Rekomendasi Bengkel Spesialis Kelistrikan Mobil dan Biayanya

bengkel spesialis kelistrikan mobil

Banyak diandalkan untuk menyelesaikan berbagai masalah kelistrikan, berikut informasi yang tak boleh terlewat agar tak salah memilih bengkel spesialis kelistrikan mobil.

Selain bengkel untuk menangani permasalahan bodi dan mesin, hal yang patut dipahami dengan baik keberadaannya oleh pemilik kendaraan beroda empat di antaranya bengkel spesialis kelistrikan mobil. Mengapa sangat penting?

Tak seperti motor yang sistem kelistrikannya lebih sederhana, sistem kelistrikan mobil cukup rumit karena memiliki berbagai macam sistem di dalamnya. Adapun sistem-sistem tersebut terdiri dari sistem starter, pengapian, pengisian, lampu peringatan dan lampu indikator kesalahan, supply arus, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, belum banyak orang mengetahui dengan baik jika deretan permasalahan tersebut tidak bisa diatasi pada bengkel umum yang tidak memiliki tenaga montir atau mekanik khusus di bidang satu ini. Lantas, apa yang membedakan bengkel biasa dengan bengkel spesialis kelistrikan mobil?

Mengenal Sistem Kelistrikan Mobil

Sebelum mengetahui daftar bengkel spesialis kelistrikan mobil, sebaiknya pahami dulu apa itu sistem kelistrikan mobil. Sistem ini merupakan rangkaian komponen penyedia daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin, lampu, dan beragam perangkat listrik untuk kendaraan roda empat. 

Sistem kelistrikan kendaraan roda empat terdiri dari beberapa komponen utama, mulai dari baterai, alternator, dan sebagainya. Setiap komponen itu memiliki peran masing-masing untuk memberi daya pada kendaraan, jika tidak berfungsi baik maka kendaraan tidak dapat dihidupkan. 

Adapun sistem ini mengoperasikan berbagai komponen dalam kendaraan, yaitu sistem starter, lampu, sistem pengapian, pengisian, audio, supply arus, dan sebagainya. Karena sangat spesifik, maka proses pengerjaannya harus dilakukan oleh montir atau mekanik khusus di bidang ini.

Selain harus dikerjakan oleh mekanik khusus kelistrikan mobil, tentu saja pemilik asuransi dapat meminta proses pengerjaan di bengkel rekanan. Untuk mengetahui daftar bengkel rekanannya, klik di sini!

Yang Diperiksa di Bengkel Spesialis Kelistrikan Mobil

Bengkel kelistrikan mobil adalah tempat untuk melakukan perbaikan terhadap segala macam keluhan seputar kelistrikan mobil. Keberadaannya sendiri cukup langka, sebab kebanyakan bengkel biasa hanya menawarkan jasa servis, ganti oli, sampai rekondisi komponen di luar kelistrikan.

Berbeda dengan bengkel kelistrikan yang spesialisasi sistem kelistrikan mobil, mekanik yang mengerjakannya pun harus handal soal kelistrikan. Karena itu, jika pemilik kendaraan atau pengendara mengalami keluhan pada sistem kelistrikan mobil seperti aki soak, lampu indikator tidak menyala, sampai kelistrikan tidak stabil, maka harus segera membawa mobil ke bengkel kelistrikan mobil bukan bengkel biasa.

Lantas, apa saja komponen yang bakal bengkel kelistrikan mobil cek?

Hal tersebut tentu tergantung dari jenis kerusakan yang konsumen alami atau keluhkan. Tapi biasanya jika melakukan pemeriksaan rutin kelistrikan secara menyeluruh, komponen yang biasanya mereka kontrol meliputi kondisi kabel-kabel beserta soketnya, sel aki yang memasok tenaga listrik, lampu indikator, dan sistem starter.

Untuk lebih detail, berikut beberapa jenis pengecekan yang biasanya bengkel spesialis kelistrikan mobil lakukan:

Lampu indikator 

Lampu peringatan atau lampu indikator akan menyala jika terdeteksi ada gangguan pada mobil baik mesin sampai sistem kelistrikannya. Biasanya lampu indikator ini terdiri dari berbagai tipe, seperti lampu check engine dan aki yang merupakan lampu indikator yang paling krusial.

Jika lampu menyala terus, tapi tak ada gejala apa-apa, kemungkinan sensornya yang sudah rusak. Di bengkel kelistrikan mobil, pemeriksaan bisa berdasarkan lampu indikator yang menyala.

Sistem starter

Sistem ini merupakan adalah rangkaian kelistrikan pada mobil yang berfungsi saat menyalakan mesin. Sistem starter mobil mengandalkan tenaga listrik untuk bisa memicu proses pembakaran di dalam mesin. 

Kalau sistem ini bermasalah, otomatis mesin mobil tidak akan bisa nyala. Bengkel akan memeriksa beberapa komponen, mulai dari sistem starter oleh bengkel kelistrikan adalah motor starter, baterai (aki), kunci kontak, tombol starter, dan sirkuit.

Sistem pengisian dan aki

Sistem pengisian berfungsi menggunakan alternator sebagai komponen utamanya. Alternator adalah komponen yang dapat mengubah gerakan rotasi menjadi energi listrik. 

Pemeriksaan daya dan kondisi aki juga akan bengkel kelistrikan mobil lakukan. Komponen inilah yang berperan penting dalam sistem kelistrikan.

Sistem pengapian

Sistem ini merupakan rangkaian mekatronika yang berfungsi menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dengan input rendah sehingga busi mengeluarkan percikan api untuk melanjutkan proses pembakaran. Mekanik di bengkel kelistrikan biasanya akan mengecek sistem pengapian sesuai dengan jenis dan tipe mobilnya.

Pengecekan kabel dan soket

Kondisi kabel serta soket pada mobil perlu menjadi perhatian. Sudah pasti hal ini akan menjadi pemeriksaan rutin yang bengkel kelistrikan lakukan untuk mencari penyebab dari keluhan yang muncul. 

Pemeriksaan kabel-kabel meliputi kabel distributor, kabel busi, kabel di ruang mesin, sampai kabel aki yang paling berperan dalam sistem kelistrikan mobil. Jika kondisi kabel terkelupas, tersumbat atau robek, tentu bengkel kelistrikan akan langsung menggantinya karena bisa memicu korsleting bahkan kebakaran mobil.

Rekomendasi Bengkel Spesialis Kelistrikan Mobil Terdekat

Jika kamu memang sedang mencari bengkel kelistrikan mobil, berikut ini beberapa rekomendasi bengkel spesialis kelistrikan mobil dengan rating tinggi di Google yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

  1. Bengkel Jaya Motor Kelistrikan

  • Alamat: Komplek Jati Padang Baru, Blok H, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Nomor telepon: 0812-1391-9517
    1. Bonspeed77

  • Alamat: Kios Pasar Prumpung No 1, Jalan Cipinang Besar No 75, Jakarta Timur
  • Nomor telepon: 0856-8210-063
    1. BRN Technical

  • Alamat: Jalan Siaga Nomor 21, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Nomor telepon: 0813-2345-1515
    1. Berkat Motor

  • Alamat: Jalan Sumur Batu Raya Nomor 2B, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat
  • Nomor telepon: (021) 42875650
    1. Ronal Jaya Dynamo Service

  • Alamat: Jalan Balap Sepeda Nomor 8, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Nomor telepon: 0812-8455-404
    1. Saluyu Dynamo

  • Alamat: Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Nomor telepon: 0812-1898-8386
    1. W9 – Jelambar

  • Alamat: Jalan Widara Raya Nomor 38 D-E, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
  • Nomor telepon: 0853-1111-3369
    1. Bengkel Dinamo Pasar Minggu Arif Karya Teknik

  • Alamat: Jalan Pejaten Raya Nomor 39 B, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Nomor telepon: 0878-8186-9192
    1. Boby Project Fullwave

  • Alamat: Komplek Karang Tengah Permai, Jalan Garuda TA1/13 B, Ciledug, Tangerang, Banten
  • Nomor telepon: 0895-0854-1022
    1. Galeri Alternator

  • Alamat: Jalan H. Nawi Raya Nomor 22i, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Nomor telepon: (021) 72796329
  • Biaya Service Kelistrikan Mobil

    Hampir sebagian besar bengkel spesialis kelistrikan mobil yang ada biasanya sudah memiliki pelayanan ekstra, yakni berupa penjemputan bila mobil yang bermasalah berada di kondisi mogok atau berhenti total.

    Jika tidak memungkinkan untuk dijemput ke bengkel resmi, tak sedikit juga bengkel spesialis kelistrikan yang sudah memiliki layanan untuk melakukan servis rumahan dalam arti kata langsung datang ke rumah pemilik mobil.

    Dengan pelayanan seperti itu, berapa biaya yang biasanya harus pemilik kendaraan keluarkan jika ingin memakai jasa bengkel spesialis kelistrikan?

    Secara umum, rata-rata bengkel spesialis kelistrikan mematok harga Rp350 ribu untuk keseluruhan layanan service yang mereka berikan. Namun, harga tersebut tentu bisa bertambah jika ada komponen yang rusak dan harus ditindaklanjuti dengan adanya penggantian komponen baru.

    Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi mobil bisa membantumu terhindar dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak terduga. 

    Asuransi ini merupakan produk pengelolaan keuangan yang menjamin risiko-risiko seperti biaya perawatan dan perbaikan akibat kerusakan kecil maupun total. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya bengkel, dana tabungan dan investasi pun jadi aman.

    Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. Selain bisa berkonsultasi dan bertanya tentang kendaraanmu, bengkel mobil rekanan juga bisa diandalkan karena biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel dengan reputasi baik sebagai rekanannya. 

    Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

    Manfaatkan Asuransi Mobil sebagai Perlindungan Terbaik

    Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga!

    Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu nantinya. Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

    Ikuti kuis asuransi mobil Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    FAQ Seputar Bengkel Spesialis Kelistrikan Mobil

     
    Bengkel kelistrikan mobil adalah tempat untuk melakukan perbaikan terhadap segala macam keluhan seputar kelistrikan mobil.

    Keberadaannya sendiri cukup langka, sebab kebanyakan bengkel biasa hanya menawarkan jasa servis, ganti oli, sampai rekondisi komponen di luar kelistrikan.

    Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu.

    Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

    Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

    Tanya Lifepal untuk mendapatkan referensi produk asuransi di Indonesia.