Ternyata Segini Biaya Ganti Ring Seher Mobil di Bengkel

biaya ganti ring seher mobil

Seher atau piston mobil, merupakan komponen mesin mobil yang suatu saat harus kamu ganti. Saat akan menggantinya, akan ada biaya ganti ring seher mobil yang perlu dikeluarkan.

Seher atau piston sendiri adalah komponen mesin yang membentuk ruang bakar bersama dengan silinder blok dan silinder head.

Biaya ganti ring seher mobil

Ketika mengganti ring seher mobil di bengkel, umumnya kamu akan disarankan untuk melakukan overhaul atau servis turun mesin mobil.

Sebab, letak ring seher berada jauh di bagian dalam mesin mobil, sehingga sulit untuk dijangkau oleh mekanik. Nah, estimasi biaya overhaul atau turun mesin mobil adalah sekitar Rp3 jutaan.

Kemudian, gasket mobil biasanya juga akan disarankan untuk diganti yang baru. Ancer-ancer harga satu set ring gasket mesin mobil adalah sebesar Rp1,7 jutaan.

Selain ring seher dan gasket, mekanik biasanya juga melakukan penggantian cairan pendingin, filter oli, dan juga oli mesin mobil. Thermostat dan busi juga akan diperiksa.

Sedangkan harga ring seher mobil sendiri berbeda-beda, tergantung apa tipe dan jenis mobil kamu. Harga ring seher mobil mulai dari Rp600 ribuan.

Jadi biaya ganti ring seher mobil di bengkel secara keseluruhan adalah sekitar Rp6 jutaan. Tentu biaya sebanyak ini membuat servis penggantian ring seher tidak murah, ya.

Alasan ring seher mobil perlu diganti

Seher merupakan salah satu komponen penting mesin mobil. Hal ini membuat perawatan untuk ring seher juga tak boleh dilupakan.

Banyak yang menyarankan untuk mengganti ring seher ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 50.000 kilometer. 

Saat mobil sudah menempuh jarak 20.000 kilometer atau lebih, maka kondisi ring seher biasanya mulai melemah. 

Oleh karena itu, ada baiknya kita harus mengganti ring seher jika mobil sudah menempuh jarak sepanjang 50.000 ke atas.

Jika tidak kamu ganti, ring seher akan terus melemah dan mengalami keausan. Kondisi ini akan menurunkan kinerja mesin mobil kamu di jalanan.

Lama kelamaan ring seher yang tidak diganti akan mengalami kerusakan, dan membuat oli mesin akan cepat habis. 

Tentu saja ketika cairan oli mesin berkurang, maka performa mesin juga akan menurun bahkan bisa mengalami kerusakan.

Prosedur ganti ring seher mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, proses penggantian ring seher mobil tidak sederhana. Bahkan servis penggantian ring seher termasuk servis berat, karena memerlukan turun mesin.

Oleh karena itu, sebaiknya ganti ring seher mobil dilakukan oleh mekanik yang ahli dan berpengalaman. Namun, bila kamu ingin ganti ring piston mobil tanpa turun mesin di bengkel, berikut ini caranya.

1. Bongkar mesin dan lepas ring seher

Langkah pertama adalah membongkar mesin mobil. Tujuannya adalah agar kamu mengetahui bagian seher mana yang harus dibongkar dan diganti. 

Lalu, langkah selanjutnya adalah melepaskan ring seher satu per satu. Ada tiga komponen ring seher yang dilepas yaitu ring kompresi 1 dan 2, dan ring oli.

2. Bersihkan alur pemasangan ring seher

Selanjutnya kamu perlu membersihkan alur pemasangan ring seher menggunakan kuas atau kompresor. Pastikan alurnya sudah bersih bebas dari kotoran dan debu agar tidak mengganjal ring piston yang baru.

3. Pasang ring seher kompresi

Cara pasang ring seher mobil bensin harus dilakukan berurutan. Setelah membersihkan alur, komponen ring seher kompresi 1 adalah komponen yang harus kamu pasang pertama kali. 

Pastikan kode huruf menghadap ke atas. Jika terbalik, mesin mobil kamu bisa rusak. Apabila sudah selesai, bisa berlanjut ke pemasangan ring seher kompresi 2.

Caranya sama dengan pemasangan seher kompresi 1. Pastikan juga kode huruf menghadap ke atas saat dipasang.

4. Pasang ring oli

Kemudian, langkah selanjutnya adalah pasang ring oli. Pemasangan ring oli juga harus berurutan, yaitu rail ring (atas) exander ring (spiral), dan rail ring (bawah). 

5. Pasang kembali silinder blok

Terakhir, setelah memasang ring oli kamu bisa memasangnya kembali ke silinder blok. 

Pastikan kamu memasang secara berurutan, agar ring piston yang baru dapat langsung bekerja optimal, serta untuk menghindari kerusakan mesin.

Cara kerja ring seher mobil

Ring seher akan menutup celah yang ada dan berfungsi sebagai pembatas antara piston dengan dinding silinder dalam proses pembakaran. 

Tekstur ring seher sendiri elastis, maka ring ini jika dimasukkan dalam blok silinder sehingga dapat mengembang dan merapat.

Komponen seher juga melakukan gerakan naik turun untuk menjalankan siklus kerja mesin. Seher pun harus mampu meneruskan tenaga hasil pembakaran ke fungsi crankshaft.

Jadi seher ternyata punya fungsi sangat penting dalam menjalankan siklus kerja mesin, dan juga untuk menghasilkan tenaga pembakaran.

Pada bagian atas seher terdapat komponen ring seher berbentuk bulat cincin dan ukuran diameternya lebih besar dari seher.

Tekstur ring seher sendiri elastis, maka ring ini jika dimasukkan dalam blok silinder sehingga dapat mengembang dan merapat.

Kondisi inilah yang membuat ring seher akan menutup celah yang ada dan berfungsi sebagai pembatas antara piston dengan dinding silinder dalam proses pembakaran. 

Apa pentingnya asuransi mobil?

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Selain asuransi all risk, masih ada lagi jenis asuransi mobil lain, yaitu asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Asuransi ini menanggung risiko kerugian yang nilainya besar, sampai lebih dari 75 persen harga kendaraan.

Lantas, di antara asuransi all risk dan asuransi TLO, manakah yang paling cocok untuk mobilmu? Coba cari tahu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik di bawah ini.

FAQ seputar biaya ganti ring seher mobil

Biaya ganti ring seher mobil berbeda-beda, tergantung apa tipe dan jenis mobil kamu. Harganya mulai dari Rp 600 ribuan. Namun total biaya ganti ring seher mobil di bengkel secara keseluruhan adalah sekitar Rp 6 jutaan. Tentu biaya sebanyak ini membuat servis penggantian ring seher, bukan termasuk servis ringan dan murah ya.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.