Panduan Beli Rumah Pertama Supaya Tidak Salah Pilih

Jual Beli Rumah

Kesanggupan membeli rumah impian menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Pasalnya, tidak mudah untuk mendapatkan rumah ideal dengan lingkungan yang nyaman dan terutama dengan harga yang sesuai anggaran.

Untuk itulah, artikel ini akan menjadi panduan praktis bagi Anda dalam membeli rumah pertama. Tidak cuma bisa membeli, Anda pun bisa mendapatkan kriteria rumah yang diinginkan.

Persiapan untuk Beli Rumah

Persiapan Beli Rumah

Sebelum membeli rumah, Anda perlu memperhatikan riwayat serta legalitas tanah pada rumah tersebut. Caranya dengan mengecek ke lembaga berwenang. Hal ini dilakukan untuk menghindari sengketa setelah rumah berdiri.

Yang paling penting adalah harga yang ditawarkan terjangkau dan masuk akal. Pertimbangkan mulai dari akses transportasi, fasilitas, keamanan serta kondisi lingkungan masyarakat di sekitar rumah.

Hal-hal tersebut penting untuk dipertimbangkan mengingat rumah yang akan Anda tempati akan menjadi tempat berlindung dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu pada prosesnya nanti, Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya, Anda bisa menentukan dahulu jenis atau tipe rumah yang diinginkan dan disesuaikan dengan kemampuan finansial. Di sini kita perlu menekankan perbandingan besaran penghasilan tetap dengan bayangan ukuran rumah yang mau dibeli.

Cakupan Biaya untuk Beli Rumah

Biaya Membeli Rumah

Biaya membeli rumah memang semakin tinggi seiring meningkatnya tingkat inflasi setiap tahun. Tidak heran jika sebagian orang kesulitan untuk membeli rumah.

Harga rumah juga dipengaruhi oleh lokasi perumahan, harga tanah, harga bangun rumah serta legalitas perumahan. Untuk rumah yang sudah memiliki IMB dan Sertifikat Hak Milik (SHM) pasti berharga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang belum memiliki legalitas dari pemerintah.

Berikut ini adalah estimasi biaya membeli rumah berdasarkan tipe dan jenisnya di wilayah JABODETABEK:

  • Tipe Rumah 21/24 Rp100 juta
  • Tipe Rumah 36 Rp200 Juta
  • Tipe Rumah 45 Rp500 Juta
  • Tipe Rumah 54 Rp600 Juta
  • Tipe Rumah 60 Rp700 Juta
  • Tipe Rumah 70 Rp800 Juta
  • Tipe Rumah 120 Rp1,5 Miliar

Cara Pembayaran saat Beli Rumah

Cara Pembayaran Pembelian Rumah

Membeli rumah bisa dilakukan dengan beberapa metode pembayaran, seperti:

  • Tunai.
  • Tunai bertahap.
  • KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).
  • Over kredit (Pengambilalihan KPR).

Jika Anda melakukan pembayaran secara tunai, tidak perlu lagi menyiapkan uang muka. Anda hanya perlu membayar secara langsung harga rumah beserta dengan biaya administrasi lainnya.

Sementara untuk pembayaran dengan metode kredit, bank pemberi kredit biasanya mensyaratkan pelunasan uang muka. Barulah sisanya akan dibayarkan oleh bank kepada pihak pengembang.

Untuk mendapatkan kemudahan kredit kepemilikan rumah pun tidak mudah. Karena ada syarat dan ketentuan yang perlu Anda penuhi. Salah satunya adalah kemampuan finansial Anda. Bank akan melakukan pengecekan riwayat keuangan Anda untuk memastikan bahwa calon nasabahnya memang layak mendapatkan pembiayaan KPR.

Pada umumnya, bank akan mengabulkan permohonan KPR apabila jumlah cicilannya tidak melebihi sepertiga dari penghasilan Anda per bulan.

Sebagai contoh, jika cicilan rumah sebesar Rp4 juta per bulan, maka pendapatan Anda logikanya tiga kali lipat dari jumlah cicilan yang dibayarkan perbulan. Setidaknya gaji Anda per bulan di kisaran angka Rp12 juta-Rp15 juta per bulan.

Rumah Baru vs Rumah Bekas

Rumah Baru vs Rumah Bekas

Soal biaya, Anda juga bisa mempertimbangkan antara membeli rumah baru atau rumah bekas. Tidak ada yang salah dengan membeli rumah bekas selama bangunan rumah tersebut masih layak serta aman untuk ditempati.

Namun, pertimbangkan juga bahwa rumah bekas biasanya membutuhkan anggaran perbaikan dan perawatan sebelum ditempati. Belum lagi dengan desain rumah yang belum tentu sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan pribadi.

Akan tetapi, hal tersebut bisa disiasati dengan perencanaan keuangan yang baik. Misalnya Anda sudah menyewa tukang yang bisa memperbaiki rumah dengan bujet yang sesuai. Soal desain pun bisa disiasati dengan dekorasi yang cantik sehingga bisa diterima sesuai dengan keinginan.

Itulah panduan singkat beli rumah untuk pertama kalinya. Menemukan rumah idaman ibarat mencari seorang jodoh yang ideal. Ada banyak faktor-faktor latar belakang yang perlu dipertimbangkan, seperti urusan legalitas, kondisi lingkungan, dan material bangunannya. Diskusikan dengan orang yang Anda percaya agar bisa mendapatkan harga rumah yang sesuai.  

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →