Biaya Bagasi Lion Air dan Cara Mendapatkan Secara Gratis

biaya bagasi lion air

Pada 7 Februari 2019, maskapai penerbangan Lion Air resmi membuat kebijakan bagasi Lion Air berbayar. Besarnya biaya bagasi Lion Air tergantung pada tujuan penerbangan dan juga cara kamu membeli bagasi, apakah secara prabayar atau excess baggage ticket saat check in.

Tujuan dari pemberlakuan biaya bagasi Lion Air adalah untuk meningkatkan kualitas perjalanan udara yang lebih sederhana dan kekinian atau millenials traveling.

Para penumpang diberi pilihan untuk menentukan sendiri kapasitas bagasi yang mereka perlukan. Dengan begitu, biaya akomodasi penerbangan travelingmu akan jauh lebih hemat dan terjangkau.

Selain itu juga dengan kebijakan bagasi berbayar ini mampu meningkatkan ketepatan waktu operasional hingga 88 persen dari semula hanya 65 persen.

Besaran biaya bagasi Lion Air antara satu penerbangan dengan penerbangan yang lain tentu berbeda. Dikutip dari situs resmi Lion Air, berikut biaya bagasi Lion Air terbaru.

Biaya bagasi Lion Air 

Ada 2 cara untuk membeli bagasi berbayar Lion Air, yakni membeli secara langsung saat kamu check in di bandara atau membeli bagasi prabayar. Kedua cara ini memiliki biaya bagasi Lion Air yang berbeda.

Biaya bagasi Lion Air yang dibeli langsung di bandara saat check in atau excess baggage ticket (EBT) lebih mahal dibandingkan kamu membeli bagasi prabayar atau prepaid baggage. Kamu bisa cek harga bagasi Lion Air 2021 berikut ini.

Rute PenerbanganEBTPrepaid
Jakarta – SurabayaRp37 ribuRp27 ribu
Jakarta – SoloRp28 ribuRp20 ribu
Jakarta – PalembangRp27 ribuRp19 ribu
Jakarta – SemarangRp25 ribuRp18 ribu
Jakarta – Bandar LampungRp18 ribuRp14 ribu
Jakarta – PaluRp58 ribuRp42 ribu
Jakarta – PadangRp48 ribuRp35 ribu
Jakarta – PalangkarayaRp44 ribuRp33 ribu
Jakarta – DenpasarRp44 ribuRp33 ribu
Jakarta – MedanRp54 ribuRp40 ribu
Jakarta – MalangRp39 ribuRp28 ribu
Jakarta – ManadoRp75 ribuRp54 ribu
Jakarta – YogyakartaRp27 ribuRp19 ribu
Jakarta – MakassarRp54 ribuRp40 ribu
Jakarta – Nusa Tenggara BaratRp42 ribuRp31 ribu
Jakarta – JayapuraRp114 ribuRp87 ribu
Jakarta – GorontaloRp68 ribuRp49 ribu
Jakarta – BanjarmasinRp44 ribuRp33 ribu
Jakarta – BalikpapanRp49 ribuRp36 ribu
Jakarta – AmbonRp84 ribuRp62 ribu

Lebih baik bagasi prabayar atau bagasi beli langsung di bandara?

Membeli bagasi prabayar atau prepaid tentu jauh lebih murah daripada membeli secara langsung di bandara dengan tarif excess baggage ticket (EBT) yang sudah ditentukan. Perbedaan biaya bagasi Lion Air prepaid dan EBT bisa mencapai Rp10 ribu bahkan lebih. 

Kamu yang membeli bagasi prabayar akan diminta untuk memilih kapasitas bagasi mulai dari 5 kg, 10 kg, 15 kg dan kelipatan 5 lainnya hingga kapasitas bagasi mencapai 30 kg.

Namun, untuk membeli bagasi prabayar tentu kamu harus memesannya jauh-jauh hari maksimal 6 jam sebelum keberangkatan. Memesannya pun melalui situs resmi Lion Air di www.lionair.co.id. Pilih menu booking dan input rute penerbanganmu.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data penumpang dan memilih opsi bagasi prabayar.

Penumpang yang terburu-buru dikejar waktu untuk segera melakukan penerbangan diuntungkan dengan adanya pelayanan membeli bagasi secara langsung di bandara menggunakan biaya bagasi Lion Air EBT.

Apapun pilihannya, pertimbangkan kembali mana pilihan yang memang kamu butuhkan. Selain itu, lindungi juga perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan dari Lifepal.

Kebijakan bagasi kabin Lion Air

Dikutip dari situs resmi Lion Air, berikut ini adalah kebijakan dan ketentuan barang bawaan yang diperbolehkan masuk ke kabin (hand carry) pesawat, di antaranya adalah:

  • Setiap penumpang kecuali penumpang bayi, diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan maksimum ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm.
  • Kamu yang membawa laptop sebaiknya disimpan di dalam tas laptop yang tipis, karena tas tersebut akan dianggap sebagai barang pribadi. Lain halnya bila kamu masukkan ke dalam tas laptop yang lebih besar, maka itu akan dianggap sebagai bagian dari alokasi barang yang kamu bawa.
  • Apabila penumpang membawa barang bawaan berupa cairan, maka beratnya tidak boleh melebihi 100 ml.
  • Kamu yang membawa tas jinjing atau totebag sebaiknya memiliki ukuran yang pas bila ditaruh di bawah kursi penumpang agar tidak mengganggu aktivitas di dalam pesawat.
  • Bila kamu ingin menyimpang tas jinjing atau totebag di dalam kabin, maka pastikan kamu sudah menyimpannya dengan aman dan menutup rak tersebut.
  • Barang pribadi yang diletakkan di saku kursi disarankan untuk diletakkan sesuai garis vertikal dari bagian belakang kursi agar tidak terlalu menonjol ke arah lorong.
  • Barang berharga seperti uang tunai, dokumen keuangan, perhiasan, ponsel, kamera, dan perangkat elektronik portable lainnya sebaiknya disimpan di rak di atas kepala atau di bawah kursi penumpang.
  • Kamu yang membawa bayi sebaiknya memperhatikan barang bawaan si kecil. Berat barang kebutuhan bayi seperti botol susu, makanan, popok, hingga baju ganti maksimal 5 kg.
  • Masukkan toiletries seperti sabun, sampo, pasta gigi ke dalam wadah atau pouch khusus agar tidak mengganggu penumpang yang lain.
  • Kenapa penting memiliki Asuransi Perjalanan?

    Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan pertanggungan jika terjadi risiko saat bepergian. Proteksi travel insurance cocok untuk tertanggung yang melakukan perjalanan di dalam dan luar negeri.

    Selain manfaat pertanggungan kecelakaan dan risiko perjalanan lainnya, pembatalan perjalanan dan keterlambatan bagasi pun termasuk ke dalam manfaat pertanggungan yang akan kamu rasakan bila memiliki asuransi perjalanan.

    Meskipun kamu sudah membayar mahal untuk bagasi, ada baiknya kamu tetap memproteksi barang bawaan melalui asuransi perjalanan. Manfaat pertanggungan yang bisa kamu rasakan seperti kehilangan dan kerusakan bagasi hingga penundaan penerbangan dan bagasi.

    Berikut ini asuransi perjalanan terbaik yang memberikan manfaat pertanggungan bagasi terpercaya.

    1. Allianz New Annual TravelPro

    Untuk menentukan harga asuransi perjalanan Allianz New Annual TravelPro, maka faktor penentunya adalah sebagai berikut:

  • Usia tertanggung
  • Periode perlindungan, maksimal hingga 183 hari
  • Tujuan negara
  • Nilai manfaat yang dipilih nasabah
  • Berdasarkan faktor penentu di atas, maka premi untuk tertanggung berusia 14 hari-84 tahun mulai Rp47 ribu/orang/minggu dengan pertanggungan sebagai berikut:

  • Periode perjalanan maksimal 183 hari
  • Penggantian kerugian akibat pembatalan atau penyingkatan perjalanan
  • Penggantian untuk kehilangan dan kerusakan bagasi
  • Santunan untuk penundaan penerbangan dan bagasi dengan masa tunggu mulai dari empat jam
  • Penggantian biaya pengurusan kehilangan dokumen perjalanan
  • Perlindungan biaya medis akibat sakit atau kecelakaan dengan metode cashless untuk rawat inap rumah sakit dengan kondisi yang dijamin dalam polis
  • Layanan evakuasi darurat dan pemulangan jenazah.
  • 2. BCA Travel Insurance

    BCA Travel Insurance menetapkan harga premi perjalanan domestik mulai Rp24.900 per orang berdasarkan situs resmi perusahaan. Adapun pertanggungan yang diberikan antara lain:

  • Kecelakaan Diri yang menyebabkan meninggal atau disabilitas
  • Biaya perawatan kesehatan darurat hingga Rp100 juta
  • Santunan tunai di rumah sakit akibat kecelakaan atau sakit
  • Pembatalan perjalanan
  • Penundaan perjalanan
  • Pembajakan pesawat
  • Keterlambatan perjalanan
  • Kehilangan/kerusakan bagasi.
  • Ternyata, masih ada bagasi gratis 15 kg di Lion Air

    Meskipun sempat heboh karena kebijakan bagasi berbayar dari Lion Air, ternyata tidak 100 persen kebijakan bagasi gratis 15 kg dari Lion Air hilang begitu saja. Ada satu penerbangan yang tetap menggratiskan biaya bagasi Lion Air maksimal seberat 15 kg.

    Kebijakan ini efektif mulai 22 Februari 2021 kemarin. Di mana penerbangan dari Jakarta menuju Batam ataupun sebaliknya akan diberikan kebijakan bagasi gratis maksimal seberat 15 kg.

    Beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan bagasi gratis 15 kg ini, seperti:

  • Kamu memiliki tiket pesawat dengan periode pemesanan dan penerbangan mulai 22 Februari 2021.
  • Bagasi gratis ini bisa kamu dapatkan dengan membeli tiket penerbangan secara online melalui situs resmi ataupun datang langsung ke kantor penjualan Lion Air serta agen mitra perjalanan.
  • Pembelian tiket penerbangan secara online yang berlaku melalui situs resmi Lion Air di www.lionair.co.id atau call center ata online travel agent (OTA) dan memilih menu bagasi gratis 15 kg dengan nominal biaya Rp1.
  • Sedangkan kamu yang membeli tiket langsung di kantor penjualan, saat memesan tiket jangan lupa untuk mengatakan bahwa kamu membutuhkan bagasi gratis 15 kg.
  • Kamu bisa mendapatkan bagasi gratis 15 kg saat memesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan atau maksimal 6 jam sebelum keberangkatan.
  • FAQ seputar biaya bagasi lion air

    Biaya bagasi Lion Air EBT tergantung pada tujuan penerbanganmu. Adapun penerbangan Jakarta ke beberapa kota besar di Pulau Jawa mulai dari Rp20 ribuan. Lindungi perjalanan kamu dengan asuransi terbaik.

    Biaya bagasi Lion Air Prepaid tergantung tujuan penerbanganmu. Adapun penerbangan dari Jakarta ke beberapa kota besar di Pulau Jawa mulai dari Rp20 ribuan.

    Alangkah baiknya untuk memilih biaya bagasi Prepaid karena harganya yang murah. Akan tetapi, sebagai solusi untuk kamu yang melakukan perjalanan dadakan, membeli bagasi Lion secara langsung di bandara pun tidak jadi masalah.

    Customer Service

    call me
    whatsapp