Belajar Reksa Dana untuk Pemula Bisa Belajar dari Cara Berenang Lho!

cara berinvestasi

Gak semua orang bisa berenang, karena ada yang bilang caranya lumayan susah-susah gampang. Tahu gak sih, ternyata sebenarnya ada kesamaan loh antara belajar renang dengan belajar reksa dana. Kalau kamu tahu kesamaan antara kedua hal tersebut, kemungkinan untuk bisa sukses berinvestasi semakin besar.

[Baca: Biar Gak Bingung Begini Cara Menentukan reksadana Sesuai Rencana Keuangan]

Supaya Pandai Berenang, Belajar Renang Harus Basah

belajar investasi untuk pemula

Guru renang biasanya mengatakan, kalau ingin pandai berenang harus mau basah. Maksudnya, gak bisa kita jago renang hanya lewat teori, harus dipraktekkan. Ini juga berlaku pada perenang profesional sekalipun ya!

Coba deh kamu perhatikan anak-anak kecil yang jago renang, mereka biasanya mendapat pengarahan di darat lalu setelah itu mempraktekkan di air.

Jika terus diperhatikan secara cermat, anak-anak kecil yang baru belajar berenang itu akan gimana reaksinya saat baru pertama belajar? Biasanya untuk anak-anak pemula, mereka akan takut turun ke kolam.

Nah, sekarang kamu tahu kan, mana mungkin bisa berenang kalau cuma tahu teori berenang yang baik tanpa praktek.

[Baca: Pengin Investasi Eits Tunggu Dulu Pilih Instrumen Investasi Sesuai Usia Ya]

Lalu apakah ada risiko tenggelam atau risiko lainnya? Risiko tersebut gak mungkin dihindari ya saat berenang. Tapi, gak perlu khawatir berlebihan. Cara mengatasinya adalah dengan dampingan guru renang selalu menjaga di samping murid-murid pemula.

Alternatif lain bagi pemula adalah dengan menggunakan pelampung dan berenang di kolam yang lebih dangkal. Untuk orang-orang yang sudah jago renang, juga masih perlu melakukan pemanasan sebelum berenang.

Supaya Pandai, Belajar Reksa Dana Harus Mulai Dilakukan

Perumpamaan berenang tadi sama dengan berinvestasi. Gak mungkin ada orang yang pandai dalam reksa dana kalau hanya membaca buku, mengikuti seminar tanpa praktek. Disitulah letak kesamaan antara belajar berenang dan belajar reksa dana atau investasi lainnya.

Apakah ada risiko rugi? Tentu saja ada dong. Lalu harus bagaimana? Ya mulai belajar investasi dengan nominal yang kecil, ibarat berenang di kolam dangkal tadi. Gunakan metode reksa dana dan cara mengelola uang yang benar (ibarat menggunakan pelampung). Belajar lah juga dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

Dr. Alexander Elder, seorang guru reksa dana dan juga profesional trader mengatakan, pada saat kita belajar investasi atau trading, fokuslah untuk berinvestasi dengan cara yang benar. Keuntungan berupa return akan mengikuti setelahnya jika kita sudah berinvestasi dengan cara yang benar.

[Baca: Buat Para Pemula Baca 5 Panduan Berinvestasi Ini Ya]

Jadi, gimana? Masih ragu atau gak pede untuk mulai berinvestasi? Belajar reksa dana untuk pemula ternyata bisa belajar dari berenang kan. Singkirkan dulu rasa takut berlebihan kamu deh. Segala sesuatu di dunia ini penuh dengan pilihan. Apapun pilihan yang kita ambil pasti ada konsekuensi dan risiko yang mengikuti ya, jadi jangan ragu!