Biaya Langganan Zoom, PPN, hingga Fitur Unggulan

biaya langganan zoom

Hampir seluruh perusahaan di Indonesia, terutama di Jakarta yang menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Bahkan, meeting pun dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Berapa biaya langganan Zoom?

Hadirnya aplikasi Zoom membantu kita untuk bertemu dan terhubung secara virtual melalui pesan suara, video, maupun keduanya dengan siapa saja. Sebagai aplikasi layanan konferensi video, Zoom fokus memberikan kualitas gambar video dan audio suara yang terbaik. Semua percakapan yang terjadi bisa kamu rekam dan putar kembali.

Di situasi pandemi seperti ini, aplikasi Zoom sangat membantu pekerjaan dan memudahkan silaturahmi dengan kerabat. Kamu bisa melakukan pertemuan penting atau meeting bersama satu orang, dua orang hingga ribuan orang melalui aplikasi Zoom. 

Di dalam aplikasi Zoom sendiri terdapat Zoom Meetings dan Zoom Room yang memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini rincian biaya Zoom Meeting beserta biaya pajaknya yang wajib kamu ketahui.

Biaya langganan Zoom

Menjadi pelanggan berbayar di aplikasi Zoom terbilang cukup murah dibandingkan aplikasi lainnya. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp200 ribuan untuk menikmati kemudahan melakukan pertemuan dan meeting secara virtual.

Biaya langganan Zoom Meetings

  1. Zoom meetings free. Nikmati kebebasan meeting one-on-one tanpa batas secara gratis melalui Zoom Meetings Free. Sesuai namanya, free alias gratis, kamu gak perlu mengeluarkan sepeserpun uang. Sedangkan untuk group meeting memiliki kapasitas maksimal 100 orang dengan durasi maksimal 40 menit.
  2. Zoom meetings Pro. Biaya yang dikeluarkan cukup $15 atau berkisar Rp215 ribuan per host. Sebagai host, kamu bisa mengundang maksimal 100 partisipan untuk bergabung dalam konferensi video ini. Durasi maksimalnya pun mencapai 24 jam. Sayangnya, kamu gak bisa merekam jalannya meeting berlangsung pada paket ini.
  3. Zoom meetings Business. Untuk berlangganan Zoom Meetings Business, kamu harus merogoh kocek sekitar $200 atau setara dengan Rp2,9 jutaan untuk 10 host. Setiap hostnya dikenakan biaya sebesar $20 atau setara dengan Rp290 ribu. 

Dengan nominal segitu, kamu sudah dapat menikmati seluruh fasilitas Zoom Meetings pada paket Zoom Meetings Pro ditambah fasilitas cloud transcript dan call center langsung ke pihak Zoom. Adapun jumlah partisipan yang berlaku maksimal 300 orang.

  1. Zoom meetings Enterprise. Minimal pembelian pada paket ini sebanyak 100 host dengan masing-masing host dikenakan tarif sebesar $20. Zoom Meetings Enterprise dikhususkan untuk perusahaan-perusahaan dengan karyawan lebih dari seribu orang.

Pilihan paket Zoom lainnya

Tidak hanya Zoom Meetings saja, tetapi ada banyak pilihan paket lainnya seperti Zoom Phone, Zoom Events & Webinar, Zoom Rooms, dan Zoom United. 

Sejauh ini, Zoom Phone hanya bisa digunakan bagi pelanggan yang memiliki nomor ponsel Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan Zoom United merupakan gabungan dari Zoom Meetings dan Zoom Phone.

Zoom Events & Webinar merupakan pilihan paket yang baru saja dirilis. Sesuai dengan namanya, paket ini diperuntukkan untuk kegiatan webinar dengan kapasitas peserta minimal 500 orang dan maksimal 10 ribu orang lebih. 

Pilihan paket terakhir adalah Zoom Rooms. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Zoom Rooms. Berikut ini biaya langganan Zoom untuk paket Zoom Phone, Zoom United, Zoom Rooms, Zoom Event & Webinar.

Jenis Paket ZoomBiaya Langganan Zoom
Paket Zoom Room
Zoom Rooms Licenses$49 atau Rp700 ribuan
Zoom Rooms Enterprise$49 atau Rp700 ribuan
Zoom Event & Webinar
Zoom Webinar 500 Partisipan$79 atau Rp1,1 jutaan
Zoom Webinar 1000 Partisipan$340 atau Rp4,9 jutaan
Zoom Webinar 3000 Partisipan$990 atau Rp14,2 jutaan
Zoom Webinar 5000 Partisipan$2490 atau Rp35,7 jutaan
Zoom Webinar 10.000 Partisipan$6490 atau Rp93,2 jutaan
Zoom Event 500 Partisipan$99 atau Rp1,4 jutaan
Zoom Event 1000 Partisipan$440 atau Rp6,3 jutaan
Zoom Event 3000 Partisipan$1290 atau Rp18,5 jutaan
Zoom Event 5000 Partisipan$3240 atau Rp46,5 jutaan
Zoom Phone
Zoom Phone US & Canada$10 atau Rp144 ribuan
Zoom Phone US & Canada Unlimited$15 atau Rp215 ribuan
Zoom Phone Pro Global Select$20 atau Rp287 ribuan
Zoom United
Zoom United Pro$30 atau Rp430 ribuan
Zoom United Business$35 atau Rp500 ribuan
Zoom United Enterprise$35 atau Rp500 ribuan

Zoom terapkan PPN 10 persen kepada pelanggan khusus

Sejak 1 Oktober 2020, Zoom membebankan pajak sebesar 10 persen kepada pelanggan berbayar di Indonesia. 

Hal ini sesuai keputusan dan perintah dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP atau Dirjen Pajak) yang memutuskan akan membebankan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kepada 12 perusahaan yang menawarkan barang dan jasa digital kepada pelanggan di Indonesia.

Pelanggan Zoom Video Communications, Inc atau Zoom yang merupakan Pengusaha Kena Pajak (PKP) akan diminta untuk mengisi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan nama lengkap yang sudah terdaftar di Dirjen Pajak.

Caranya cukup mudah, pertama kamu harus melakukan log in di Zoom portal pada browser website. 

Setelah masuk ke halaman beranda, kamu bisa pilih Account Management yang terletak di menu kiri. 

Selanjutnya klik Billing Information di sisi atas dan geser ke bawah ke bagian Billing Contact. Input nomor NPWP mu di kolom GST Number.

Daftarkan juga email mu agar mendapatkan informasi, inspirasi, dan insight yang langsung dikirimkan ke alamat email pelanggan yang terdaftar. 

Alamat email tersebut nantinya akan terdaftar di DJP untuk kepentingan kredit pajak yang akan tercantum pada faktur yang diterbitkan kepada pengguna.

Lebih baik mana, zoom gratis atau zoom berbayar?

Bila kamu sebagai pelanggan pasif Zoom atau pelanggan yang hanya diundang sebagai partisipan konferensi video, tidaklah penting apakah Zoom yang kamu gunakan Zoom berbayar atau Zoom gratis.

Pada dasarnya, sebagai partisipan, baik Zoom berbayar maupun Zoom gratis fitur yang akan kamu rasakan sama saja. Lain halnya bila kamu adalah host dari konferensi video tersebut. Kamu harus memutuskan akan menggunakan Zoom berbayar atau Zoom gratis.

Biasanya, Zoom berbayar akan direkomendasikan kepada para pengajar dan perusahaan. Mengapa? Sebab, para pengajar memerlukan fitur dengan kualitas maksimal agar proses pembelajaran lancar. Begitu juga perusahaan yang mengadakan pertemuan virtual.

Sebenarnya, penggunaan Zoom berbayar dikhususkan untuk jangka waktu yang panjang. Bila kamu hanya menggunakan untuk jangka waktu yang pendek dan cenderung sesekali saja lebih baik menggunakan Zoom gratis.

Dari segi jumlah partisipan, Zoom tidak berbayar atau gratis memiliki kapasitas partisipan maksimal hingga 100 partisipan. Sementara itu, Zoom berbayar mampu menampung partisipan hingga 1000 peserta tergantung pilihan paket yang kamu pilih.

Dilihat dari kapasitas kemampuan jumlah partisipan, Zoom berbayar lebih unggul dibandingkan Zoom gratis.

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan juga adalah durasi konferensi video. Kamu yang hendak meeting one-on-one atau hanya terdiri dari 1 partisipan saja memiliki fasilitas durasi yang tidak dibatasi. Akan tetapi, bila kamu melakukan group meeting kamu hanya mendapatkan durasi maksimal sebanyak 40 menit.

Berbeda dengan Zoom berbayar, kamu bisa melakukan pertemuan atau meeting dengan durasi hingga 24 jam.

Itulah untung dan rugi bila kamu menggunakan Zoom gratis dan berbayar. Baik Zoom berbayar maupun Zoom gratis tentu sangat menguntung tergantung keperluan dan kebutuhan kamu dalam mengakses aplikasi Zoom.

Apa bedanya Zoom Meeting dan Zoom Room?

Meskipun sekilas sama, ternyata Zoom Meeting dan Zoom Room memiliki perbedaan yang signifikan. Zoom Meeting sebagai wadah untuk melakukan virtual meeting memudahkan kamu untuk bergabung di dalam rapat virtual dengan memanfaatkan telepon dan webcam.

Adapun Zoom Room memberikan kemudahan dan solusi untuk perusahaan dan badan usaha lain yang hendak melakukan video konferensi bersama ribuan karyawannya.

Kamu yang berlangganan Zoom Room akan diberikan fasilitas khusus berupa ruang konferensi khusus dengan banyaknya solusi yang diberikan Zoom. Solusi yang dimaksud berupa hardware maupun software sebagai alat untuk melakukan video konferensi bersama seluruh anggota meeting.

Berikan asuransi jiwa terbaik untuk karyawan

Memilih asuransi jiwa terbaik sebaiknya dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Selain itu, pastikan juga perusahaan memiliki reputasi dan kinerja keuangan yang baik serta terdaftar di OJK dan AAJI.

Simak penjelasan tentang tips untuk memilih asuransi jiwa terbaik di bawah ini!

1. Sesuaikan dengan tujuan finansial

Sama seperti investasi, asuransi adalah alat untuk mencapai tujuan finansial kita. Oleh sebab itu, penting menentukan tujuan membeli produk. Apakah untuk menyokong pendidikan anak? Atau dana pensiun? Atau supaya keluarga bisa melanjutkan hidup selama beberapa tahun saja?

Kalau ingin mencari polis yang sesuai sama kebutuhan tadi, Lifepal menyediakan konsultasi gratis dengan konsultan asuransi kami. Kamu hanya perlu mengisi formulir berikut.

2. Ingin murah? Pilih asuransi jiwa murni 

Asuransi jiwa murni tidak menawarkan fungsi lain seperti tabungan atau investasi. Murni hanya untuk perlindungan jiwa saja. Oleh sebab itu, pembayaran premi tentu jauh lebih murah daripada asuransi berbalut investasi atau tabungan.

3. Riset reputasi perusahaan

Langkah termudah untuk mengetahui kinerja suatu perusahaan adalah dengan melakukan riset di media massa. Ketik saja nama perusahaan asuransi di Google, lalu buka tab “Berita”. Kita akan menemukan pemberitaan tentang perusahaan asuransi dari berbagai media bisnis seperti Tempo, Bisnis, dan CNBC.

Usahakan pilih berita yang ditulis satu dan dua tahun terakhir untuk memastikan kabar mengenai perusahaan asuransi itu memang masih update.

4. Cek kesehatan keuangan perusahaan

Kita perlu menganalisis laporan keuangan perusahaan untuk memastikan kesehatannya. Hal utama yang perlu disorot adalah kolom rasio solvabilitas atau Risk based capital (RBC).

RBC adalah indikator yang menggambarkan kemampuan perusahaan membayar utang jangka panjang. Berdasarkan ketentuan pemerintah, semua perusahaan asuransi wajib memiliki RBC minimal 120 persen. 

Jika sebuah perusahaan asuransi memiliki RBC 508 persen, artinya perusahaan bisa membayar semua utangnya sebanyak lima kali lipat. Hal ini bisa berdampak pada kemampuannya dalam membayar klaim.

Informasi ini bisa kita dapatkan melalui laporan keuangan perusahaan pada tabel Indikator Kesehatan Keuangan dengan nama Rasio Pencapaian. Berikut brand asuransi dengan tingkat RBC terbaik yang bisa dibeli di Lifepal. 

5. Terdaftar di AAJI dan OJK

Pastikan kita memilih asuransi jiwa yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, pastikan juga kepesertaan mereka dalam di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Dengan demikian, perusahaan terbukti kredibel karena masih memiliki izin usaha dari pemerintah. Beberapa perusahaan di bawah AAJI di antaranya Manulife, Prudential, Allianz, Cigna, Astra Life, dan lain-lain.

Pemerintah memberikan ketentuan bahwa rasio likuiditas dan solvabilitas yang baik adalah minimum 120 persen. Apabila perusahaan asuransi yang kita temukan memiliki rasio di bawah angka tersebut, maka kondisi kesehatannya sedang tidak baik-baik saja.

Kalau kamu masih bingung menentukan asuransi jiwa terbaik, kamu bisa cari dan bandingkan berbagai produk asuransi di Indonesia atau tanyakan langsung pada ahlinya di Tanya Lifepal!

Sebagai pertimbangan kamu bisa mengetahui besaran uang pertanggungan yang didapat dengan menggunakan kalkulator uang pertanggungan

Ada dua cara yang bisa dipilih dalam menentukan nilai uang pertanggungan asuransi jiwa yang ideal bagi setiap nasabah, yaitu berdasarkan pengeluaran dan penghasilan.

Kalkulator uang pertanggungan berdasarkan pengeluaran

Kalkulator uang pertanggungan berdasarkan pendapatan

FAQ seputar biaya langganan zoom