Begini Cara Mengatasi Pasang Biaya Gigi Palsu yang Mahal

biaya pasang gigi palsu

Gigi menjadi salah satu bagian terpenting dalam bagian tubuh manusia ditambah memiliki pengaruh banget untuk penampilan kita. Misalkan gigi kurang rapi lantaran copot, tentunya sangat mengganggu banget ya, ingin pasang gigi palsu? 

Jika mendengarnya namanya saja memang sepele sekali ya. Asal kamu tahu biaya pasang gigi palsu itu tidak murah lho. Lalu harus bagaimana bagi orang yang hendak memasang gigi palsu lantaran perlu terlihat sempurna saat tertawa dan tersenyum? 

Saat ini memang banyak klinik gigi yang menyediakan layanan untuk memasang bagian-bagian gigi kamu dengan menggunakan gigi palsu. Untuk memasang gigi palsu memang beberapa asuransi tidak menanggungnya, pasalnya untuk urusan yang satu ini tergolong salah satu keperluan kecantikan. 

Banyak alasan orang untuk menggunakan gigi palsu, lantas apa sih yang mendasari orang menggunakan gigi buatan ini? Yuk simak di bawah sini. 

Alasan memakai gigi palsu

Gigi asli bisa hilang karena berbagai sebab. Bisa jadi karena kecelakaan, plak yang membuat ikatan gigi dengan gusi jadi lemah, dan pembusukan gigi berlubang. Kalau sudah tanggal, kamu perlu memasang gigi palsu. Apa aja sih alasan pasang gigi palsu?

Biar tidak terlihat jendela alias ompong

Gigi ompong emang kurang enak dilihat dan membuat orang tidak percaya diri saat tertawa bahkan berbicara dengan lawannya. Makanya kalau ada gigi yang tanggal, kamu bisa mempertimbangkan buat pakai gigi palsu demi estetika dan menunjang penampilan.

Agar gigi gak bergeser ke ruang kosong

Bila ada bagian gigi yang mengalami ruang kosong karena salah satu gigi asli tanggal, bagian gigi yang lain lama–kelamaan akan bergeser. Akhirnya susunan gigimu jadi berantakan, gak mau kan?

Hal ini kerap terjadi apabila membiarkan gigi ompong dan akhirnya merubah struktur susunan gigi kamu. Gigi copot kadang bikin repot apalagi kalau kita butuh buat mengunyah makanan. Makanya kamu perlu pakai gigi palsu agar tidak kesulitan saat menyantap makanan.

Kapan sih harus pasang gigi palsu?

Jawabannya ketika gigi yang copot dirasa akan mengganggu estetika dan fungsi mengunyah. Apalagi kalau terlalu lama dibiarkan struktur rahang kamu bisa berubah, wajah pun bisa jadi gak simetris. Kalau udah gitu, kamu harus cepat pasang gigi palsu, jangan ditunda-tunda lagi.

Bagaimana prosedur pemasangan gigi palsu?

Pertama-tama, kamu harus datang ke dokter gigi. Dokter gigi akan mencoba memasang gigi palsu percobaan buat mengukur dan mendapatkan gambaran bentuk gigi dan mulut. Nih tahapan lengkapnya.

  • Dokter gigi akan memeriksa rongga mulut secara menyeluruh 
  • Pengambilan foto rontgen untuk melihat posisi gigi dan tulang pasien secara detail 
  • Pencetakan gigi menggunakan bahan khusus 
  • Pembuatan gigi palsu menggunakan cetakan gigi yang sudah dibuat 
  • Pemasangan gigi palsu oleh dokter.

Biasanya, kamu akan  menunggu selama 2 – 3 minggu sebelum gigi palsu bisa dipasang di rongga mulut. 

Jenis gigi palsu

Gigi palsu ada dua macam yaitu gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan permanen. Keduanya pun masih dibagi-bagi menjadi beberapa jenis.

Gigi palsu sebagian berbahan akrilik

Gigi palsu sebagian adalah gigi tiruan yang dipasang untuk mengganti satu atau beberapa gigi asli yang copot. Gigi palsu ini dibuat dari bahan akrilik dan disertai kawat untuk menyambungkan gigi palsu dengan gigi asli yang masih tersisa.

Gigi palsu sebagian berbahan lentur

Bahan gigi palsu ini lebih lentur dan bisa menempel di gigi. Gigi palsu ini juga hak pakai kawat, lebih tipis, dan warnanya bisa disesuaikan dengan warna gusi.

Gigi tiruan penuh

Gigi tiruan penuh adalah gigi palsu yang dipasang di rahang atas, bawah, maupun kedua rahang yang sudah hilang, Biasanya gigi palsu jenis ini dipakai oleh para lansia. Bahannya bisa dari akrilik atau bahan lentur lainnya.

Gigi tiruan implan

Gigi palsu jenis ini menggunakan sekrup implan yang ditanam dalam tulang rahang lewat prosedur operasi. Gigi implan ini bisa mengganti satu atau semua gigi yang udah hilang.

Gigi tiruan jembatan

Jenis ini juga disebut gigi tiruan cekat. Cara pasangnya dengan prosedur merekatkan secara permanen pada gigi-gigi di sebelahnya. Misalnya gigi geraham kiri hilang, maka gigi tiruan jembatan akan berbentuk tiga gigi jejer. 

Gigi tengah menjadi ganti gigi geraham yang hilang, sementara dua gigi lain yang di sampingnya direkatkan permanen dengan gigi-gigi di sebelah gigi geraham yang copot.

Efek samping dari gigi palsu

Gak hanya bermanfaat, pemasangan gigi palsu juga memiliki efek sampingnya, lho! Efek yang dihasilkan dari pemasangan gigi palsu ternyata banyak lho, bila proses pencetakannya tidak pas dengan struktur susunan gigi kamu keseluruhan. 

Mengubah bentuk wajah

Pakai gigi palsu yang gak pas di mulut bisa mengubah wajah kamu. Gigi palsunya gak berubah tapi rongga mulutmu bisa berubah gak sejajar da berpengaruh pada struktur wajah.

Susah mengunyah dan menelan

Saat awal-awal pakai gigi palsu, kamu biasanya jadi gak nafsu makan karena kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Ini disebabkan produksi air liur berlebih, sisa makanan tersangkut di belakang gigi palsu, gigi palsu lepas saat kamu sedang mengunyah, atau luka lecet pada mulut.

Susah ngomong

Saat pasang gigi palsu, rongga mulut kamu tentu perlu menyesuaikan dengan kondisi baru. Ini bisa membuat kamu susah ngomong karena produksi air liur berlebih bikin kamu mengeluarkan suara mendesis, gigi palsu banyak bergerak sehingga kamu terdengar seperti berkumur saat ngomong, juga mengeluarkan siulan.

Pneumonia

Kalau kamu jarang lepas gigi palsu sebelum tidur, hati-hati dengan efek samping satu ini. Jadi jangan lupa buat melepasnya agar rongga mulut bisa istirahat dan kamu terhindar dari infeksi.

Estimasi biaya pasang gigi palsu

Biaya pasang gigi palsu emang gak murah, setiap rumah sakit atau klinik biayanya bisa beda-beda sesuai dengan jenis penggantian, tarif dokter, dan tempatnya. Rata-rata sih kalau di rumah sakit swasta, biasanya bisa mulai dari Rp200 ribu–sampai Rp2 juta. 

Biaya paling murah biasanya untuk jenis gigi palsu lepasan berbahan akrilik. Gigi tiruan jembatan juga lebih murah dibanding dengan gigi implan. Kalau kamu merasa biayanya mahal, cara ini bisa jadi solusi.

BPJS Kesehatan

Kamu bisa pakai BPJS Kesehatan buat bayar gigi palsu, asalkan memenuhi beberapa syarat ini.

  • Biaya pasang gigi palsu dibantu BPJS sesuai batas yang ditentukan. Jadi gak gratis sepenuhnya.
  • Pembuatan gigi palsu bisa dilakukan di faskes I atau faskes tingkat lanjutan 
  • Biaya maksimal untuk ganti gigi tiruan sebesar Rp1 juta atau masing-masing rahang maksimal Rp500 ribu 
  • Jika jumlah gigi yang hilang sebanyak 1-8 gigi, maka penggantian biayanya sebesar Rp250 ribu per rahang
  • Jika jumlah gigi yang hilang sebanyak 9-16 gigi, maka penggantian biayanya Rp500 ribu per rahang. 

Mengapa perlu asuransi kesehatan?

Selain memanfaatkan BPJS Kesehatan, kamu juga bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk pasang gigi palsu. Asuransi kesehatan penting, karena pada tahun 2018 saja, inflasi biaya rumah sakit bisa mencapai 11 persen. 

Artinya, misal pada tahun sebelumnya biaya rawat inap di rumah sakit Rp500 ribuan per hari, maka pada tahun 2018 akan naik menjadi Rp555 ribu di tahun 2018. Nah, daripada menghabiskan tabungan atau investasi untuk ganti gigi palsu, mendingan pakai asuransi kesehatan aja.

Itu tadi informasi tentang gigi palsu, kapan perlu memasang, bagaimana prosedurnya hingga estimasi biaya pasangnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →