5 Pelajaran Bisnis yang Bisa Dipetik dari Spongebob Squarepants

spongebob squarepants (nickelodeon)

Serial Spongebob Squarepants memang terkenal lucu. Namun, serial animasi produksi Nickelodeon tersebut ternyata gak cuma lucu aja. Ada banyak pelajaran bagus yang bisa kamu petik dari setiap episodenya lho!

Spongebob dikenal sebagai karakter yang sangat berintegritas dalam bekerja. Kontras dengan Spongebob, karakter Squidward dideskripsikan sebagai pemalas. Kemudian, ada Mr. Krabs yang terkenal pelit. Percaya atau gak, tokoh-tokoh tersebut ternyata memberi banyak pelajaran bisnis, khususnya buat para pengusaha.

Jadi, kalau kamu saat ini baru aja atau emang udah lama berbisnis, gak ada salahnya belajar sedikit dari serial kocak ini deh.

Seenggaknya ada lima pelajaran bisnis sederhana yang bisa kamu petik dari serial Spongebob Squarepants.

1. Integritas buat kerja

spongebob squarepantsTokoh Spongebob di serial tersebut memang jadi karyawan. Namun, para pebisnis bisa tiru kegigihan kerjanya buat bisnis mereka.

Di berbagai episode terlihat Spongebob selalu mengedepankan totalitas dalam mengerjakan setiap pekerjaannya. Di salah satu episode berjudul “The Graveyard Shift”, Tuan Krabs memutuskan buat membuka restorannya, Krusty Krab, selama 24 jam. Ternyata keputusan tersebut bikin Spongebob senang karena dia bisa semakin membaktikan dirinya buat kerja.

Gak harus seekstrem itu sih. Namun, tokoh Spongebob mengajarkan para pengusaha buat total saat berbisnis. Spongebob punya etika kerja yang sangat bagus, termasuk kemampuan buat bekerja di segala situasi.

2. Fokus pada pengembangan usaha

Melakukan perubahan strategi bisnis bisa jadi berefek bagus. Namun, bila perubahan dilakukan saat strategi yang udah dibuat sebelumnya sebenarnya berjalan baik-baik, bisa jadi malah bikin usaha kamu hilang fokus.

Inilah yang terjadi saat Tuan Krab mengajak putrinya, Pearl, bergabung dalam perusahaannya. Kehadiran Pearl langsung membuyarkan fokus bisnis Krusty Krab. Sebab, dia malah benar-benar mengubah semua menu dan strategi marketing restoran tersebut.

Mau mengubah sedikit strategi sih oke-oke aja tetapi gak semuanya juga harus diubah.

3. Jaga kualitas dan layanan

spongebob squarepants episodes
(nick-asia)

Dalam episode “Born Again Krabs”, Tuan Krab, saking gak mau ruginya, menyuruh karyawannya buat jualan Krabby Patty yang udah busuk. Namun, caranya tersebut malah bikin pelanggan pergi. Ya iyalah, pelanggan pasti kabur karena dia gak menyajikan produk berkualitas.

Begitu juga yang ditampilkan pada episode lain, “Krabby Land”. Tuan Krab pengin sediakan ruang bermain anak di restorannya. Tentu ide tersebut bagus banget! Namun, sayangnya, dia malah menggunakan perabotan yang murah sehingga gak aman buat anak-anak. Hal ini bikin pelanggannya marah deh.

Dari dua episode tersebut, para pengusaha bisa belajar buat kasih yang terbaik buat pelanggan. Bila kamu pelit buat berikan layanan berkualitas, yang ada pelanggan malah lari.

4. Inovasi produk sesekali

Bisa jadi produk kamu legendaris banget sehingga udah punya pelanggan setia. Namun, gak ada salahnya lho buat sesekali lakukan inovasi produk.

Contohnya di episode “Patty Hype”. Di situ, bisnis Krusty Krab digambarkan tengah lesu. Spongebob pun dapat ide buat bikin krabby patty warna-warni. Boom! Ide tersebut berhasil. Spongebob bisa menarik perhatian sekitar 46.853 pelanggan.

Nah, bila usah kamu tengah lesu, gak ada salahnya lho kamu bikin inovasi dengan menghadirkan produk spesial tertentu. Gak harus menjadikan itu menu baru yang menggantikan menu utama. Tapi, jadikan produk tersebut jadi produk spesial yang dijual pada momen tertentu.

5. Kasih penghargaan ke karyawan

Ini nih yang harus diingat oleh para pebisnis yang udah punya karyawan. Tuan Krab boleh aja pelit, namun dia gak lupa kasih penghargaan ke karyawannya.

Di episode “Employee of The Month” diceritakan bahwa Tuan Krab secara rutin memberikan penghargaan buat karyawan terbaiknya setiap bulan. Spongebob selalu memenangi predikat tersebut setiap bulan. Hal ini bikin Squidward cukup iri dong. Jadilah, Squidward yang dikenal malas malah jadi terpacu buat kerja keras dan akhirnya berhasil dapat predikat tersebut di bulan depannya.

Penghargaan-penghargaan kecil yang diberikan pemilik bisnis ke karyawan bisa jadi motivasi buat karyawan supaya lebih giat bekerja. Jadi, jangan pelit-pelit buat kasih apresiasi ya.

Yuk, terapkan lima pelajaran bisnis dari serial Spongebob Squarepants buat usaha kamu.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →