Biar Liburan Hemat, 6 Barang Ini Gak Boleh Ketinggalan

Banyak cara yang bisa kamu lakukan biar gak keluar duit gede saat liburan. Pasalnya kamu bisa liburan hemat dengan melakukan beberapa trik salah satunya membawa barang dari rumah.

Ya, liburan merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyegarkan pikiran setelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, gak sedikit orang yang justru stres melihat pengeluaran yang membengkak saat liburan karena harus membeli ini itu karena lupa membawa dari rumah.

Untuk menghindari kondisi itu, ada beberapa barang yang gak boleh lupa kamu bawa biar liburanmu hemat dan gak keluar banyak duit.

[Baca: Kantong Pas-pasan Tapi Mau Liburan? Ikuti 10 Trik Liburan Murah Ini]

Apa saja itu? Berikut enam di antaranya:

1. Botol minum

liburan hemat
Botol minum (elevenia)

Saat liburan kamu tentu akan mengeluarkan bujet yang gak sedikit untuk membeli minuman. Dalam satu hari kemungkinan kamu bisa membeli lima minuman botol yang harganya sebesar Rp 5 ribu, berarti kamu harus mengeluarkan uang Rp 25 ribu dalam sehari untuk beli minum.

Kalau liburanmu selama tujuh hari, berarti kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 175 ribu (Rp 25 ribu x 7 hari).

Dengan uang segitu, bisa kamu alokasikan untuk makan atau membeli pernak-pernik lucu sebagai oleh-oleh.

Karena itu, disarankan agar kamu membawa botol minum dari rumah. Terlebih lagi saat liburan ke luar negeri, di mana harga air mineral kemasan bisa lebih mahal dibanding minuman soda.

Keuntungan lainnya membawa botol minum adalah di sejumlah negara maju, air mineral bisa langsung kamu minum dari keran. Jadi bisa langsung kamu tampung dan dibawa kemana-mana. Praktis bukan?

2. Makanan kering

liburan hemat
Makanan kering (tokopedia)

Salah satu pengeluaran yang juga menguras isi dompet saat liburan adalah makan. Bahkan gak sedikit orang yang kaget saat melihat total biaya makan yang di luar perkiraan.

Terlebih lagi saat kamu liburan ke luar negeri dan makanannya gak pas dengan lidah kamu, karena gak ada pilihan lain, mau gak mau kamu harus mengunjungi restoran Indonesia yang harganya bikin dompet jebol.

Karena itu, gak ada salahnya kok kalau kamu membawa makanan kering dari rumah untuk menghemat bujet liburanmu seperti rendang kering, teri kacang atau jenis makanan lain yang bisa tahan selama beberapa hari.

3. Obat-obatan pribadi

liburan hemat
Obat-obatan pribadi (kaieteurnewsonline)

Udah pasti obat-obatan pribadi gak boleh ketinggalan, apalagi kalau kamu memiliki penyakit tertentu yang bisa kambuh kapanpu, misalnya maag atau asma.

Karena itu, sangat disarankan agar kamu selalu membawa obat-obatan pribadi saat liburan. Dibanding kamu harus mengeluarkan uang untuk beli obat ke apotek atau bahkan sampai masuk rumah sakit akibat terlambat mendapat pertolongan.

Selain menguras kantong, gak lucu banget kan kalau liburanmu malah habis di rumah sakit? Makanya, jangan sampai lupa membawa obat-obatan pribadi ya.

4. Kain pantai

liburan hemat
Kain pantai (tribunnews)

Saat liburan ke pantai, jangan pernah lupa untuk membawa kain pantai ya. Daripada kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 50 ribu untuk membeli kain pantai. Jadi, mending kamu bawa kain pantai kan dari rumah buat menghemat bujet.

5. Sandal atau sepatu yang nyaman

liburan hemat
Sandal atau sepatu yang nyaman (disneysprings)

Sandal atau sepatu yang nyaman juga gak boleh ketinggalan dibawa ya saat liburan ya. Kamu pasti gak mau kan harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk membeli sandal atau sepatu baru karena kaki lecet atau gak nyaman di pakai kemana-mana.

Karena itu, jangan lupa untuk membawa sandal atau sepatu yang nyaman ya saat liburan. Selain liburanmu akan menyenangkan, kamu juga gak perlu mengeluarkan uang lebih untuk hal yang gak perlu kan?

[Baca: Salut! 10 Selebriti Terkenal Ini Gak Malu Pakai Sepatu Murah]

6. Perlengkapan lainnya

liburan hemat
Perlengkapan lainnya (kawaiibeautyjapan)

Selain beberapa barang di atas, kamu juga gak boleh lupa membawa perlengkapan lainnya lho seperti:

  • Alat mandi (sampo, sabun dan lainnya). Jangan sampai ya kamu keluar duit lebih buat beli sampo karena lupa bawa dari rumah.
  • Lotion atau sunblock juga perlu harus banget dibawa untuk melindungi kulitmu dari matahari. Daripada kamu harus ngeluarin duit buat beli lotion atau sunblock mending bawa dari rumah kan?
  • Lotion nyamuk, ini juga jangan lupa dibawa ya. Kamu gak tau kan kalau tempat liburanmu banyak nyamuk atau gak, untuk amannya mending bawa lotion nyamuk ya dari rumah.
  • Serta perlengkapan lainnya yang akan kamu butuhkan selama berlibur.

Nah, itu dia enam barang yang gak boleh ketinggalan dibawa saat liburan. Karena itu disarankan agar kamu selalu mengecek kembali barang yang akan kamu bawa biar gak liburanmu jadi gak boros.

[Baca: Liburan ke Mana yang Murah? Ke 5 Kota Ini Ongkosnya Cuma 100 Ribu!]

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis