Gaji di Beijing Rp 17 Jutaan, Seberapa Besar Biaya Hidupnya dibandingkan Jakarta?

biaya hidup di Beijing

biaya hidup di Beijing

Biaya hidup di Beijing dibandingkan dengan Jakarta lebih mahal atau lebih murah? Buat kamu yang pengin ke Beijing atau sekadar mau tahu aja, informasi ini pastinya bikin penasaran. Apalagi belum lama ini sempat ada perbandingan biaya hidup antara Jakarta dan Beijing.

Seperti yang diberitakan Suara pada Selasa (26/11), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut ibu kota Indonesia, Jakarta, mirip kampung kalau dibandingkan dengan ibu kota China, Beijing. Mantan Kapolri ini mengungkapkan pendapatnya tersebut di hadapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Mendagri Tito bercerita kalau ia sering berkunjung ke China sejak tahun 1998. Saat kunjungannya dulu, kondisi Beijing masih terbelakang dibandingkan Jakarta. Namun, dalam kunjungan terakhirnya, Mendagri Tito mengaku Beijing telah mengalami perubahan. Malahan Jakarta terlihat kayak kampung dibandingkan dengan Beijing.

Nah, kalau Jakarta gak ubahnya kampung di hadapan Beijing, kira-kira seberapa besar biaya hidup di ibu kota China tersebut dibandingkan dengan ibu kota Indonesia? Berikut ini ulasan biaya hidup di sana. 

Baca juga: Pengin Kerja di Dubai, Ini Besaran Biaya Hidupnya! Murah Gak?

Gaji rata-rata di Beijing vs Jakarta, lebih besar mana?

Biaya hidup di Beijing
Biaya hidup di Beijing dan Jakarta besaran mana ya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belum lama ini gaji UMP Jakarta telah diumumkan. Besaran UMP Jakarta pada 2020 berada di angka Rp 4.267.349. Dengan angka segitu besarnya, ada kenaikan dibandingkan tahun 2019 yang besarannya mencapai Rp 3.940.973.

Kalau menggunakan data dari Numbeo, gaji rata-rata di Jakarta berada di kisaran Rp 6 jutaan. Numbeo sendiri adalah database terbesar di dunia di mana pengguna dapat berkontribusi mengenai kota dan negara di dunia.

Dibandingkan dengan Jakarta, gaji di Beijing ternyata lebih besar. Besaran gaji di ibu kota dari negara dengan pertumbuhan ekonomi fantastis ini dilaporkan sekitar 8.542,61 yuan atau sekitar Rp 17 jutaan.

Dengan gaji sebesar itu, kira-kira seberapa besar ya biaya hidup di Beijing? Ada kemungkinan sih lebih besar ketimbang di Jakarta. Buat lebih jelasnya, temukan yuk informasinya berikut ini.

Baca juga: Biaya Hidup per Keluarga di Singapura Rp 50 Juta per Bulan, Berapa Pendapatannya?

Perbandingan biaya hidup antara Beijing dan Jakarta

Biaya hidup di Beijing
Nah segini nih perbandingan biaya buat hidup di Beijing dan Jakarta, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dari data Numbeo, kita bisa mengetahui besaran biaya hidup di Beijing dan perbandingannya dengan biaya hidup di Jakarta. Berikut ini perbandingannya.

1. Belanja bulanan

Gaji yang tinggi diikuti biaya hidup yang tinggi. Hal ini ada benarnya. Sebab belanja kebutuhan pokok sehari-hari di China rata-rata lebih mahal ketimbang di Jakarta. 

Harga beras di Beijing dijual di kisaran 8,47 yuan atau Rp 16 ribuan per kilogram. Sementara di Jakarta harga per kilogram sekitar Rp 13 ribuan.

Walaupun begitu, ada juga bahan-bahan pokok yang harganya beda-beda tipis. Contohnya aja harga telur di Beijing dijual di kisaran 12,74 yuan atau sekitar Rp 25 ribuan. Begitu juga dengan harga daging sapi di sana, yaitu sekitar 59,18 yuan atau Rp 118 ribuan.

2. Tarif sewa hunian

Sewa hunian di Beijing ternyata lebih mahal ketimbang Jakarta lho. Sewa apartemen satu kamar di pusat kota dikenakan tarif 7.279,28 yuan atau sekitar Rp 14.596.879,59. Sementara tarif apartemen tiga kamar berada di angka 15.410,34 yuan atau Rp 30 jutaan.

Lain lagi dengan tarif apartemen di pinggiran kota. Tarif apartemen satu kamar di pinggiran kota berada di angka 4.392,10 yuan atau Rp 8,8 jutaan. Sementara tarif apartemen tiga kamar di pinggiran kota sekitar 9.360,01 yuan atau sekitar Rp 18 jutaan.

3. Ongkos transportasi

Jakarta masih lebih murah buat ongkos transportasi. Lain dengan di Beijing yang ongkos transportasinya cenderung lebih mahal.

Di Beijing ongkos sekali jalan buat transportasi lokal dikenakan tarif 4 yuan atau sekitar Rp 8.021. Berbeda dengan di Jakarta, ongkos sekali jalannya rata-rata Rp 3.500.

Asal tahu aja nih, harga bensin di Beijing per liternya sekitar 7,13 yuan atau Rp 14 ribuan. Sementara di Jakarta harga bensin per liter sekitar Rp 9.000-an, bahkan bisa lebih murah.

4. Biaya makan

Bahan makanannya aja rata-rata mahal, apalagi biaya makan di sana. Ada benarnya sebab biaya makan di Beijing itu murahnya rata-rata 30 yuan atau sekitar Rp 60 ribuan. Di Jakarta belasan ribuan rupiah masih bisa buat makan siang.

Kalau air mineral dalam kemasan botol 330 mililiter di Beijing dijual dengan harga 2,34 yuan atau sekitar Rp 4.600-an. Sementara di Jakarta harga segitu bisa dapat yang 660 mililiter. 

Itu tadi perbandingan biaya hidup di Beijing dengan Jakarta. Gimana, tertarik gak buat tinggal di Beijing? Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).