5 Tantangan yang Wajib Kamu Hadapi Saat Pengin Berhemat, Gak Susah Kok!

Kondisi finansial yang tidak menentu setiap harinya membuat kamu wajib berhemat (Shutterstock).

Kondisi finansial yang tidak menentu setiap harinya membuat kamu wajib berhemat (Shutterstock).

Kondisi finansial yang tidak menentu setiap harinya membuat kamu wajib berhemat. Terlebih jika kamu baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja, dimana tidak ada pemasukan selanjutnya di akan datang. 

Tentu, sambil menunggu pekerjaan baru kamu pasti akan melakukan penghematan ekstra. Mulai dari menghentikan layanan televisi berbayar, keanggotaan gym, bahkan untuk makan pun kamu batasi. 

Meski membiasakan perilaku hemat sangat dianjurkan sejak lama, bukan berarti itu mudah untuk dilakukan lho! Di tengah perjalanan nanti kamu pasti akan menghadapi banyak tantangan. Seperti apa tantangan tersebut, mari kita simak ulasannya berikut ini. 

1. Diskon besar

Berhemat
Diskon besar-besaran (Shutterstock).

Saat sedang hemat, pasti ada saja merchant yang memberikan diskon gede-gedean. Apalagi jika itu adalah toko atau barang favorit kamu. Diskon merupakan musuh yang sudah sepatutnya kita hadapi dengan tegas. Karena ini sangat berbahaya bagi dompet dan kesehatan keuanganmu. 

Kamu harus kuat dengan godaan tersebut. Pikirkan lagi bagaimana hidup ke depan sebelum mendapatkan pekerjaan. Niscaya kamu akan terselamatkan dari cobaan potongan harga tersebut. 

2. Godaan hangout 

Berhemat
Kumpul bersama teman-teman (Shutterstock).

Sedang berhemat tapi mendadak mendapat tawaran hangout oleh teman masa kecil? Wah mau ditolak tapi ini momen yang tidak bisa terulang. Tetapi diterima pun udah pasti kamu bakal keluar banyak uang untuk jajan. 

Ada baiknya kamu menolak ajakan tersebut dengan berbagai alasan. Ceritakan saja kondisimu kalau perlu, mereka pasti akan mengerti. Ubah kebiasaan nongkrong tersebut dengan membaca buku di rumah, atau mendengarkan musik seharian. 

3. Bingung karena terlalu banyak di rumah

Berhemat
Bersantai di rumah (Shutterstock).

Awal-awal kamu akan merasa jenuh dan bosan dengan ritual penghematan ini. Mau makan pun kamu harus berpikir ulang atau mencari menu paling murah. Apalagi untuk ke mall, kamu pasti tidak bisa melakukan itu. 

Coba cari kegiatan baru agar bisa mengusir rasa jenuh tersebut. Tentunya kegiatan yang menyehatkan isi kantongmu ya! Seperti jalan-jalan sore sekitar komplek, itung-itung sambil jogging. Badan sehat, dompet apalagi kan?

4. Kerjakan pekerjaan rumah sendiri

Berhemat
Mengerjakan pekerjaan di rumah sendiri (Shutterstock).

Kamu pasti akan kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci kendaraan, beberes rumah atau menyapu pekarangan. Sangking sibuknya kamu bekerja, lupa mengerjakan pekerjaan remeh tersebut dan memilih untuk membayar orang. 

Nah, baru kena PHK gak mungkin dong untuk kamu kembali mempekerjakan orang untuk hal tersebut? Ada baiknya dikerjakan sendiri saja! Toh uangnya bisa kamu simpan sampai mendapatkan pekerjaan baru. Meski dirasa berat, tapi jika dijalani dengan ikhlas, semua akan terasa ringan kok! 

Meskipun tantangannya cukup banyak dan akan membuat kamu sedikit kesusahan, tapi kalau sudah terbiasa itu akan berjalan dengan baik. Sampai kamu gak sadar bahwa sedang menjalani proses berhemat. Semoga beruntung! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis