Biaya dan Rekomendasi Bengkel Spesialis Airbag Lengkap!

bengkel spesialis airbag

Mengetahui bengkel spesialis airbag sama pentingnya dengan adanya airbag itu sendiri di kendaraan. Sebab, airbag mobil adalah salah satu fitur keselamatan saat berkendara yang berfungsi untuk meminimalisir cedera.

Selain itu, peranan airbag juga penting sebagai pelindung saat terjadi kecelakaan yang menimbulkan benturan keras. 

Cara kerja airbag berdasar pada sensor dan sinyal. Jadi, saat mobil mengalami kecelakaan dan terjadi benturan yang keras, sensor pun akan menyala dan mengirimkan sinyal pada airbag untuk mengembang. 

Setelah digunakan sekali waktu itu, maka kamu perlu memperbaiki airbag tersebut. Sebab, airbag telah mengembang dan meledak saat terjadinya benturan keras atau kecelakaan. 

Demikian, fungsi dari airbag sangat vital untuk mobil, lalu berapa biaya servis airbag dan rekomendasi bengkel spesialis airbag? Simak ulasannya di bawah ini!

Biaya servis airbag 

Mobil yang telah mengalami kecelakaan atau benturan keras akan membuat airbag memngembang dan perlu diperbaiki. Namun, tidak semua komponen yang berkaitan dengan airbag dapat diperbaiki dan justru harus diganti. 

Beberapa komponen airbag dan mobil yang masih dapat diperbaiki, yaitu sensor airbag, modul air bag, dan cover setir serta dasbor. 

Sedangkan, komponen airbag dan bagian mobil yang tidak dapat diperbaiki setelah airbag mengembang adalah pretensioner seatbelt, balon airbag, dan inflator airbag. 

Biaya perbaikan airbag sangat beragam. Ada yang dapat dihitung dari biaya per komponennya saja, tetapi ada pula yang membandrolnya dengan jumlah keseluruhan perbaikan. 

Jika dihitung berdasarkan pada satu komponen, penggantian airbag pengemudi berada pada kisaran Rp7 juta rupiah, airbag penumpang depan Rp14 juta, Electronic Control Unit (ECU) Rp2,35 juta, dan sensor airbag Rp470.000. 

Namun, bila ingin cara praktis, kamu dapat mengetahui biaya perbaikan airbag secara keseluruhan berdasarkan jenis mobilnya. Untuk mobil compact car dan LMV. seperti harga airbag mobil Avanza dan Honda Brio berada pada kisaran Rp6 juta. 

Kemudian, untuk mobil medium seperti Toyota Innova dan Honda CR-V berada pada kisaran Rp8,5 juta. Sedangkan, mobil jenis kelas premium dapat mencapai lebih dari Rp20 juta. 

Penyebab airbag tidak berfungsi

Sebagai fitur keselamatan pasif untuk pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan, pada beberapa kasus airbag tidak berfungsi. 

Padahal airbag termasuk dalam teknologi keamanan tingkat tinggi yang canggih dan otomatis mengembang saat terjadi benturan keras. 

Lalu, mengapa pada beberapa kondisi airbag tidak mengembang dan berfungsi sebagaimana mestinya? Berikut penyebab airbag tidak berfungsi pada mobil: 

Menabrak benda bergeser 

Sistem airbag modern telah dirancang untuk bisa terintegrasi dengan sistem kelistrikan mobil. Dengan begitu, cara kerjanya berfungsi secara elektronis. 

Jadi, airbag dapat berfungsi jika ada sinyal listrik yang mengalirinya. Sinyal listrik itu didapatkan dari sensor yang memiliki tugas memantau benturan pada bagian bodi mobil. 

Umumnya, penempatan sensor airbag terletak pada bagian dalam bumper kiri dan kanan serta di bawah dashboard. Dari ketiga sensor itu, airbag akan mengembang jika salah satu sensor mendeteksi terjadinya benturan. 

Namun, pada beberapa kasus airbag bisa saja tidak mengembang. Seperti saat menabrak benda bergeser. 

Saat menabrak benda yang bergeser, maka energi yang diterima tidak akan cukup kuat untuk menghidupkan sensor yang kemudian mengembangkan airbag. 

Tabrakan dari bagian belakang 

Benturan keras yang mengenai belakang dan samping serta kendaraan yang terguling tidak akan membuat sensor airbag menyala. 

Hal itu disebabkan yang oleh kondisi, di mana pada saat terjadi kecelakan seperti itu yang dibutuhkan adalah sabuk keselamatan dan sandaran kepala bukan airbag. 

Tipe kecelakaan-kecelakaan tersebut membutuhkan sabuk keselamatan dan sandaran kepala dengan maksud menjaga bagian tubuh dan leher tidak terlempar jauh. 

Menabrak pada bagian tengah 

Penyebab lainnya dari airbag tidak berfungsi adalah dikarenakan kendaraan yang menabrak pada bagian tengah. Hal tersebut disebabkan oleh letak sensor yang berada di depan kanan dan kri, buka di bagian tengah. 

Jika tabrakan terjadi dari depan dengan arah miring ke kiri atau kanan kendaraan dan sudut diatas 30 derajat, maka sensor tidak akan berfungsi untuk mengembangkan airbag. 

Penggantian setir 

Mengganti setir mobil lama yang sudah kusam untuk kenyamanan tentu tidak menjadi hal yang salah. Namun, pastikan saat melakukan penggantian itu kendaraan kamu ditangani oleh teknisi profesional. 

Sebab, jika hanya asal diganti dan tidak berhati-hati atau ditangani oleh yang tidak paham maka mungkin saja terjadi kerusakan yang berujung pada tidak berfungsinya airbag. 

Berubah jalur listrik 

Melakukan pengubahan sistem kelistrikan pada mobil karena menganggap ada sesuatu yang error hingga mengganti dan memodifikasi aksesoris dapat berimbas dengan tidak berfungsi airbag pada mobil. 

Oleh karena itu, bila kamu merasa ada kerusakan atau tidak menambahkan aksesoris mobil alangkah lebih baik jika membawa kendaraan ke bengkel dan ditangani ahlinya. 

Rekomendasi bengkel spesialis airbag Jakarta

Untuk kamu yang berada di wilayah Jakarta dan membutuhkan rekomendasi bengkel spesialis airbag, berikut daftarnya: 

Nama Bengkel Alamat No. Telepon 
Service Reparasi Airbag – PT Weng Fatt Indonesia Kompleks City Resort Residences Ruko Malibu blok J No. 2, RT 07/RW 14+622156944844
Belica Automotive SolutionJalan Serdang Baru XIII gang I no. 5, RT 17/RW05+6282113485502 
KJS Motor Jalan Duri Kosambi no.62, RT 03/RW01+6281510354184
BMW Eurokars Jalan Panjang no. 6 RT 11/RW11+622153580000

Tips dari Lifepal! Airbag yang sudah mengembang tentunya perlu diperbaiki untuk fitur keselamatan di masa mendatang. 

Seperti yang sebelumnya terjadi, kecelakaan atau terjadinya benturan keras dapat terjadi kapan dan di mana saja saat kamu tengah mengendarai mobil. Oleh karena itu, mempunyai asuransi mobil adalah sebuah keharusan. 

Dengan asuransi mobil yang tepat, kamu berhak mengklaim ganti rugi saat kendaraan mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, ada juga manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, kerusuhan,dan bencana alam.

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel.  Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan mengisi formulir di bawah ini. Dapatkan potongan harga khusus dan konsultasi gratis dengan agen asuransi terbaik kami. 

Pertanyaan seputar bengkel spesialis airbag

Saat terjadi kecelakaan, modul airbag masih bisa diperbaiki. Caranya dengan mereset modul airbag menggunakan alat pemrograman.

Selain itu modul airbag sendiri biasanya rusak dikarenakan air, seperti terendam banjir. Sedangkan untuk kecelakaan jarang menyebabkan kerusakan pada modul. Sebaiknya, kamu membawanya ke bengkel spesialis airbag terdekat

Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.