beban pengeluaran per minggu, ada baiknya membawa sendiri bekal makanan yang telah dimasak dari rumah. Ini akan menghemat biaya makan selama satu tahun,” kata Ryan Marshall, perencana keuangan bersertifikat di Ela Financial Group.

Menurutnya, bagi mereka yang makan malam dan juga jajan pada akhir pekan, hanya akan menimbulkan masalah baru atau memperburuk suasana. 

2. Kurangi layanan berlangganan bulanan

Cara bebas utang
Layanan TV Berlangganan (Shutterstock).

Ketika sudah berniat ingin berhemat, makan jangan hanya menghemat biaya makan. Tetapi pikirkan ulang layanan streaming atau televisi berlangganan kamu selama ini. Tinjau kembali berapa banyak layanan langganan bulanan yang kamu beli sekaligus setiap bulan. Pikirkan baik-baik apa yang akan dihentikan secara permanen. 

Misalnya saja anggota berlayanan gym, kamu bisa kok berolahraga di rumah dengan jogging atau yang lainnya. Langganan streaming online juga perlu dipikirkan ulang, kalau waktumu banyak dihabiskan di luar rumah, ya gak perlu menggunakan layanan ini kan? Toh kamu gak bakalan sering menikmatinya juga.

Kalau dirasa berhenti berlangganan itu sangat sulit, alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah share bersama beberapa teman. Itu akan menghemat beberapa biaya ketimbang membayarnya sendirian. 

3. Jangan membeli dalam jumlah banyak

Cara bebas utang
Belanja banyak barang (Shutterstock).

Ketika kamu berfikir bahwa belanja dalam jumlah besar bisa menghemat pengeluaran, nyatanya salah lho! Karena, orang yang berbelanja dalam jumlah besar seringkali membeli lebih dari yang mereka butuh untuk mendapatkan potongan harga. 

Beli lah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jika hanya membutuhkan dua ya kenapa harus membeli lima jika itu hanya untuk potongan harga lima persen. Pikirkan baik-baik dan jadilah cerdas ketika berbelanja bulanan. 

4. Hentikan membeli produk bermerek

Cara bebas utang
Belanja di Zara (Shutterstock).

Memang gak ada salahnya sih menggunakan produk bermerek dalam kebutuhan sehari-hari. Karena biasanya memang kualitas produk bermerek ini lebih bagus ketimbang biasa. Namun kalau kamu sedang berhemat untuk melunasi segala utang yang ada, gak ada salahnya menggunakan merek yang lebih pas di kantong. 

Beralihlah dari premium ke generik, mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, makanan, obat-obatan bahkan perlengkapan kantor hingga kosmetik. Kamu harus bersusah-susah dahulu memang sebelum di kemudian hari bisa bersenang-senang lagi. 

5. Jangan terpancing media sosial

Cara bebas utang
Instagram (Shutterstock).

Media sosial memang dipenuhi oleh orang-orang yang cenderung pamer. Apakah mereka baru saja membeli kendaraan baru, rumah baru, pakaian baru, bahkan minum kopi di kedai kekinian pun bisa diposting. 

Hal itu bukan sekedar mengabadikan momen semata, tetapi ada niat lain yakni ingin selalu dibilang kekinian oleh para pengguna sosial media. Faktanya 90 persen milenial yang menanggapi survei 2018 dari Allianz mengatakan bahwa media sosial telah menciptakan kecenderungan bagi mereka untuk membandingkan kekayaan atau gaya hidup dengan orang lain. 

Untuk bisa terhindar dari korban tekanan sosial media berujung pada pengeluaran berlebih, ada baiknya tetapkan tujuan dari sekarang. Apa tujuan kamu jangka pendek, kalau untuk melunasi utang ya berhemat. Pergunakanlah sosial media untuk hal positif, bukan untuk memamerkan apa yang kamu punya. Dengan begini, kamu akan terhindar dari pengeluaran berlebih akibat ingin selalu tampil wah! 

Nah itu tadi beberapa cara bebas utang yang mudah untuk kamu lakukan saat ini. Jangan tunggu besok! Lakukan semuanya sekarang agar masalah perhutangan kamu bisa cepat selesai. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis