Biaya, Syarat dan Cara Bikin Paspor Online Terbaru di Tahun 2020

Begini lho cara bikin paspor yang mudah buat kamu

Paspor merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki oleh kamu semua jika pengin plesiran ke negeri orang. Sebagian dari kamu mungkin belum ada yang mengetahui gimana cara bikin paspor online yang mudah. 

Banyak yang beranggapan kalau membuat paspor itu bakal ribet, mulai mengantre yang panjang, datang mesti lebih pagi, belum lagi antreannya panjang. Padahal nih paspor itu sangat penting banget bagi kamu yang pengin jalan-jalan ke luar negeri. Kalau gak ada paspor gimana kamu bisa menginjakkan kaki di negara orang? 

Nah daripada berlama-lama lagi mendingan kita simak aja yuk ulasan lengkap tentang biaya, syarat dan cara bikin paspor berikut ini:

Pengertian dan manfaat paspor

Ini kegunaan paspor bagi kamu yang pengin ke luar negeri
Ini kegunaan paspor bagi kamu yang pengin ke luar negeri, (Pixabay).

Menurut KBBI, paspor sendiri adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri. Secara sederhana, dokumen yang satu ini bisa diibaratkan KTP internasional sebagai basis data suatu negara untuk mencari informasi tentang seseorang berkunjung ke wilayahnya.

Bentuknya bukan seperti Kartu Tanda Penduduk melainkan mirip sebuah buku kecil yang berisi beberapa informasi serta historis perjalanan seseorang ke luar negeri. Paspor sendiri memiliki manfaat sebagai syarat utama untuk memasuki suatu negara. 

Selain itu paspor juga berguna sebagai identitas apabila terjadi sesuatu ketika kamu tengah berkunjung ke luar negeri. 

Sebetulnya ada satu syarat lain selain paspor yang harus kamu penuhi jika bepergian ke luar negeri yaitu Visa. Visa sendiri adalah surat izin yang dikeluarkan oleh negara tujuan melalui Kedutaan Besar tempat kamu berasal.

Syarat-syarat dalam membuat paspor

Ini syarat-syarat buat bikin paspor
Ini syarat-syarat buat bikin paspor, (Pixabay).

Untuk membuat sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh negara atau siapapun tentunya kamu perlu menyiapkan berbagai macam dokumen. Begitu juga dengan cara bikin paspor yang satu ini. Setidaknya ada 7 berkas yang perlu kamu persiapkan dengan rincian sebagai berikut ini:

Untuk WNI yang berdomisili di Indonesia

  • Kartu tanda penduduk
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran, akta perkawinan, buku nikah dan ijazah
  • Surat pewarganegaran Indonesia bagi orang asing yang telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi kamu yang telah mengganti nama
  • Paspor lama bagi yang telah memiliki paspor
  • Materai

Untuk anak WNI yang belum memiliki KTP

  • Kartu tanda penduduk ayah atau ibu
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Akta perkawinan dan buku nikah orangtua
  • Surat penetapan ganti nama jika telah berganti nama
  • Paspor lama jika pernah memilikinya
  • Materai

Untuk WNI yang berdomisili di luar negeri

  • Kartu tanda penduduk negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut
  • Paspor biasa lama

Nah itulah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk membuat paspor. Gak ada salahnya nih dicatat siapa tahu nanti perlu untuk membuat yang baru.  

Cara bikin paspor di kantor Imigrasi

Begini cara bikinnya di kantor Migrasi
Begini cara bikinnya di kantor Migrasi, (Instagram/@ditjen_imigrasi).

Setelah mempersiapkan berbagai syarat dan berkas untuk membuat paspor, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftar antrean. Ada beberapa metode pendaftaran yang bisa kamu coba sebagai berikut ini:

Melalui website kantor Imigrasi 

Cara pertama bisa kamu coba adalah dengan membuka website kantor Imigrasi dan login melalui akun yang kamu miliki. Kalau belum punya, kamu bisa mendaftarkannya di halaman yang sama dan mengikuti beberapa prosedur untuk dipersiapkan. 

Setelah log in kamu bisa memilih opsi untuk daftar antrean, pilih lokasi kantor imigrasi terdekat dan juga memilih waktu yang diinginkan. Umumnya kuota yang disediakan berkisar 100 orang per harinya, jadi kamu harus cepat-cepat mengisi posisi yang tersedia.

Melalui aplikasi Layanan Paspor Online di Playstore atau Appstore 

Hampir sama dengan versi website, mendaftar antrean melalui aplikasi Smartphone mengharuskan kamu memiliki akun kalau belum pernah memiliki sebelumnya. Kamu bisa menggunakan akun Google ataupun Facebook yang sudah disediakan dalam aplikasi. Setelah itu ikuti prosedur yang ada seperti berikut ini:

  • Pilih kantor imigrasi sesuai dengan ketersediaan kuota
  • Pilih jenis permohonan (paspor baru atau perpanjangan)
  • Pilih tanggal yang tersedia
  • Pilih waktu kedatangan, pagi (08.00 – 12.00) dan siang (13.00 – 15.00)
  • Pilih jumlah pemohon (satu akun bisa digunakan untuk maksimal 5 pemohon)
  • Masukkan data informasi
  • Beserta keterangan (pribadi, ayah/ibu, anak, suami/istri)

Kuota antrean via aplikasi ini dibuka setiap hari jumat jam 2 siang. Jadi  sebaiknya kamu siapin alarm kalau pengin kebagian kursi untuk mendaftar paspor dengan mudah tanpa gagal mengantre.

Melalui telepon atau WhatsApp

Cara terakhir yang bisa kamu coba ketika bikin paspor adalah melalui telepon atau WhatsApp. Metode satu ini mengharuskan kamu mengetahui nomor telepon kantor imigrasi yang mau didatangi dan menanyakan ketersediaan kuota.

Namun cara ketiga ini memiliki kekurangan karena gak semua kantor cabang imigrasi di Indonesia memiliki layanan tersebut.

Berapa biaya untuk membuat paspor?

Segini lho biaya pembuatannya yang mesti kamu keluarkan
Segini lho biaya pembuatannya yang mesti kamu keluarkan, (Pixabay).

Buat kamu yang sudah penasaran dengan harga pembuatan paspor, sekarang kamu bisa simak tabel di bawah ini. Ada beberapa tarif yang dikenakan oleh pihak Imigrasi sesuai dengan keperluan dan spesifikasi buku paspor tersebut.

Jenis Paspor Jumlah Halaman Biaya
Paspor Biasa 48 Rp 350.000
Paspor Elektronik 48 Rp 650.000

Berdasarkan PP Nomor 28 Tahun 2019 buku paspor dengan jumlah 24 halaman udah gak diberlakukan untuk pendaftar baru. Jadi semua proses pembuatan paspor kini diharuskan membuat dengan jumlah 48 halaman untuk masa berlaku hingga 5 tahun.

Sedangkan untuk biaya penggantian paspor akibat kehilangan mencapai Rp 1 juta. Terdapat juga biaya yang dibebankan karena kerusakan sekitar Rp 500 ribu.

Berapa biaya perpanjangan paspor?

Segini lho kisaran biaya perpanjangan paspor
Segini lho kisaran biaya perpanjangan paspor, (Pixabay).

Sama dengan biaya pembuatan paspor, tarif perpanjangan paspor yang dikenakan kepada masyarakat juga berkisar di angka yang sama.

Jenis Paspor Halaman Biaya
Paspor Biasa 48 Rp 350.000
Paspor Elektronik 48 Rp 650.000

Untuk syarat-syaratnya sendiri kamu harus mempersiapkan beberapa berkas berikut ini:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Akte Nikah (jika ada)
  • Buku Nikah (jika ada)
  • Paspor lama
  • Materai

Metode pembayaran pembuatan paspor

Ini lho metode pembayaran buat kamu yang pengin bikin paspor
Ini lho metode pembayaran buat kamu yang pengin bikin paspor, (Pixabay).

Untuk metode pembayaran tarif pembuatan paspor sendiri bisa kamu lakukan di gerai ATM terdekat. Berikut ini adalah cara dan nama bank yang mendukung proses pembayarannya:

Bank BNI

  1. Menu lainnya
  2. Pembayaran
  3. Pajak/Penerimaan Negara
  4. Pajak/PNBP/Bea & Cukai
  5. Masukan kode MPN G2

Bank BRI

  1. Transaksi lainnya/Pembayaran
  2. Lainnya
  3. Lainnya
  4. MPN
  5. Masukan kode MPN G2

Bank Mandiri

  1. Bayar/Beli
  2. Penerimaan Negara
  3. Pajak/PNBP/Cukai
  4. Masukan kode MPN G2
  5. Konfirmasi pembayaran dan klik angka 1

Bank BCA

  1. Pembayaran
  2. MPN/Pajak
  3. Penerimaan Negara
  4. Masukan kode MPN G2

Perbedaan paspor biasa dengan elektronik

Ini lho jenis-jenis paspor yang ada di Indonesia
Ini lho jenis-jenis paspor yang ada di Indonesia, (Instagram/@ditjen_imigrasi).

Setelah melihat daftar tarif di atas mungkin beberapa dari kamu bertanya-tanya mengenai perbedaan dari paspor biasa dan elektronik. Jika dilihat secara fisik mungkin gak ada perbedaan yang signifikan dan bagian covernya.

Tapi ada beberapa perbedaan yang bikin kedua dokumen tersebut punya nilai pembuatan yang berbeda:

  • Paspor elektronik memiliki informasi yang lebih lengkap karena dilengkapi dengan teknologi chip di dalamnya
  • Relatif lebih mudah mendapatkan Visa dari negara tujuan
  • Beberapa negara juga membebaskan Visa bagi pemegang paspor elektronik

Estimasi durasi pembuatan paspor

Segini estimasi waktu pembuatannya
Segini estimasi waktu pembuatannya, (Pixabay).

Untuk proses pembuatan paspor sendiri memakan waktu sekitar 3 hingga 4 hari kerja setelah kamu mendatangi kantor Imigrasi. Usahakan untuk tidak menunda dan melewati batas tersebut karena banyak juga orang lain yang antre untuk mengambil paspor.

Tips cara bikin paspor yang gak ribet

Begini tipsnya kalau kamu pengin membuat paspor
Begini tipsnya kalau kamu pengin membuat paspor, (Pixabay).

Sebagian orang merasa malas untuk mengurus paspor karena stigma ribet dan memakan waktu yang banyak. Padahal hal tersebut gak selalu benar jika kamu memperhatikan beberapa tips cara bikin paspor berikut ini lho!

1. Cek ponsel pintar jam 2 siang setiap Jumat

Seperti yang sudah sempat dijelaskan di atas, sebaiknya kamu siap-siap mantengin ponsel pintar setiap hari Jumat pada pukul 14.00 WIB. Kenapa ? Karena setiap minggunya pada jam tersebut kuota antrean dibuka oleh sistem. Jadi kamu gak perlu repot-repot mencari kantor yang jauh dari rumah.

Tips ini bisa dilakukan jika kamu pengin mengantre melalui aplikasi di Playstore maupun Appstore.

2. Pastikan semua berkas lengkap 

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan setelah mendapat antrian adalah pastikan semua berkas yang diperlukan usdah siap dan kamu gak perlu mengurusnya lagi di hari H saat proses pembuatan. Bayangin saja kamu sudah mendapatkan antrean tapi gagal diproses akibat ada satu atau dua berkas yang masih belum lengkap. 

3. Baju dan celana harus diperhatikan juga

Ketiga kamu juga harus memperhatikan baju dan celana yang digunakan untuk keperluan foto. Sebaiknya kamu menggunakan baju berkerah (kemeja lengan panjang atau pendek/polo shirt/batik). Disarankan untuk menghindari hindari pakaian warna putih agar petugas imigrasi bisa memeriksa dengan mudah saat berada di Bandara. 

Untuk pria sebaiknya menggunakan celana panjang dan untuk perempuan bisa menggunakan celana panjang atau rok dengan rapi. 

Nah itulah sedikit penjelasan singkat mengenai cara bikin paspor yang mudah dan gak bikin ribet. Jadi sekarang gak ada alasan lagi deh males-malesan ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor atau memperpanjang paspor kamu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)