8 Aplikasi Kerja Online Sampingan Untuk Penghasilan Tambahan

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar

Meski sudah memiliki pekerjaan tetap, masih banyak orang yang mencari pekerjaan sampingan. Maklum saja jika hanya mengandalkan gaji setiap bulan, ada kalanya kebutuhan masih jauh lebih banyak dari yang didapat.

Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab pun juga ikut bertambah. Belum lagi kalau udah menikah. Kebutuhan yang sebelumnya gak pernah jadi tanggung jawab kini jadi tanggungan sepenuhnya. Termasuk juga kebutuhan akan asuransi, karena gimana pun kita butuh proteksi meski sudah menjaga kesehatan sebaik apa pun. Apalagi kalau kita punya pekerjaan sampingan lagi. Tapi, tenang, asuransi kesehatan di Lifepal murah, kok!

Emang benar kalau tiap tahun gaji itu naik. Tapi kalau naiknya masih belum bisa mengimbangi pengeluaran, ya mau gak mau mesti cari pemasukan tambahan dong. Ini masih belum memperhitungkan angka inflasi. Syukur-syukur angkanya stabil, gimana seandainya angka inflasi naik? Harga-harga barang kebutuhan juga ikut naik lho.

Pusingnya di sini nih kalau udah mulai hidup mandiri. Untungnya di era yang serba canggih ini melakukan kerja sampingan bukanlah perkara yang sulit. Dengan memanfaatkan smartphone, ada delapan aplikasi kerja online sampingan yang kamu bisa lakukan. Apa aja? Yuk disimak.

1. Survei online

Pernah dengar yang namanya paid to click? Ya, ini berlaku banget buat pekerjaan survei online. Pasalnya, dengan cuma mengisi survei, kamu bakal dapat bayaran. Menarik banget kan?

Udah gitu pekerjaan ini dijamin cocok banget deh buat kerja sampingan. Cukup bermodalkan smartphone, kamu udah bisa melakukan pekerjaan ini.

Cara ikutan survei online pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu melakukan registrasi untuk menjadi member, kemudian ikuti aturan main yang diberlakukan portal survei online.

Bicara penghasilan, kamu bisa memperolehnya asalkan udah mengumpulkan poin atau reward dari mengisi survei online. Semakin banyak poin atau reward yang kamu kumpulkan, semakin besar penghasilan yang didapat. Poin-poin yang kamu kumpulkan tersebut nantinya ditukarkan menjadi uang.

Ada beberapa portal survei online yang bisa kamu coba. Mulai dari ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, hingga SurveyOn.

2. Social media evaluator

social media platform

Terdengar asing dan baru? Tapi kalau kamu tahu penghasilan yang didapat dari pekerjaan ini, pasti kamu bakalan tergiur deh.

Emangnya seberapa besar penghasilan dari pekerjaan ini? Setiap kali menyelesaikan tugas dalam satu hari, kamu bakal dapat US$ 5 atau sekitar Rp 74 ribuan. Itu berarti sebulan kamu bisa dapat sekitar Rp 2,2 juta. Mantap banget kan kalau jadi kerja sampingan?

Terus kerjanya social media evaluator itu ngapain? Pada dasarnya, pekerjaan yang satu ini mewajibkan kamu menjawab sejumlah pertanyaan. Nah, pertanyaan-pertanyaan tersebut ada kaitannya dengan iklan-iklan yang tayang di media sosial.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikirimkan tiap harinya. Dalam satu hari, kamu harus menjawab 20 iklan beserta pertanyaan-pertanyaannya. Barulah kamu mendapat US$ 5 dari setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kepincut mau jadi social media evaluator? Coba manfaatkan aplikasi kerja online Appen. Di portal tersebut kamu bisa lakukan kerja sampingan dengan menjadi social media evaluator.

3. Smartphone photography

Dari namanya udah jelas dong kalau ini adalah pekerjaan yang dilakukan fotografer. Namun, gak seperti fotografer pada umumnya, pekerjaan ini mengandalkan smartphone bukan kamera buat mengambil gambar yang diinginkan.

Seperti yang kamu tahu, kamera-kamera yang tertanam di smartphone sekarang itu udah sedemikian canggih. Kualitas gambar yang ditampilkan udah gak perlu diragukan lagi. Ada yang hasilnya 11 12 dengan hasil jepretan kamera DSLR.

Terus apa untungnya menjadikan smartphone photography sebagai kerja sampingan? Gambar-gambar yang kamu hasilkan itu nantinya menjadi uang kalau kamu jual di agensi penjual gambar semisal Shutterstock, Stockfresh, Alamy, Fotolia, Dreamstime, hingga iStock.

4. Nonton video

Faktanya, ada platform yang berani bayar kalau kamu kerjanya cuma nonton video. Walaupun penghasilan yang didapat dari pekerjaan ini nilainya gak gede-gede amat, hitung-hitung lumayan buat jadi kerja sampingan.

Cara dapatkan uang dari nonton video ini mudah kok. Cukup registrasikan diri kamu kemudian ikuti mekanisme yang udah ditentukan. Ada beberapa platform yang bisa kamu coba. Mulai dari Paid2Youtube, You Cubez, SuccessBux, hingga Swagbucks.

Bayarannya berbeda-beda di tiap platform. Ada yang kasih bayaran US$ 0,005 per video, ada juga yang kasih bayaran US$ 0,001. Kecil sih emang. Tapi kalau video yang kamu tonton banyak, lumayan lho penghasilan yang kamu dapatkan nantinya.

5. Influencer media sosial

Media sosial juga bisa menjadi wadah untuk mendapatkan uang dari internet dengan mudah, salah satunya dengan menjadi seorang influencer. Mungkin kamu beranggapan menjadi influencer itu sulit karena memerlukan followers yang banyak. Padahal tidak demikian, lho. 

Selama akun media sosialmu aktif, kamu tetap bisa menjadi influencer dan dapat uang dari media sosial sekalipun followers-mu pas-pasan. Misalnya saja dengan ikut campaign tertentu yang biasanya satu posting dari kamu akan dihargai puluhan sampai ratusan ribu, lho! 

Kamu bisa mencari campaign dengan memanfaatkan hastag sesuatu dengan campaign yang pengin kamu ikuti. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi bernama Partipost. Kamu hanya perlu unduh dan instal aplikasi Partipost di ponselmu kemudian kamu sudah bisa mulai mengikuti campaign dari sebuah brand yang sedang berjalan.

Buatlah foto dan caption yang menarik agar orang tertarik datang ke akunmu. Jika dilakukan secara rutin, tak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi influencer yang profesional. Semuanya ini hanya membutuhkan ponselmu saja! 

6. Gamers online

Dari sekian banyak cara mendapatkan uang sampingan, bermain game penghasil uang mungkin jadi cara paling menarik. Apalagi saat ini ada beberapa games yang bisa dimainkan melalui ponsel yang ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, lho!

Salah satu games terkenal yang bisa dimainkan di ponselmu adalah Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG), Clash Royale dan Mobile Legends. Ada beragam cara mendapatkan uang dari permainan ini yang sudah dicoba oleh banyak orang, salah satunya dengan mengikuti turnamen. 

Pada Desember lalu, turnamen Clash Royale League Worlds 2019 yang digelar di Los Angeles memperebutkan total hadiah sebesar $400 ribu atau sekitar Rp5,6 miliar. Tertarik jadi gamers profesional?

7. Dropshipper   

kerja sampingan dropship

Buat kamu yang punya skill marketing yang tinggi tapi enggan berwirausaha karena nggak mau ribet atau nggak punya modal, bisa banget mencoba model bisnis dropshipper

Sekilas dropshipper mirip dengan reseller yang menjual barang dari supplier ke pembeli. Bedanya bisnis dropship jauh lebih praktis dan fleksibel daripada reseller. Jika reseller mengharuskan membeli sejumlah barang dengan harga lebih murah, dropshipper tidaklah demikian. 

Bisnis ini hampir tanpa modal karena kamu tak perlu menyetok barang dagangan, tak perlu menyewa gudang, tak usah juga membuat packaging, maupun menghitung ongkos kirim. Hanya mencari pembeli saja, lalu semua proses pengemasan hingga barang tiba di konsumen diurus oleh supplier. Dan semua bisa dilakukan hanya dengan ponsel dan koneksi internetmu.

Salah satu aplikasi kerja online yang menyediakan jasa dagang dropshipper adalah Tokopedia. Kamu bisa unduh aplikasinya dan mendaftar gratis.

8. Jualan pulsa  

Siapa bilang berjualan pulsa di era menjamurnya teknologi masih nggak zaman? Meskipun sekarang beli pulsa semakin mudah berkat hadirnya e-commerce, tapi berjualan pulsa secara langsung masih dibutuhkan terutama oleh mereka yang tidak terlalu mengerti teknologi.

Apalagi bisnis pulsa tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan dengan Rp100.000 saja, kamu pun sudah bisa memulai usaha tersebut. Memang keuntungan dari bisnis pulsa tidak bisa dikatakan besar jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, tapi bisnis pulsa ini sangat cocok buat kamu yang baru belajar berbisnis.

Tak hanya itu, berjualan pulsa juga cocok bagi kamu yang takut mengambil risiko. Karena bisnis pulsa sendiri merupakan bisnis yang bisa dikatakan tidak memiliki risiko. Seandainya pun pulsa tidak laku, maka masih bisa menggunakan pulsa itu untukmu sendiri. 

Ada beberapa aplikasi ponsel yang bisa kamu manfaatkan untuk jualan pulsa, yaitu Mitra Tokopedia, Kioser, BroPulsa, Grabkios, dan Ayopop.

Itu tadi delapan kerja sampingan melalui aplikasi kerja online yang bisa kamu lakukan buat dapat penghasilan tambahan. Biar hasilnya maksimal, lakukan aja dua atau tiga pekerjaan tersebut sekaligus. Asalkan kamu bisa atur waktu seoptimal mungkin.

Jangan sampai gara-gara ngejar uang tambahan dari pekerjaan ini, kamu jadi mengabaikan pekerjaan utama, apalagi tidak menghiraukan kesehatanmu ya. 

Untuk mengantisipasi pengeluaran biaya perawatan kesehatan yang mahal, jangan ragu untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang proteksi asuransi kesehatan di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →