Heboh soal Stuntman Jokowi, Berapa Sih Gaji Pemeran Pengganti?

Dalam video Asian Games, Joko Widodo (Jokowi) menggunakan stuntman alias pemeran pengganti buat adegan yang cukup berbahaya. Pasalnya, Presiden RI itu harus melompat tinggi menggunakan motor gede. Gak mungkin kan presiden menempatkan diri dalam situasi cukup berbahaya tersebut. Maka dari itu, stuntman pasti ada.

Stuntman emang udah terbiasa menempatkan diri mereka buat beberapa situasi berbahaya dalam adegan. Soalnya mereka emang profesional di bidang tersebut. Contoh aja, stuntman biasanya menggantikan pemeran utama buat adegan kebut-kebutan, menerjang api, dan bahkan melompat gedung tinggi.

View this post on Instagram

Siapa yang menerbangkan sepeda motor Paspampres, meliuk-liuk di tengah kemacetan, mengerem mendadak dengan gaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, semalam? Hehehe. Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira, bahwa acara pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Utama GBK tadi malam berlangsung meriah dan lancar. Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962. Kita bangga dengan kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Nah, bicara soal pemeran pengganti buat adegan berbahaya tersebut pasti bikin penasaran berapa sih gaji stuntman?

Buat stunt Asian Games tempo hari emang gak informasi terbuka soal berapa gaji pemeran pengganti Presiden Jokowi tersebut. Namun, gaji-gaji para stuntman yang udah terkenal di Hollywood dan Indonesia bisa jadi gambaran.

Gaji Stuntman di Film-film Hollywood

Bisa dibilang Hollywood memberikan penghasilan paling tinggi buat para stuntman. Beberapa judul film Hollywood terbukti kasih gaji sangat tinggi buat para stuntman tersebut.

Berdasarkan informasi dari The Hollywood Reporter 2014, rata-rata gaji stuntman di Hollywood berkisar di angka US$ 50 ribu atau sekitar Rp 725 juta sampai US$ 1 juta atau Rp 14,5 miliar setiap tahunnya.

Malah, ada beberapa film yang berani kasih angka yang fantastis buat stuntman-stuntman ini. Berikut beberapa contohnya:

1. Ben-Hur

“Ben-Hur” yang dirilis tahun 1959 udah menggunakan stuntman buat beberapa adegan balapan kereta kuda di film tersebut. Pemeran pengganti buat film tersebut habiskan dana paling mahal di zamannya, yaitu sampai dengan US$ 4 juta buat adegan tersebut doang.

2. The Dark Knight

https://www.instagram.com/p/Bj7Qu0zgJsk/?tagged=thedarknightrises

Tom McComas, Stuntman “The Dark Knight” menghasilkan US$ 500 ribu setahun. Di beberapa adegan film tersebut yang gunakan stuntman, produser harus gelontorkan dana sampai US$ 257 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun.

Tom McComas cukup terkenal sebagai stuntman di Hollywood. Gak cuma “The Dark Knight” aja, dia juga berperan dalam franchise “Mission Impossible”.

3. James Bond: The Spy Who Loved Me

Film “James Bond: The Spy Who Loved Me” boleh jadi dirilis udah lama banget, yaitu tahun 1977. Namun, bayaran buat stuntman di salah satu adegan film tersebut terbilang sangat mahal yaitu US$ 30 ribu!

Fantastis kan gaji seorang stuntman? Itu tadi di Hollywood. Gimana sih gaji para pemeran pengganti ini di film-film Indonesia?

Gaji Stuntman di Indonesia Masih Cukup Miris

Sayangnya, stuntman di Indonesia masih terbilang “kurang” dihargai. Pasalnya, bayaran pemeran pengganti buat adegan berbahaya di film-film Indonesia terbilang cukup kecil, lho.

Dilansir dari wawancara Tirto dengan salah satu stuntman Indonesia, bayaran pemeran pengganti di film Indonesia masih berkisar di harga Rp 30 ribu sampai Rp 70 ribu per hari. Duh!

Meski demikian, bila seorang stuntman bekerja sama dengan PH besar yang emang memiliki passion di film laga atau aksi maka bayarannya bisa memuaskan. Contoh, buat film “The Raid” dan “Headshot”, stuntman buat film tersebut dibayar sesuai dengan adegannya yang berisiko besar plus dilengkapi keamanan tinggi pula.

Udeh, salah satu stuntman buat film “The Raid 2” dapat bayaran layak yaitu Rp 50 juta sampai Rp 60 juta lewat film tersebut.

Tertarik buat jadi seorang stuntman? Semoga ke depannya pemeran pengganti yang gak tampak di film ini benar-benar dapat bayaran yang semakin layak ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →