Catat! Begini Mengatasi Kerugian Kecelakaan Diri dalam 3 Langkah Berikut

Begini cara mengatasi kecelakaan diri yang perlu kamu ketahui

Kecelakaan terjadi kapan aja dan di mana aja, tapi gimana caranya atasi kerugian-kerugian kecelakaan? Kerugian-kerugian materiil yang ditimbulkan tentu menghabiskan dana yang gak sedikit, bahkan berakibat terhadap defisitnya pundi-pundi keuangan.

Di Indonesia jumlah kecelakaan di jalan yang terjadi tahun 2018 menyentuh angka 109.215 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 104.327 dan tahun 2016 yang mencapai 106.644.

Dengan jumlah kecelakaan yang tinggi tersebut, korban yangg meninggal mencapai 29.472 jiwa, luka berat 13.315 jiwa, dan luka ringan 130.571 jiwa. Kerugian materiil yang didata BPS tahun 2019 mencapai Rp 213.866.000.000.

Haruskah khawatir?

Sah-sah aja khawatir dengan fakta tersebut. Namun, terus-terusan khawatir tanpa ada upaya mengatasinya malah menambah kekhawatiran nantinya.

Ada langkah-langkah yang dapat kamu lakukan buat mengatasi kerugian-kerugian kecelakaan yang muncul selama berkendara, apa saja? 

Ini 3 langkah atasi kerugian kecelakaan diri di jalan

Sekarang ini banyak pilihan yang ditawarkan sebagai bentuk perlindungan agar kerugian materiil dapat diminimalkan. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan buat mengatasi kerugian tersebut.

1. Klaim BPJSTK kalau alami kecelakaan selama perjalanan kerja

Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan perlu banget bagi kamu miliki
Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan perlu banget bagi kamu miliki, (Shutterstock).

Setiap orang yang bekerja di wilayah Republik Indonesia diwajibkan memiliki perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Setiap pemberi kerja (perusahaan) diharuskan mendaftarkan para pekerjanya (karyawan).

Manfaat-manfaat yang diperoleh dengan menjadi peserta BPJSTK ini, di antaranya:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),

  • Jaminan Kematian (JKM),

  • Jaminan Hari Tua (JHT), dan

  • Jaminan Pensiun (JP).

Buat mengatasi kerugian kecelakaan diri, kamu bisa melakukan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Program JKK ini menjamin risiko-risiko terjadi dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya.

Dengan klaim BPJSTK dalam kaitan dengan kecelakaan, peserta menerima manfaat, seperti:

  • Pelayanan kesehatan dengan plafon Rp 20 juta dan maksimal 1 tahun.

  • Santunan dalam bentuk uang.

  • Santunan beasiswa.

  • Penggantian kacamata.

  • Penggantian alat bantu dengar.

  • Penggantian gigi tiruan.

2. Klaim santunan dari Jasa Raharja

Klaim santunan dari Jasa Rahaja perlu lho saat kamu mengalami kecelakaan
Klaim santunan dari Jasa Rahaja perlu lho saat kamu mengalami kecelakaan, (Twitter/@@pt_jasaraharja).

Selain BPJSTK, orang yang mengalami kecelakaan di jalan juga bisa klaim santunan dari Jasa Raharja. Perusahaan yang berstatus BUMN ini menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi sosial.

Ada dua jenis asuransi sosial yang diberikan BUMN ini, yaitu:

  • Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum.

  • Asuransi Tanggung Jawab.

Manfaat-manfaat berupa santunan yang diberi Jasa Raharja meliputi:

  • Santunan kecelakaan penumpang: meninggal dunia Rp 50 juta, cacat tetap (maks) Rp 50 juta, perawatan (maks) Rp 20 juta (Rp 25 juta), penggantian biaya penguburan Rp 4 juta, biaya P3K Rp 1 juta, biaya ambulance Rp 500 ribu.

  • Santunan kecelakaan lalu lintas: meninggal Rp 50 juta, cacat tetap (maks) Rp 50 juta, perawatan (maksimal) Rp 20 juta, biaya penguburan Rp 4 juta, biaya P3K Rp 1 juta, biaya ambulance Rp 500 ribu.

3. Klaim asuransi kecelakaan dan asuransi kendaraan

Klaim asuransi juga perlu kamu lakukan ketika mengalami kecelakaan
Klaim asuransi juga perlu kamu lakukan ketika mengalami kecelakaan, (Shutterstock).

Beruntung buat mereka yang telah terdaftar sebagai pemegang asuransi kecelakaan dan asuransi kendaraan. Mereka dapat melakukan klaim atas risiko-risiko akibat kecelakaan.

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberi jaminan finansial akibat kecelakaan, baik kecelakaan kerja, berkendara, dan kecelakaan saat perjalanan.

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang memberi jaminan atas risiko yang terjadi terhadap kendaraan.

Sebagai gambaran, asuransi kecelakaan diri memberi manfaat uang pertanggungan sebagai perlindungan dari risiko kematian, cacat total, cacat sementara, dan perawatan rumah sakit.

Lain dengan asuransi kendaraan yang memberi uang penggantian akibat risiko pencurian kendaraan, tabrakan, kecelakaan, hingga ganti rugi pihak yang ditabrak.

Dengan mengetahui apa aja klaim yang dapat dilakukan kalau terlibat kecelakaan, kamu bisa meminimalkan kerugian materiil yang mesti ditanggung. Terus kamu juga terhindar dari  tanggungan biaya yang jumlahnya tentu gak sedikit. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →