Biaya Haji 2018 Naik! Segini Uang yang Harus Kamu Siapkan

Belum lama ini masyarakat sempat dihebohkan dengan pemberitaan mengenai kenaikan biaya haji 2018. Hal itu disebabkan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi yang menaikkan pajak sebesar 5 persen untuk barang dan jasa.

Seperti yang dikutip dari Kemenag, Pemerintah mengumumkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sesuai dengan keputusan Presiden mengenai Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji Tahun 1439H/2018M.

Lalu berapa biaya haji 2018?

biaya naik haji
biaya naik haji 2018 (muslim)

Biaya haji di tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi Rp 35.235.602 per jamaah.

Namun, kenaikan biaya haji 2018 dianggap wajar dan rasional menurut pemerintah. Pasalnya, di tahun 2018 ini, ibadah haji mengalami peningkatan kualitas pelayanan dibanding tahun lalu.

Lebih lanjut, pemerintah mengungkapkan tiga alasan yang membuat biaya haji mengalami kenaikan di tahun 2018:

1. Kenaikan pajak di Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar lima persen untuk semua barang dan jasa yang digunakan atau dikonsumsi di Arab Saudi.

2. Kenaikan harga bahan bakar

Adanya kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik di Arab Saudi, serta tren kenaikan harga avtur.

3. Perubahan nilai tukar

Kenaikan biaya haji 2018 juga dipengaruhi dengan perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika dan Saudi Riyal (SAR).

[Baca: Meski Biaya Haji dan Umrah Naik, Masih Ada Cara Buat Nabung Kok]

biaya naik haji
Ibadah Haji (jadiberita)

Tiga faktor tersebut membuat pemerintah Indonesia, mau gak mau menaikkan biaya naik haji dengan perincian seperti:

1. Biaya penerbangan

Adanya kenaikan biaya komponen penerbangan, yaitu menjadi Rp 27.495.842. Hal itu dipengaruhi karena adanya kenaikan bahan bakar pesawat.

2. Biaya pemondokan di Mekah

Selain itu, biaya pemondokan di Mekah juga kini meningkat menjadi SAR 4.450 atau sekitar Rp 16,4 juta. Biaya tersebut terbagi menjadi dua rincian, yaitu SAR 3.782 atau sekitar Rp 14 juta akan dialokasikan ke dalam anggaran optimalisasi dan SAR 668 atau sekitar Rp 2,46 juta yang dibayar oleh jemaah.

3. Biaya pemondokan di Madinah

Ada juga biaya sewa pemondokan di Kota Madinah sebesar SAR 1.200 atau sekitar Rp 4,4 juta.

4. Biaya living cost

Selain biaya-biaya di atas, ada juga biaya living cost yang harus dibayarkan oleh jemaah, yaitu sebesar SAR 1.500 atau sekitar Rp 5,5 juta.

Dari kenaikan biaya haji 2018, pemerintah juga akan meningkatkan layanan kepada para jemaah, seperti mendapatkan makan sebanyak 40 kali dari sebelumnya 25 kali.

Gak hanya itu, waktu tinggal jemaah di Saudi juga akan bertambah, dari 39 hari menjadi 41 hari. Plus, kualitas koper dan tas kabin para jemaah haji pun juga akan meningkat.

Jadi, kenaikan biaya haji 2018 juga akan diimbangi dengan pelayanan yang juga meningkat. Dengan itu, diharapkan para calon jemaah haji tidak kecewa dengan adanya kenaikan biaya tersebut.

Nah, buat kamu yang pengin menunaikan ibadah haji tahun ini, penting banget untuk mengetahui tanggal keberangkatan naik haji. Berbeda dengan umroh yang bisa berangkat kapan saja, haji tidak demikian.

Bahkan banyak orang yang harus mengantri hingga beberapa tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

[Baca: Belajar dari Kasus First Travel, Begini Caranya Pilih Travel Haji yang Baik]

biaya-naik-haji
Irwansyah dan Zaskia Sungkar (iyaa)

Lalu, gimana cara mengetahui jadwal keberangkatan haji? Simak yuk di bawah ini:

  • Kamu akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang terdapat nomor porsi haji saat kamu mendaftar ibadah haji.
  • Nomor porsi merupakan bukti sah bahwa kamu sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama. Karena itu, kalau kamu belum mendapatkan nomor porsi saat mendaftar, maka kamu wajib menanyakan ke pihak yang mengurusi keberangkatan haji kamu.
  • Setelah mendapatkan nomor porsi, masuk ke website Kementerian Agama. Setelah itu masukkan nomor porsi ke dalam kolom nomor porsi. Setelah itu ikuti instruksi selanjutnya.

Nah, di bawah kotak nomor porsi itu terdapat pemberitahuan bahwa jadwal keberangkatan bisa berubah sesuai dengan regulasi. Apa maksudnya?

Ya, calon jemaah haji diminta untuk bersabar apabila ingin mengetahui secara pasti jadwal keberangkatan haji. Pasalnya banyak faktor yang memengaruhinya.

Oleh karena itu, calon jemaah haji diharapkan dapat rutin melakukan pengecekan melalui situs resmi Kemenang atau bisa juga menghubungi call center-nya di 021-500425.

Itu dia biaya yang harus kamu persiapkan jika pengin menunaikan ibadah haji di tahun 2018. Jumlah tersebut memang tidak kecil, karena itu kini banyak lembaga keuangan yang menawarkan tabungan haji agar impian untuk berangkat ke Tanah Suci dapat tercapai.

[Baca: 5 Tabungan Haji Terbaik Buat Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci]

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis