Pengin Beli Mobil Bekas? Cek Dulu Plat Nomor Kendaraan dengan Cara Mudah Ini

Sebelum membeli mobil bekas, ada baiknya kamu mengecek segala kelengkapan data terlebih dahulu (Shutterstock).

Zaman modern seperti sekarang ini sudah tentu membantu banyak dalam hal mencari informasi. Salah satunya adalah melacak keabsahan sebuah kendaraan tanpa harus ke samsat. Kamu bisa melakukan pencarian plat nomor mobil melalui beberapa cara terlebih ketika ingin beli mobil bekas.

Kamu juga harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengecek plat nomor mobil. Misalnya saja kamu berencana membeli mobil bisa melakukan cara ini untuk melihat spesifikasi mobilnya.

Untuk mendeteksi sebuah mobil, tentunya plat nomor sangat berguna untuk mencari informasi mengenai detail dari mobil. Dari hal ini kamu bisa melihat warna kendaraan, tahun pembuatan, nomor mesin, hingga pajaknya sudah dibayar atau belum bisa diketahui dengan sangat mudah.

Untuk mengetahui informasi detail mengenai plat nomor ini, kamu bisa melakukan pencarian melalui beberapa cara. Mulai dari cara mengecek plat nomor mobil melalui SMS, aplikasi dan website. Ketiganya dapat dijadikan sumber pencari informasi bagi kamu yang hendak mengecek informasi kendaraan. Sebelum dibahas secara detail ketiganya, ada baiknya kita bahas dulu satu persatu mengutip laman Carmudi Indonesia.

Cara Mengecek Plat Nomor Melalui SMS

Cara konvensional yang masih bisa dilakukan untuk mengecek plat nomor saat ini adalah dengan menggunakan SMS. Sayangnya, cara mengecek plat nomor menggunakan SMS ini hanya bisa dilakukan di beberapa kota saja. 

Alias belum semua kota mengaplikasikan hal tersebut. Ada beberapa kota besar yang mengaktifkan layanan ini. Mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Yogyakarta.

Berikut Cara Mengirimkan SMS Pengecekan Plat Nomor

Jakarta

Untuk area Jakarta, kamu bisa mengirimkan SMS ke 1717 dengan format Metro (spasi) nomor polisi yang ingin di cek. Biaya SMS-nya mencapai Rp 1000.

Jawa Barat

Sedangkan untuk Jawa Barat kamu bisa mengirimkan SMS dengan format INFO (spasi) Nomor Polisi (spasi) Warna Kendaraan. Misalnya INFO D1408MW Merah dan kirimkan SMS ke nomor 0811-211-9211.

Jawa Tengah

Lain lagi untuk kawasan Jawa Tengah. Untuk mengecek plat nomor kamu bisa mengirimkan SMS ke 9600 dengan format JATENG (spasi) Nomor Polisi yang dicari. Seperti contoh, JATENG H8765OK dan kirimkan ke 9600.

Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa Timur memiliki format SMS JATIM (spasi) Nomor Polisi. Contoh, JATIM L5648GW dan kirim ke 7070.

Kepulauan Riau

Untuk Kepulauan Riau, kamu bisa SMS ke 9969 dengan cara KEPRI (spasi) Nomor Polisi. Misalnya, KEPRI BP1234LO.

Yogyakarta

Bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta, kamu bisa mengirimkan SMS ke 9600. Formatnya DIY (spasi) Plat Nomor. Contoh, DIY AB4567GO dan kirim ke 9600.

 

Provinsi  Formas SMS 
DKI Jakarta  Ketik: METRO(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 1717

Jawa Barat Ketik: INFO(spasi)Nomor Polisi(spasi)Warna Kendaraan 

Kirim: 0811-211-9211

Jawa Tengah  Ketik: JATENG(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9600

Jawa Timur Ketik: JATIM(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 7070

Kepulauan Riau  Ketik: KEPRI(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9969

Yogyakarta Ketik: DIY(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9600

Cara Cek Plat Nomor Mobil Melalui Aplikasi

Cara kedua yang bisa dilakukan selain mengecek plat nomor mobil dengan SMS adalah dengan aplikasi. Kamu bisa melakukan pencarian dan pengecekan plat nomor mobil dengan membuka beberapa aplikasi. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Ada beberapa hal yang harus kalian tahu mengenai aplikasi ini. Aplikasi ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk melakukan pengecekan plat nomor saja. Tapi aplikasi ini juga bisa digunakan secara umum untuk keperluan pelayanan pajak kendaraan di beberapa daerah.

Uniknya, aplikasi ini tidak bisa digunakan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Melainkan beberapa kota atau daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda. Mungkin untuk lebih memudahkan pencarian dari suatu daerah juga kali ya. Tapi, kamu tetap bisa menggunakan beberapa aplikasi ini untuk melakukan pengecekan plat nomor.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mengecek plat nomor:

 

Provinsi  Aplikasi 
DKI Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG 
Jawa Timur  E-SMART SAMSAT JATIM 
Yogyakarta PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA
Aceh PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Kepulauan Riau ESamsat KEPRI
Sumatera Selatan  e-Dempo Samsat Sumatera Selatan
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Sulawesi Selatan  e-LANTAS SULSEL
Pontianak Samsat Pontianak 
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara 
Kalimantan Tengah  RC Polda Kalimantan Tengah 
Nusa Tenggara Barat  SAMSAT DELIVERY

 

Cara cek plat kendaraan lewat situs resmi 

Cara terakhir yaitu bisa dilakukan di website resmi polisi maupun provinsi setempat. Cara ini sama mudahnya dengan kedua cara sebelumnya, bahkan bisa dibilang paling mudah, karena tinggal buka website, masukkan nomor polisi kendaraan, selesai deh. 

Berikut ini, situs yang bisa kamu kunjungi untuk cek nomor polisi kendaraan sesuai dengan provinsinya. 

Provinsi  Website 
DKI Jakarta  http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
Jawa Barat  https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
Jawa Tengah  http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur  https://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakarta  http://infonjkbdiy.com/
Aceh  http://esamsat.acehprov.go.id/
Kepulauan Riau  http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
Bali  https://portal.bpdbali.id/infosamsat/

 

Itulah tiga cara cek plat nomor kendaraan yang bisa kamu lakukan. Tapi sayangnya masih banyak ditemukan ketidakakuratan data di lapangan. Misalnya ketika mobil telah berpindah tangan dan ganti pemilik, tapi di daftar aplikasi atau situs pengecekan masih atas nama pemilik yang sebelumnya. Untuk informasi yang lebih akurat, kamu bisa langsung mendatangi kantor Samsat tujuan. (Editor: Winda Destiana Putri).