Begini Nih Cara Pinjam Uang di Bank, Baik Online Maupun Offline

Pinjam Uang di Bank

Rumah mulai rusak di sana-sini, bisnis juga lagi butuh suntikan dana. Masalahnya, duit di rekening cuma cukup buat beli seblak. Haduh.

Jangan galau dan gelisah, uang itu bisa dicari kok. Salah satunya dengan pinjam ke bank.

Tapi susah gak ya? Lama gak tuh prosesnya? Segudang pertanyaan lain pun ikut bermunculan di kepala.

Tenang, mau pinjam uang sekarang makin mudah kok. Tinggal pilih aja, mau langsung datang ke bank atau via Internet alias online.

Biar makin jelas dan gak gagal paham, simak nih cara pinjam uang di bank, baik online maupun offline:

Online

cara pinjam uang di bank
Tuh, si bapak yang katanya wong ndeso aja update teknologi, masa kamu gak sih? Hehehe (Pria Desa dengan Laptop / photoshelter)

– Sebelum langsung memutuskan mengajukan pinjaman secara online, pastikan kamu sudah research. Sebagai nasabah, harus hati-hati dan cerdas dalam memilih. Sebab, banyak lembaga keuangan di luar bank yang menawarkan fasilitas pinjaman uang online. Jadi cek dan bandingkan produk pinjaman bank secara online di situs komparasi produk-produk keuangan.

– Kalau sudah memantapkan hati, langsung masuk ke situs pinjaman uang online yang kredibel lalu pilih produk pinjaman atau kredit. Setelah itu lanjutkan dengan mengisi data-data diri dengan lengkap. Hati-hati dan teliti saat mengisi, pastikan semua data yang kamu masukkan valid, karena pihak pemberi pinjaman akan melakukan verifikasi data.

– Selain isi data diri, kamu juga akan diminta memasukkan nominal pinjaman beserta dengan tenor pinjaman. Nah, ini juga harus bijak ya. Jangan meminjam uang dengan nominal dan tenor yang gak sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau bingung, coba simulasikan nilai cicilan atau konsultasi dulu.

– Kalau semua data sudah dilengkapi dan di-submit, kamu tinggal menunggu dihubungi oleh pihak penyedia pinjaman. Jadi pastikan handphone selalu dalam keadaan aktif. Jika merasa ragu atau bingung, kamu bisa hubungi tim Customer Service yang nomor teleponnya tersedia di situs tersebut.

– Setelah verifikasi data dan peminjaman disetujui, kamu tinggal tunggu dana masuk ke rekening. Proses pencairan dana biasanya memakan waktu sampai 14 hari kerja sejak kamu mengisi form aplikasi pinjaman. Bisa lebih singkat, tergantung lembaga peminjam.

Offline

cara pinjam uang di bank
Lho, ank SMA kok jadi staf di Bank? Eits, tenang, ini cuma kostum kok biar seru aja hehehe (Petugas Bank / merdeka)

– Tentukan dulu bank mana yang dipilih. Kalau mau mudah dan cepat, pilih saja datang ke bank di mana kamu memiliki rekening. Setelah tiba di bank, ambil nomor antrean atau tanya pihak security. Ingat ya, ambil antrean di bagian Customer Service (CS), bukan Teller.

– Setelah dapet giliran, langsung konsultasikan perihal pengajuan pinjaman uang atau kredit. Staf CS bagian kredit akan membantu proses pengajuan pinjaman. Pastikan kamu sudah membawa dokumen-dokumen yang disyaratkan biar gak bolak-balik.

– Semua dokumen akan diperiksa kelengkapannya dan disimpan oleh staf CS yang melayani. Jangan ragu dan malu untuk bertanya seputar produk pinjaman yang kamu ajukan, terutama soal biaya-biaya. Pastikan produk yang kamu ajukan memang pas dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu.

– Pinjaman kamu akan diproses oleh analis bank dan tinggal menunggu pihak bank mengabari lewat telepon. Jadi gak saat itu juga langsung dapet pinjamannya ya.

Mau pinjam uang, baik secara offline alias datang ke bank atau lewat Internet alias online, keduanya mengharuskan kamu buat menyiapkan beberapa dokumen wajib dan penting. Di antaranya:

1. Fotocopy KTP

2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

3. Fotocopy buku tabungan

4. Slip gaji (untuk karyawan)

5. Pembukuan usaha (untuk pengusaha)

6. Dokumen bukti kepemilikan kendaraan atau sertifikat rumah (untuk kredit dengan agunan)

7. Fotocopy NPWP

cara pinjam uang di bank
Gak bisa ini, gak bisa itu, banyak urusan, halaah banyak alasan, padahal malas eyaa! (Meme / quickmeme)

Jangan buru-buru bilang ribet atau malas. Hari gini segala sesuatu makin mudah, gak terkecuali soal pinjaman. Tapi, bukan berarti yang mudah itu gak pake usaha ya.

Jangan gampang tergiur sama syarat mudah dan pinjaman yang cepat cair. Percuma dapet pinjaman kalau ujung-ujungnya bakal mencekik kantongmu. Update sama informasi produk pinjaman dan pastikan kamu memilih sumber dana yang aman dan bisa dipercaya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini 5 Bank Buat Pinjam Uang Online Bagi yang Bergaji Rp 3 Juta]

[Baca: Coba Pinjam Uang Online di Berbagai Bank Kok Aplikasi Ditolak Semuanya]

[Baca: 4 Hal yang Harus Diketahui Saat Suami Istri Mau Pinjam Uang Online]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →