UMR di India Lebih Besar dari Indonesia, Biaya Hidupnya Bisa Murah

biaya hidup di india

Survei yang dilakukan Go Banking Rates tahun 2018 menunjukkan kalau dari segi harga-harga, biaya hidup di India murah banget. Malahan lebih murah dibandingkan Arab Saudi ataupun Meksiko.

Ukuran yang menentukan murah atau mahalnya biaya hidup di India itu meliputi daya beli, biaya sewa, biaya bahan makanan, hingga harga konsumen. Dari ukuran-ukuran tersebut, Go Banking Rates menempatkan India di peringkat pertama dalam daftar 50 negara termurah.

Selain itu, ada banyak kebutuhan sekunder yang sering terlupakan, seperti asuransi kesehatan yang membantu kamu berjaga-jaga dari pengeluaran mendadak kalau sakit. Untuk mendapatkan harga termurah kamu bisa beli di Lifepal karena sedang ada diskon 15 persen, lho!

Menjadi pertanyaan adalah seberapa murah sih biaya hidup di India? Lebih murah gak kalau dibandingkan dengan Indonesia? Buat menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu bandingkan nih harga-harganya dengan bersumber dari Numbeo.

1. Belanja bulanan

Belanja bulanan (Shutterstock).

Komponen biaya hidup di India yang satu ini emang terbukti murah lho. Sampai-sampai Indonesia aja yang katanya murah masih kalah dengan India.

Asal tahu aja nih, harga beras di India itu sekitar 49,87 rupee India atau Rp9.932. Ternyata lebih murah beras India ketimbang beras Indonesia.

Terus nih harga daging di India juga lebih murah dibandingkan harga daging di Indonesia. Di sana per kilogram daging dijual dengan harga 316 rupee India atau sekitar Rp63.127. Sementara di Indonesia harganya tembus Rp118 ribu per kilogram.

Tips Lifepal! Hitung berapa banyak uang yang harus dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan hidup, menabung, berinvestasi, hingga memiliki perlindungan terbaik dengan menggunakan Kalkulator Kebebasan Finansial dari Lifepal.

2. Tarif sewa hunian

Biaya sewa apartemen di Jerman, mahalkah? (Shutterstock)
Biaya sewa apartemen, mahalkah? (Shutterstock)

Urusan tempat tinggal, India juga masih juara dalam keterjangkauan harga. Indonesia aja belum bisa menandingi murah tarif sewa hunian di India.

Perlu kamu tahu, tarif sewa apartemen satu kamar di India itu mencapai 11.172 rupee India atau sekitar Rp2,2 jutaan per bulan. Itu tarif yang berlaku di pusat kota negara ini. Sementara di luar kota sekitar 6.902 rupee India atau sekitar Rp1,3 jutaan per bulan.

Kalau pengin menyewa apartemen dengan tiga kamar di pusat kota, tarif yang dikenakan sekitar 2.761 rupee India atau Rp5,3 jutaan. Di luar kota tarifnya sekitar 16.056 rupee India atau Rp3,1 jutaan.

3. Ongkos transportasi

Begitu juga dengan ongkos transportasi di India. Rupanya komponen biaya hidup di India yang satu ini mengalahkan murahnya ongkos transportasi di Indonesia.

Seperti yang tercatat di Numbeo, ongkos sekali jalan di India itu sekitar 20 rupee India atau Rp3.983. Di Indonesia aja ongkos sekali jalan habis sekitar Rp4.000.

Biaya tiket berlangganan bulanan pun juga lebih terjangkau India ketimbang Indonesia. Per bulannya biaya berlangganannya sekitar 650 rupee India atau Rp129 ribuan. Indonesia lebih mahal sedikit, yaitu Rp180 ribuan.

4. Belanja pakaian

Orang India tengah ke mall (Shutterstock).

Biaya ini beda-beda tipis antara India dan Indonesia. Ada pakaian yang dijual murah di Indonesia. Ada pakaian lain yang dijual murah di India.

Di India satu celana jeans merk Levis 501 dijual dengan harga 2.268 rupee India atau Rp 51 ribuan. Di Indonesia celana tersebut dijual sedikit lebih mahal, yaitu Rp464 ribuan.

Buat sepatu pantofel yang digunakan buat kerja, harganya di India masih lebih murah, yaitu 2.572 rupee India atau Rp512 ribuan. Sementara di Indonesia harganya sekitar Rp885 ribuan.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

5. Biaya makan

Biaya makan orang India (Shutterstock).

Biaya makan di India pun juga beda-beda tipis dengan biaya makan di Indonesia. Di India itu biaya makan murah rata-rata berada di sekitaran 150 rupee India atau Rp29.879.

Di Indonesia lebih murah dari itu, yaitu sekitar Rp25 ribuan. Malah ada yang cuma Rp10 ribuan lho sekali makan.

Namun, buat air mineral dalam kemasan, India itu lebih murah. Air mineral botol 330 mililiter dijual dengan harga 14 rupee India atau Rp2.797. Di Indonesia harganya sekitar Rp4.000.

Nah, itu tadi biaya hidup di India yang beneran murah. Kalau biaya hidupnya semurah itu, berarti gaji di sana kecil dong? Gak disangka ternyata gaji UMR per bulan di India itu lebih besar dari Indonesia, yaitu Rp6,4 jutaan. Kalau begitu faktanya, kepengin gak kamu tinggal di sana? 

Ingin tahu lebih banyak tentang anggaran dan bagaimana cara mengaturnya? Tanyakan langsung pada ahlinya melalui Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →