Biaya Liburan Dadakan Gampang! Yuk Akali dengan 6 Trik Ini Biar Gak Batal

Kepala pusing karena penat banyak kerjaan, kamu pengin banget liburan buat menghilangkan segala stres tersebut. Tapi sayangnya, biaya liburan belum tentu sedikit, kan?

Sebenarnya kamu masih bisa tetap liburan, kok, meskipun dana yang kamu miliki pas-pasan atau gak ada sama sekali.

Biar gak makin pusing karena kerjaan, yuk, simak tips buat cari biaya liburan berikut ini.

1. Pakai tabungan khusus liburan

biaya liburan
Tabungan liburan (Femina)

Jalan pertama yang bisa kamu tempuh tentu aja pakai tabungan yang ada. Bisa jadi kamu punya tabungan yang emang kamu khususkan buat liburan lainnya. Nah, kalau emang udah mepet banget, ya udah pakai aja tabungan itu.

Itulah manfaatnya bila kamu udah punya tabungan khusus buat liburan.

2. Jual barang yang gak perlu

biaya liburan
Garage sale (Gsalr)

Gimana kalau kamu gak rela buat pakai tabungan yang kamu miliki? Ada cara lain, kok.

Coba deh cek lemari kamu apakah ada barang-barang yang sebenarnya gak kamu perlukan. Misalnya aja pakaian, sepatu, dan benda-benda hobi yang udah lama gak terpakai.

Kumpulkan dan coba jual ke teman ataupun via online. Contohnya, kamu bisa jual barang bekas yang kamu miliki via situs jual beli OLX, Bukalapak dan sebagainya.

Bingung cara jual barang bekas yang kamu miliki? DuitPintar pernah bahas tipsnya pada tautan berikut.

[Baca: 4 Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dari Barang Bekas]

3. Cari pekerjaan sampingan

biaya liburan - 2
Kerja sampingan (BisnisUKM)

Gaji udah kandas dan kamu bingung mau pakai uang dari mana buat short-escape kali ini, kenapa gak cari pekerjaan sampingan aja?

Jadi penulis artikel ataupun tawarkan jasa lainnya yang sesuai dengan keahlian kamu. Dalam beberapa minggu ke depan, kamu udah bisa liburan deh.

Contoh, kamu bisa menulis buat situs Babe yang menyediakan bayaran per tulisan buat kontributor mereka.

Ada pula beberapa situs seperti Projects.co.id, Sribulancer atau Freelancer yan menyediakan informasi beragam proyek dari si pencari jasa buat para freelancer.

[Baca: 10 Situs Kerja Freelance Lokal dan Mancanegara Buat Nambah Setoran]

4. Pakai kartu kredit

biaya liburan
Kartu kredit buat liburan (Tribunnews)

Siapa bilang kartu kredit itu jahat? Kalau kamu bisa bijak gunakan kartu kredit, kamu bisa kok dapat banyak manfaat dari kartu kredit.

Salah satunya, kartu kredit bisa bantu talangin dana dan biaya liburan buat beli tiket pesawat. Jadi, kamu gak perlu menunda buat liburan.

Perlu banget kamu ingat di bulan depan kamu harus bayar tagihan secara full. Kalau kamu bayarnya minimum, itu sama aja kamu nyusahin diri karena harus bayar bunga kartu kredit yang gak sedikit.

Alternatifnya, kamu bisa pilih pembayaran dengan cicilan 0% buat beli tiket pesawat. Dengan gitu, tagihan bulan depan jadi lebih ringan.

Apalagi beberapa kartu kredit punya kerjasama dengan maskapai tertentu. Misalnya aja kartu kredit CIMB Niaga yang bekerja sama dengan AirAsia. Maskapai tersebut sering kali kasih program kursi gratis bagi pemilik kartu kredit CIMB Niaga.

[Baca: Pilih 4 Kartu Kredit Terbaik untuk Travel Ini Biar Liburan Lebih Hemat]

5. Liburan yang dekat-dekat aja

KRB
Kebun Raya Bogor (GoodnewsfromIndonesia)

Daripada maksain diri buat liburan jauh nan mewah, mending kamu cari destinasi wisata yang dekat-dekat aja deh.

Judulnya tetap liburan, kan?

Misalnya, kamu sekarang bekerja di Jakarta. Kamu bisa liburan singkat buat menghilangkan penat dengan berkunjung ke kota Bogor atau Bandung.

Dari Jakarta ke Bogor, kamu cukup naik KRL yang mana harga tiketnya cuma Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu aja.

Di Bogor, kamu bisa pilih beberapa destinasi wisata seperti misalnya KRB (Kebun Raya Bogor). Masuk ke KRB cuma butuh uang Rp 15 ribu aja per orang. Setelahnya, kamu bisa wisata kuliner di daerah Suryakencana.

Ke Bandung juga gak perlu biaya mahal, kok. Tiket kereta api ke Bandung dari Jakarta cuma Rp 85 ribu dan total sekitar Rp 170 ribu buat PP. Kadang malah ada promo Rp 85 ribu buat PP.

Terkesan biasa aja sih. Tapi, pasti ada destinasi-destinasi baru yang bisa jadi belum pernah kamu kunjungi.

6. Pilih liburan dengan fasilitas hemat

hotel lucu
Cari aja hotel-hotel lucu nan murah (Pegipegi)

Jauh atau dekat bakal jadi mahal banget kalau kamu pilih fasilitas yang mewah. Oleh karena itu, pilih fasilitas yang biasa-biasa aja.

Kamu gak harus pilih yang murah banget sampai harus mengorbankan kenyamanan.

Misalnya, kamu bisa staycation di hotel murah namun punya konsep lucu. Beberapa hotel seperti Yello Hotel, Pop Hotel dan sebagainya. Biaya menginap di sana mulai dari Rp 300 ribuan aja.

Nah, udah siap buat liburan dadakan kali ini? Biaya liburan bisa ditekan semurah mungkin atau kamu bisa kumpulkan biaya buat liburan kali ini. Cuma dua itu pilihannya.

Happy traveling, ya!

Tags:

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis