Benci Sama Hari Senin? Begini Lima Cara Semangat Menghadapinya

Hari Senin gak selalu buruk (Shutterstock).

Siapa sih yang suka sama hari Senin? Rata-rata para pekerja bahkan pelajar sekalipun pada benci untuk memulai aktivitasnya di hari yang satu itu. Bawaannya malas keluar rumah untuk mengawali minggu baru. Kalau di luar negeri kondisi ini disebut dengan sindrom ‘Monday Blues’. 

Berbagai alasan ilmiah pun telah dikemukakan oleh para peneliti terkait sindrom ini. Mereka melihat bahwa penyebab utamanya adalah gara-gara transisi dari weekend ke weekdays

Dikutip dari Tinypulse setidaknya ada tiga alasan kenapa banyak orang gak senang ketemu Senin. Pertama, pola tidur weekdays dan weekend berubah. Kalau weekdays terbiasa tidur teratur sekitar 8 jam, tapi ketika weekend jam tidur sedikit berubah begadang dan bangun siang. 

Kedua, adanya perubahan emosional berkaitan dengan aktivitas. Hari Sabtu dan Minggu merupakan hari bebas yang biasanya diisi dengan bersenang-senang, tapi tiba-tiba harus memikirkan tentang pekerjaan di Senin. 

Ketiga, terlalu bersenang-senang di akhir pekannya juga menjadi salah satu penyebabnya. Misalnya di akhir pekan kalian isi sepenuhnya untuk berwisata ke luar kota atau ke luar negeri. Sampai sulit untuk move on, alhasil malas deh berangkat kerja Senin. 

Nah kali ini, kita mau kasih tips bagaimana caranya menghadapi awal minggu supaya lebih semangat lagi. Karena bagaimanapun juga, hari Senin harus kamu hadapi dan lalui. 

1. Kerjakan tugas hari Senin di hari Jumat

Hari Senin
Kerjakan tugas tepat waktu (Shutterstock).

Ketika kamu mengidap sindrom Monday Blues, rasanya malas banget untuk melakukan aktivitas kerja di hari Senin. Penginnya kerja santai aja sampai jam pulang tiba. 

Nah kamu bisa kok bersantai-santai di Senin. Caranya adalah dengan mempersiapkan segalanya yang dibutuhkan di Senin pada hari Jumat. Misalnya ada rapat atau ada pertemuan apa, kamu bisa menyiapkan materinya sebelum liburan akhir pekan. Jadi pada saat Senin tiba, kamu gak kaget lagi. 

Atau kalau kira-kira tugas Senin buatmu sudah ada, mending selesaikan langsung aja di hari Jumat. Dengan cara itu bikin Sabtu Minggumu lebih tenang dan melalui Senin dengan santai. Bisa sarapan dan ngopi-ngopi dulu deh paginya.

2. Istirahat dengan baik di hari Minggu 

Hari Senin
Istirahat dengan baik di hari Minggu (Shutterstock).

Akhir pekan Sabtu Minggu selalu diisi dengan hal-hal yang serba menyenangkan, entah itu berkumpul sama keluarga, pergi jalan-jalan, atau santai-santai seadanya. Tapi kecenderungan yang terjadi adalah kamu bakalan tidur lebih larut dan bangun lebih siang. 

Ketika Minggu tiba, usahakan malamnya kamu kembalikan pola tidur seperti hari-hari kerja. Misalnya, mulai tidur jam 9 malam dan bangun jam 5-6 pagi. Jadi meskipun kamu benci banget nih sama hari Senin, paling gak, kamu memulainya dengan energi yang penuh. 

3. Buatlah hari Seninmu spesial 

Hari Senin
Buat hari Senin berkualitas (Shutterstock).

Merubah hari Senin yang menyebalkan, menjadi hari yang paling dinanti-nanti bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan mengagendakan sesuatu yang spesial yang bahkan gak kamu lakukan di hari-hari lainnya. 

Bisa dengan cara makan siang di tempat mewah, nongkrong bareng teman-teman lama sepulang kerja, atau makan bareng keluarga. 

4. Ubah persepsimu tentang Senin 

Hari Senin
Ubah persepsi tentang Senin (Shutterstock).

Sebagian besar orang beranggapan kalau hari Senin itu sangat menakutkan padahal ketemu aja belum. Ada yang mikir bakal ketemu atasan yang galak, bakal dikasih banyak tugas, ketemu klien yang rese, dan alasan lain yang menguatkan persepsi itu. 

Pikiran-pikiran ini harus segera diubah, karena pada kenyataannya, gak setiap Senin itu menakutkan kok. Kadang-kadang kamu bisa mengawali minggu dengan pekerjaan yang super santai, atasan gak masuk kerja, atau klien yang berhalangan hadir. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Ingat Senin cuma 24 jam!  

Hari Senin
Satu hari hanya 24 jam (Shutterstock).

Ingat Senin itu cuma 24 jam, sama dengan hari-hari lainnya. Jadi gak ada alasan kamu buat takut ketemu sama hari yang satu ini. Lagian, jam kerjanya juga sama aja, sama-sama 8 jam. Kalau misalnya jam kerja Senin jadi 12 jam, baru deh kamu wajar buat malas-malasan. Bisa lah dilalui cuma 8 jam doang, sama kaya Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat. 

Kelima cara ini mungkin gak bisa sepenuhnya mengobati kebencianmu sama hari Senin. Tapi paling gak bisa mengurangi sedikit perasaan malasmu ketika memulai minggu yang baru. Sebagai pekerja, hari apapun, Senin-Jumat kamu harus bersikap profesional, gak ada kata malas! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →