Biaya Les Mahal? Coba 5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Murah Berikut Ini

Belajar bahasa Inggris mahal? Ini Caranya tanpa mengeluarkan uang

Belajar bahasa Inggris adalah sebuah keharusan di zaman seperti saat ini. Karena seluruh dunia, sekarang menggunakannya sebagai bahasa universal. Jadi, demi kelancaran berkomunikasi dengan masyarakat dunia, kamu wajib menguasainya. 

Sebenarnya sih, dari zaman sekolah kita juga sudah diajarkan. Tapi sayang penerapannya masih sangat sulit, hal ini karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu. 

Akhirnya untuk memperdalam ilmu, banyak orang-orang yang mengambil kursus di luar sekolah. Beberapa kursus bahkan menjadikan warga negara luar atau sebutannya native sebagai gurunya, jadi lebih efektif deh belajarnya.

Namun, bagi sebagian orang mengambil les bahasa Inggris untuk saat ini memang tergolong mahal. Biayanya sendiri bisa menghabiskan hingga jutaan rupiah untuk satu level yang biasanya berlangsung selama tiga bulan. 

Terus ada gak ya cara buat belajar bahasa Inggris yang efektif dan murah meriah? Simak ulasan Lifepal berikut ini. 

Kenapa perlunya belajar bahasa Inggris?

Kenapa sih perlu belajar bahasa Inggris bagi kita?

Mungkin masih banyak yang berpikiran kalau fasih berbahasa Inggris tidaklah penting dalam kehidupan bernegara, padahal faktanya, justru sebaliknya. Di tengah era keterbukaan informasi dan industri, memahami dan mengerti bahasa Inggris sangatlah penting. 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional

Bahasa Inggris sendiri sudah dijadikan bahasa komunikasi sehari-hari di 53 negara. Selain itu, bahasa ini juga telah menjadi alat komunikasi internasional di seluruh dunia. 

Jadi kalau kamu berbicara sama turis asing atau rekan kerja dari negara lain, kemungkinan bakal menggunakan bahasa Inggris. Sehingga penting sekali untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, setelah bahasa ibu di negara masing-masing. 

Bahasa Inggris juga bahasa bisnis 

Di era global sudah tidak bisa dihindari lagi. Saling bertukar pengetahuan dan sumber daya manusia di antara negara satu dengan yang lainnya bisa saja terjadi. 

Maka jangan heran kalau kamu sering melihat orang asing bekerja satu gedung bahkan satu kantor dengan kamu. Terus kamu masih bingung gimana komunikasinya? 

Duh, sekarang itu, bahasa Inggris sudah jadi bahasa bisnis global juga. Oleh sebabnya, sekarang untuk bisa masuk ke dunia kerja profesional harus kudu pintar berbahasa Inggris. 

Perusahaan-perusahaan top dunia di Beijing saja, seperti Airbus, Nokia, Renault, Samsung, dan Microsoft telah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi perusahaannya, meskipun persentase pegawai Tiongkok lebih banyak dari asing. 

Kemudian kantor cabang Amazon, eBay, dan Rakuten di Jepang juga telah mewajibkan seluruh karyawan lokal mereka untuk berbicara bahasa Inggris di setiap kegiatan. 

Keuntungannya fasih dalam berbahasa Inggris

Ini lho keuntungan fasih dalam berbahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris sampai fasih mungkin memang tidak mudah. Saking sulitnya, jadi pada malas untuk belajar. Padahal, kalau kamu fasih, bakal banyak keuntungan yang didapatkan. 

1. Kesempatan kerja terbuka lebar 

Coba kamu lihat di situs-situs pencari lowongan kerja sekarang dan lihat lowongan-lowongan yang tersedia. Kebanyakan dari lowongan tersebut pasti mencantumkan fasih berbahasa Inggris sebagai persyaratan mereka. 

Ini artinya, kalau kamu mahir berbahasa asing khususnya Inggris, kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka lebar. Lamar sana-sini jadi gak perlu takut lagi kalau dapat sesi wawancara berbahasa Inggris. 

2. Semakin percaya diri kalau jalan-jalan atau ditugaskan ke luar negeri 

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, jadi ke negara manapun kamu pergi, bahasa tersebut bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan warga sekitar. Jadi semakin percaya diri deh untuk melancong ke luar negeri. 

3. Komunikasi dengan rekan kerja dari negara lain jadi lancar 

Gak mungkin kan kalau ada rekan kerja dari negara luar kamu gak ngobrol sama mereka. Entah itu ngobrolin soal kerjaan atau ngobrol biasa pastinya bakalan berkomunikasi. 

Kalau kamu gak paham bahasa Inggris, paling cuma respons dengan kata “ya” atau ngangguk-ngangguk, tapi lain soal kalau kamu fasih pasti ngobrolnya jadi enak dan ngalir kayak ngobrol sama teman aja. 

4. Bisa mengakses sarana hiburan dengan luas 

Kebanyakan sarana hiburan, mulai dari permainan di game console sampai film Hollywood menggunakan bahasa Inggris. Fasih bahasa Inggris itu artinya kamu bisa memahami hiburan-hiburan tersebut tanpa takut ketergantungan sama terjemahannya. 

Biaya les bahasa Inggris

Segini lho besaran biaya bahasa Inggris bagi yang pengin mengambil kelasnya

Salah satu cara untuk mempelajari bahasa Inggris yang efektif adalah dengan mengikuti les. Banyak lembaga-lembaga les terpercaya yang bisa kamu pilih. Harganya pun bervariasi, rata-rata sih jutaan rupiah. 

1. LIA 

Sebagian besar dari kamu sudah mengetahui LIA. Lembaga Indonesia Amerika (LIA) ini telah berdiri sejak tahun 1959. Fokusnya tentu saja untuk menyediakan layanan pendidikan informal bahasa Inggris kepada masyarakat di Indonesia. 

LIA memiliki tempat les yang tersebar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, sampai Malang. Paket pembelajarannya beragam, ada yang untuk anak-anak, remaja, sampai yang sudah bekerja. 

Biayanya juga bervariasi, yang jelas mencapai Rp 1 juta per term atau tiga bulan. Berikut ini daftar harganya berdasarkan biaya les di LIA Pengadegan April-Juni 2019. 

Jenis Program  Biaya per 3 bulan
English for Children  Rp 1.150.000 dan Rp 1.390.000
English for Teen Rp 1.325.000
English for Adults  Rp 1.325.000, Rp 1.390.000, dan Rp 1.470.000
Umum (Conversation) Rp 1.625.000
Umum (TOEFL Prep) Rp 1.625.000
Umum (IELTS Prep) Rp 1.950.000

2. Les ke Kampung Inggris Pare 

Kampung Inggris di Pare, Kediri adalah tempat yang cocok buat kamu buat belajar bahasa Inggris dengan cepat. Di sini, ada banyak tempat di mana bisa menguasai bahasa Inggris plus rekreasi serta menginap di kos-kosannya. 

Kenapa bisa cepat? Karena di daerah ini semuanya harus dibiasakan untuk berbicara bahasa Inggris, gak cuma di tempat lesnya saja, tetapi juga saat berinteraksi dengan orang lain, maupun pedagang sekitar. 

Kegiatan  Perkiraan Biaya 
Les per bulan  Rp 1.000.000
Kos-kosan per bulan Rp 400.000
Konsumsi per bulan Rp 600.000
Total  Rp 2.000.000

Cara belajar bahasa Inggris gratis tanpa les

Begini lho cara belajar bahasa Inggris tanpa mengeluarkan banyak uang

Kalau menurut kamu mengikuti les itu terlalu mahal, ada alternatif lain untuk fasih dalam berbahasa Inggris. Apa saja? 

1. Sering-sering nonton film tanpa terjemahan 

Siapa sih yang gak doyan nonton film? Apalagi film-film Hollywood pasti gak pernah ketinggalan buat di tonton kan. Nah dari hobi tersebut kamu bisa lho mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu. Caranya, tinggal matikan saja fitur terjemahannya.

Kalau ada perbendaharaan kata yang gak kamu ketahui, kamu boleh kok membuka kamus terjemahan. 

2. Dengerin lagu terus catat liriknya 

Cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan lainnya adalah dengan mendengarkan lagu luar kesukaan kamu, lalu menuliskan liriknya sesuai sepemahaman. Setelah selesai kamu bisa cek deh lirik aslinya, lihat berapa banyak kata yang sesuai. 

Cara ini bisa meningkatkan sensitivitas telinga kamu dalam mendengarkan bahasa Inggris. 

3. Baca buku-buku berbahasa Inggris 

Kemampuan membaca bahasa Inggris bisa ditingkatkan dengan cara gratis dan mudah lho. Caranya, kamu tinggal baca bacaan bahasa Inggris secara rutin. 

Bisa baca via internet yang gratis atau membeli buku bacaan ringan. Kalau mau murah sih, kamu unduh situs-situs berita berbahasa Inggris di ponsel pintarmu, lalu baca setiap pagi, di jalan ke kantor, atau sebelum tidur. 

Selain menambah kemampuan membaca, juga menambah pengetahuan tentang dunia. 

4. Ngobrol sama orang luar 

Keberadaan media sosial telah memberikan kesempatan kepada kamu untuk berjejaring secara luas, bahkan sampai ke negara-negara lainnya. Cobalah untuk berteman dengan orang-orang luar lewat media sosial, lalu rutin ngobrol dengan mereka via chat

5. Unduh aplikasi belajar bahasa Inggris gratis

Banyak aplikasi gratisan yang interaktif untuk mengajarkan kamu bahasa Inggris. Kamu bisa mengunduhnya di ponsel pintar dan menggunakannya di setiap kesempatan. Aplikasi-aplikasi ini bisa memberikan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuanmu. 

  • Duolingo
  • Hello English
  • Lingbe 
  • Memrise
  • Busuu

Tingkat kemampuan bahasa Inggris di Indonesia masih rendah

Kemampuan orang Indonesia dalam berbahasa Inggris masih rendah

English First, baru saja meluncurkan hasil riset mereka terhadap tingkat kemampuan berbahasa Inggris di berbagai negara tahun 2019 lalu. Hasilnya, Indonesia bara di peringkat ke-61 dari 100 negara. 

Penilaian tersebut berdasarkan dari EFSET, atau tes kecakapan bahasa Inggris yang dilakukan oleh EF. hasilnya, Indonesia termasuk berada di bawah rata-rata dibanding negara ASEAN lainnya dengan skor 53. Paling tinggi Singapura (66,82), kemudian Filipina (60,04), lalu Malaysia dengan skor (58,55).

Setelah mengetahui cara belajar bahasa Inggris yang murah meriah, jadi gak ada alasan lagi buat gak belajar. Semua orang di Indonesia harus memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris, biar dipandang oleh dunia internasional. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)