Begini Lho Cara Bank Menghitung Harga Rumah Sebagai Jaminan Kredit

rumah sebagai jaminan

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Mau mengajukan kredit multiguna? Jaminan berupa rumah masih jadi primadona. Bank bakal dengan senang hati menerima jaminan rumah.

 

Soalnya, rumah atau jenis properti lainnya jarang terkena depresiasi alias penurunan nilai. Beda ama kendaraan, yang tiap tahun nilainya turun dari pertama kali dibeli.

 

Rumah juga sering digunakan nasabah buat mengajukan kredit. Sebab banyak keuntungan yang didapat nasabah kalau ngasi jaminan rumah. Di antaranya:

 

– Bunga lebih kecil karena aset yang dijaminkan nilainya gede. Tapi besar-kecilnya bunga juga tergantung periode kredit. Semakin lama kredit, bunga semakin gede.

 Periode kredit bisa lebih panjang. Apalagi dibanding kredit tanpa agunan, yang gak perlu ngasih jaminan buat dapet kredit.

– Rumah tetep bisa ditinggali. Kita cuma perlu ngasih sertifikat rumah ke bank.

 

Tapi, yang sering jadi pertanyaan, gimana cara bank menghitung harga rumah sebagai jaminan? Apa kita bisa ngajuin sekian rupiah, gitu, terus bank hooh-hooh aja?

 

[Baca: Mau Jual Beli Rumah, Wajib Kenalan dengan PBB, NJOP dan BPHTB]

Cara Bank Menghitung Harga Rumah

Bank adalah lembaga keuangan legal formal dan profesional. Gak bakal sembarangan nentuin nilai jaminan kayak bank plecit alias rentenir.

 

Sedikitnya bank punya dua pilihan buat menghitung harga rumah yang jadi jaminan kredit, yaitu:

 

1. Melihat harga pasaran

Bank bisa menghitung harga rumah dengan membandingkannya dengan harga rumah di sekitarnya. Setidaknya ada tiga rumah yang dijadiin pembanding untuk menentukan nilai rumah yang jadi jaminan.

 

rumah sebagai jaminan

 Harga pasaran memang menjadi tolok ukur penting, tapi juga bukan yang utama

 

 

Tapi tentu saja rumah pembanding punya kemiripan spesifikasi dengan rumah jaminan. Yang diperhatikan bank saat membandingkan rumah itu adalah:

 

–    Luas tanah dan bangunan

–    Jenis lantai, apakah keramik, marmer, atau lainnya

–    Material bangunan

–    Lokasi rumah pembanding harus satu area/kompleks

 

Setelah melihat komponen itu, bank bakal melihat harga tanah dan bangunan per meter persegi masing-masing rumah. Harga yang didapakai buat nentuin nilai rumah jaminan.

 

[Baca: Perhatikan Kelengkapan Surat Saat Membeli Rumah Biar Tak Menyesal]

2. Melihat biaya

Cara kedua, bank menilai dengan melihat biaya pembangunan rumah itu. Rumus nilai rumah dalam cara ini adalah harga tanah + nilai bangunan dan sarana pelengkap rumah.

 

Pertama, bank akan menyurvei harga tanah di lokasi rumah. Bank bisa bertanya ke tetangga atau menghubungi pihak lain untuk mendapat harga pasaran tanah tersebut.

 

Kemudian, bank biasanya bertanya ke developer yang ngerti soal harga bangunan. Komponen yang mempengaruhi harga bangunan:

 

–    Material rumah

–    Kondisi rumah (kalau udah rusak/kusam di sana-sini, nilainya turun)

 

Misalnya harga tanah menurut survei Rp 2 juta per meter persegi. Terus total nilai bangunan Rp 300 juta. Kalau tanah tersebut luasnya 100 meter persegi, maka nilai rumah:

(Rp 2 juta x 100) + Rp 300 juta= Rp 500 juta

 

Tapi harus diingat, bank biasanya akan mengucurkan kredit 80% dari total nilai jaminan. Kalau nilai rumah Rp 500 juta, berarti kredit yang cair Rp 400 juta.

 

rumah sebagai jaminan

 Pemilihan material juga memengaruhi penilaian bank terhadap rumah yang akan dijaminkan

 

 

Bank bisa juga ngasih lebih kecil setelah melihat kemampuan utang kita. Misalnya, setelah bank memverifikasi kondisi keuangan kita, ternyata kita dinilai cuma mampu bayar utang Rp 300 juta.

 

Meski nilai rumah Rp 500 juta, dana yang cair cuma Rp 300 juta. Jadi, kondisi keuangan itu penting banget dijaga. Jangan sampai kita udah punya modal rumah buat jaminan tapi gagal dapet pinjaman gara-gara keuangan berantakan.

 

[Baca: Apa Saja yang Bisa Menjadi Jaminan Kredit Multiguna? Pelajari Dulu Yuk!]

 

 

 

Image credit:

  • http://gambar-rumah.com/attachments/palembang/3946822d1448255570-harga-di-bawah-pasaran-rumah-cantik-di-dlm-kompleks-palem-2.jpg
  • http://disainrumahminimalis.com/wp-content/uploads/2014/09/2.-Ini-Dia-Cara-Menghemat-Bahan-Bangunan-untuk-Rumah-3.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →