Biaya Pernikahan Sederhana Estimasi Bujet Rp50 Juta

biaya pernikahan

Berapa idealnya biaya pernikahan sederhana tanpa mengurangi kesakralan acara? Sebetulnya, tidak ada aturan baku soal berapa besar biaya pernikahan. 

Yang pasti, kalau ingin pesta pernikahan megah dan meriah, ditambah jika memakai adat istiadat tertentu, ada biaya tambahan yang tidak sedikit. Apalagi kalau ingin menikah di gedung lengkap jasa wedding organizer, biaya pernikahan bisa lebih dari Rp100 juta. 

Lantas, kalau biaya pernikahan yang kita punya hanya Rp50 juta, haruskah gagal menikah? Tentu tidak, kita tetap bisa mewujudkan pernikahan idaman bujet Rp50 juta dengan menghemat atau menabung. Poin penting saat menghemat atau menabung adalah memastikan ketersediaan dana darurat dan asuransi kesehatan untuk meminimalisir risiko.

Biaya pernikahan sederhana dengan bujet Rp50 juta

Sebenarnya, pernikahan yang sakral dan bermakna tak melulu menghabiskan ratusan juta rupiah kok. Sah-sah saja jika kita punya cukup uang untuk bikin pesta pernikahan yang megah dan meriah dengan bujet tinggi. 

Tapi, kalau bujetmu saat ini hanya Rp50  juta, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar pesta pernikahan impian tetap terlaksana. Berikut ini tips menggelar pesta dengan biaya pernikahan sederhana ala Lifepal.

1. Capai kata sepakat

Pesta nikah adalah awal bersatunya dua keluarga, yang bisanya punya nilai dan adat istiadat keluarga yang berbeda pula. 

Karena itu, jika biaya pernikahan kamu memang terbatas, pastikan kedua keluarga mengetahui. 

Tentu saja, orang yang perlu sepakat denganmu adalah pasanganmu terlebih dahulu, baru kemudian keluarga besar. 

2. Lebih kreatif

Jika bujet pesta pernikahanmu terbatas, tentu saja kamu harus punya banyak alternatif pilihan juga mengakali bagaimana agar pesta kamu tetap memorable tapi juga on budget

Coba gunakan ide-ide yang ada di Pinterest, media sosial yang satu ini adalah gudangnya mencari ide-ide kreatif. 

Cara lainnya, coba ingat tiga pesta teman yang kalian datangi berdua akhir-akhir ini. Pilih satu item yang paling kalian suka. 

3. Minta tolong saudara atau teman untuk meminimalisir biaya pernikahan

Jika punya teman yang pandai memasak, coba jadikan dia sebagai konsultan, sekaligus orang yang bertanggung jawab untuk urusan catering kamu. Meski teman, jangan lupa tetap bayar jasa mereka, ya!

Atau jika punya adik kelas yang sedang butuh portofolio, kamu bisa ajak mereka untuk bantu-bantu di acara wedding, entah dengan membuatkan undangan, kue pernikahan, atau merancang baju nikahmu. 

4. Be you self

Jangan pernah malu untuk membuat pesta pernikahan ala kamu sendiri. Jika memang bujet yang kamu tetapkan tidak besar, dan hal tersebut sudah kamu sepakati bersama calon pasangan, maka tidak perlu malu dengan pendapat banyak orang. 

Jika kata sepakat sudah didapat, maka langkah kedua yang harus kamu ambil adalah menyusun daftar keperluan pernikahan. 

Saat menyusun daftar keperluan, sebaiknya tentukan juga bujet masing-masing post. Agar kamu punya gambaran pasti berapa bujet yang harus ditetapkan untuk tiap post, berikut ini 11 daftar rekomendasi plus ide untuk membuat biaya pernikahanmu sesuai bujet. 

Tips mengatur biaya pernikahan 2020 dengan bujet Rp50 juta

Gak usah bingung, mari kita langsung cari tahu ide-idenya apa saja di bawah ini.

1. Mahar atau maskawin

Meski bukan merupakan rukun atau syarat syahnya perkawinan, mahar sudah menjadi hal lazim diberikan sebagai hadiah kepada mempelai wanita dan keluarganya. 

Tidak ada peraturan baku jenis dan jumlah mahar, tapi sebaiknya mahar merupakan benda atau jasa yang bernilai ekonomi. Pilihannya dapat dimulai dari emas, uang tunai, saham, perak, dan lain sebagainya. Besar kecilnya, tergantung kesepakatan calon pengantin.

Estimasi biaya pernikahan:

Sebagai acuan, jika kamu ingin memberikan satu set perhiasan emas seberat 10 gram sebagai mahar, maka artinya uang yang harus kamu persiapkan antara Rp6-Rp7 juta (berdasarkan harga per gram emas 70 persen tahun 2020).

2. Hantaran

Umumnya hantaran berupa perlengkapan wanita (baju, tas, sepatu, make up, perlatan sholat, dan lain sebagainya). Dan kadang ditambah juga dengan kue dan buah-buahan. 

Estimasi biaya pernikahan:

Banyak sedikit dan kelengkapan hantaran tentu tergantung kesepakatan kalian berdua. Tapi, biasanya untuk biaya sederhana keperluan ini antara Rp2-Rp5 juta. 

3. Cincin nikah

Umumnya berat satu cincin kawin adalah 3-5 gram. Untuk bahannya bisa dari emas putih atau emas kuning.

Estimasi biaya pernikahan:

Jadi, jika kamu sepakat menggunakan cincin 4 gram, maka dana yang harus kamu siapkan kurang lebih Rp 5-Rp6 juta (berdasarkan harga emas perhiasan tahun 2020).

4. Tempat dan dekorasi

Alokasikan sekitar 30 persen untuk venue dan dekorasi pernikahan atau sekitar Rp15 juta. Jika mau hemat, kita bisa memilih balai pertemuan warga, balai serbaguna, atau aula sekolah. Saat ini juga banyak lapangan RT atau RW yang bisa disewa untuk keperluan pesta. 

Estimasi biaya pernikahan:

Menyewa tempat seperti ini tentu jauh lebih murah dibanding harus sewa gedung perkantoran, apalagi hotel. Tempat publik seperti ini biasanya dapat disewa dengan tarif Rp2-Rp5 juta. 

Nah, untuk dekorasi, carilah yang minimalis namun tetap elegan. Sebagai survei awal, coba cari melalui aplikasi Instagram seperti akun Kimikaya decoration atau Rona Pagi.

5. Katering

Bujet katering sangat tergantung dengan jumlah tamu yang diundang. Agar tetap on budget alokasikan maksimal 30 persen atau Rp15 juta khusus untuk katering. 

Estimasi biaya pernikahan:

Sebagai gambaran, jika total yang diundang adalah 200 hingga 300 tamu, cari katering yang menawarkan paket sekitar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per pax, seperti di Sakina Wedding. 

Ingat, kualitas katering bukan dari jumlah atau jenisnya tapi yang terpenting rasanya. Lebih baik pilih sedikit menu tapi rasanya terjamin enak, daripada beragam tapi dengan rasa biasa aja.

Untuk memangkas biaya tempat pernikahan, kita juga bisa memilih venue yang menyediakan paket dengan katering, hiburan, MC, bahkan kue pengantin sekaligus.

Alternatif lain, minta bantuan teman untuk membuatkan menu dan masakan sesuai bujet yang kamu tetapkan. 

6. Busana dan tata rias

Busana pengantin hanya akan kamu pakai sekali seumur hidup, jadi pertimbangkan untuk pangkas biaya dengan menyewa saja. 

Estimasi biaya pernikahan:

Pilih sanggar atau tempat penyewaan baju pengantin yang terjangkau dengan estimasi biaya maksimal Rp5 juta meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai, 4 seragam orangtua, rias pengantin, rias orangtua dan keluarga, dan seragam saudara.

7. Undangan dan suvenir

Sebagus apa pun undangan pernikahan, tak jarang akan berakhir di tempat sampah. Biar gak sayang dan makin hemat, kita bisa membuat undangan berbasis digital melalui layanan situs perencana seperti wedivite, evite,dan lainnya. Dengan begitu, biaya undanganmu jadi nol rupiah.

Meski ingin tetap membuat undangan fisik, kita bisa membuat sendiri dengan aplikasi desain yang praktis seperti Canva. Sementara untuk suvenir, bisa buat sendiri. Selain lebih hemat akan lebih bermakna jika dibuat secara homemade.

Estimasi biaya pernikahan:

Alokasikan anggaran sekitar Rp2 juta untuk undangan dan suvenir.

8. Selain biaya pernikahan, memenuhi persyaratan nikah

Salah satu cara menggelar pernikahan sederhana dengan menggelar akad nikah di KUA.

Berikut, syarat pendaftaran dan prosedur pernikahan di KUA:

  • Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan di KUA Kecamatan tempat akad dilaksanakan
  • Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan paling lama 10 hari kerja, sebelum dilaksanakan perkawinan
  • Kurang dari 10 hari kerja, calon pengantin harus mendapat surat dispensasi dari camat tempat akad dilaksanakan
  • Kedua calon pengantin mengisi formulir pendaftaran
  • Membawa surat pengantar perkawinan dari kelurahan tempat tinggal calon pengantin
  • Membawa fotokopi akta kelahiran
  • Membawa fotokopi KTP
  • Membawa fotokopi kartu keluarga
  • Membawa surat rekomendasi perkawinan dari KUA kecamatan setempat, bagi calon pengantin yang menikah di luar wilayah kecamatan tempat tinggalnya
  • Persetujuan kedua calon pengantin
  • Izin tertulis orangtua atau wali bagi calon pengantin yang belum mencapai usia 21 tahun
  • Izin dari wali yang memelihara atau keluarga yang mempunyai hubungan darah, dalam hal kedua orangtua atau wali sebagaimana dimaksud di atas meninggal dunia atau dalam keadaaan tidak mampu
  • Izin dari pengadilan, dalam hal orangtua, wali, dan pengampu tidak ada
  • Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang belum mencapai umur 19 tahun dan bagi calon istri yang belum mencapai umur 16 tahun
  • Surat izin dari atasan/kesatuan jika calon mempelai anggota TNI/Polri
  • Penetapan izin poligami dari pengadilan agama bagi suami yang hendak beristri lebih dari seorang
  • Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi mereka yang perceraiannya terjadi sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama
  • Akta kematian atau surat keterangan kematian suami/istri dibuat oleh lurah/kepala desa atau pejabat setingkat bagi janda/duda ditinggal mati.

Lantas, berapa biaya menggelar pernikahan di KUA? 

Biaya KUA atau berkas lainnya

Kalau gak mau mengeluarkan sepeserpun untuk KUA, pertimbangkan untuk menikah langsung di KUA pada hari kerja. Sementara untuk biaya KUA di hari libur sekitar Rp600 ribu.

Estimasi biaya pernikahan:

Alokasikan maksimal Rp1 juta buat biaya KUA, pengurusan berkas-berkas pernikahan, sekaligus biaya transportasi selama mengurus.

9. Dokumentasi

Gak perlu keluar banyak bujet buat dokumentasi. Kalau punya teman yang punya hobi fotografi  bisa manfaatkan jasanya dengan tarif yang lebih terjangkau. Dengan begini, acara pernikahan kita dapat sekaligus menambah portofolionya. 

Estimasi biaya pernikahan:

Batasi anggaran maksimal Rp3 juta untuk biaya ini. Jika rajin mencari kita bisa menemukan banyak jasa dengan tarif di bawah itu.

10. Hiburan

Jika mau mengeluarkan biaya pernikahan sederhana, bisa mengundang teman atau keluarga untuk menyanyi sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk biaya alat musik atau organ tunggal. Cara ini juga bisa menambah keseruan acara pernikahan kita.

Namun, bila ingin menggelar hiburan di pesta pernikahan, maka kamu harus mengetahui kisaran harga untuk bisa menyiapkan bujetnya. 

Estimasi biaya pernikahan:

Jasa penyanyi pernikahan biasa berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta belum termasuk biaya latihan, busana, dan alat musik. Untuk itu, sediakan bujet maksimal Rp3 juta.

11. Biaya pernikahan tak terduga

Dari total anggaran di atas, kita masih punya sisa Rp1 juta untuk biaya tak terduga. Biaya tak terduga dalam pernikahan meliputi biaya konsumsi panitia, transportasi, dan biaya jamuan tamu atau keluarga besar di rumah. Daftar anggaran itu bisa menjadi sangat fleksibel tergantung kebutuhan pengantin. 

Misalnya, jika ingin membuat pesta yang lebih privat dan hanya mengundang sedikit tamu, biaya katering bisa dipangkas dan alokasikan ke hal lain. Atau bisa juga di-upgrade dengan menu yang lebih spesial.

Estimasi biaya pernikahan

Setelah mengetahui persiapan biaya dalam pernikahan nanti, selanjutnya kamu perlu membuat estimasi biaya nikah. Berdasarkan pengeluaran rata-rata tahun 2020, ini estimasi dari masing-masing daftar persiapan pernikahan yang telah disebutkan di atas:

Estimasi biaya pernikahan

Biaya pendaftaran pernikahan Rp600 ribu – Rp1 juta
Biaya tempat dan dekorasi Rp2juta – Rp15 juta
Biaya katering pernikahan Rp10 juta (dengan estimasi 200 porsi)
Biaya rias dan gaun pengantin Rp5 juta
Biaya cincin nikah Rp5 juta-Rp6 juta
Biaya undangan dan suvenir pernikahan Rp2 juta
Biaya dokumentasi foto dan video Rp3 juta
Biaya hiburan musik Rp3 juta
Biaya tak terduga Rp1 juta

Itulah kira-kira estimasi biaya pernikahan yang perlu kamu dan pasangan persiapkan. Biaya tersebut bisa kurang, bisa lebih, tergantung dari keinginan kamu dan pasangan, serta keluarga dalam menyusun pernikahan nanti.

Siapkan anggaran untuk biaya pernikahan

Persiapkan dana pernikahan sejak mulai bekerja, sekalipun kita masih single. Apalagi, bila kamu dan pasangan sudah bekerja, sisihkan pendapatan bulanan masing-masing dan gabungkan. 

Kombinasikan juga aset berupa simpanan berupa rekening khusus dana menikah, maupun investasi, dan berhemat.

Hemat untuk mengumpulkan biaya pernikahan

Untuk bisa mengumpulkan dana pernikahan, kamu harus menekan pengeluaran sehari-hari dengan hidup hemat. 

Contohnya, bila biasanya kamu mengeluarkan uang Rp50 ribu untuk kebutuhan makan, maka dapat dipangkas menjadi Rp15 ribu atau Rp20 ribu per hari. Bahkan, agar lebih hemat, kamu bisa membawa bekal ke kantor. 

Biar program penghematan semakin sukses, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang biasanya diselenggarakan berbagai e-wallet seperti OVO, Go-Pay, Dana, dan sebagainya.

Agar semakin mudah menyiapkan anggaran pernikahan, kamu juga bisa menekan pengeluaran di pos yang lain.

Meski, kamu tetap harus menekan pengeluaran dengan cara yang wajar. Jangan sampai terkesan kikir atau pelit hingga menyiksa diri sendiri. Kalau ingin makan di luar, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering. 

Buat rekening khusus untuk biaya pernikahan

Menyiapkan biaya pernikahan sudah bisa dilakukan bersama pasangan satu atau dua tahun sebelum hari H. Yaitu, dengan cara membuat tabungan khusus untuk menikah.

Tentukan uang yang akan ditabung setiap bulannya. Jumlah ini bisa kamu kalkulasikan dari total kebutuhan biaya pernikahan nanti. 

Misalnya, kamu dan pasangan butuh Rp100 juta untuk biaya pernikahan, maka kamu dan pasangan harus menyisihkan uang Rp4,2 juta ke tabungan bersama. Namun, angka itu sebaiknya dilebihkan agar ada biaya untuk dana darurat. 

Gunakan kalkulator menabung

Sebagai perhitungan, kita anggap saat ini tabungan kita sebesar Rp10 juta dan kita ingin menabung hingga mencapai Rp50 juta. 

Jika kita menabung di bank dengan bunga 5% per-tahun selama hampir 2 tahun (23,95 bulan), maka setiap bulannya kita harus menabung sebesar Rp1.550.000. Kamu bisa mengubah angka di kalkulator untuk menyesuaikan dengan tujuan menabung-mu.

Selain menggunakan kalkulator menabung untuk membantumu mengetahui berapa biaya untuk keperluan menikah, pastikan kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat. Untuk mengecek kesehatan keuanganmu, kamu bisa menggunakan fitur cek kesehatan keuangan gratis dari Lifepal.

Investasi untuk mengumpulkan biaya pernikahan

Nah, bila kamu ingin uang yang telah dikumpulkan berangsur-angsur menghasilkan, maka investasi adalah langkah bijak mewujudkannya. 

Sebab, uang di tabungan tidak bisa diharapkan tumbuh dan berangsur-angsur bertambah nilainya, melainkan sebaliknya uang yang dibiarkan diam dalam tabungan terus tergerus nilainya akibat inflasi dan biaya administrasi lainnya.

Alasan itulah yang membuat investasi merupakan pilihan tepat. Ada beragam jenis investasi, namun saham atau reksa dana sangat cocok bagi kamu yang sudah berencana menikah kurang dari lima tahun ke depan. Sebaliknya, investasi emas cocok untuk kamu yang akan menikah dalam lebih dari lima tahun lagi.

Selain investasi, bisa juga memilih peer to peer lending (P2P Lending) sebagai sumber pendapatan tambahan. 

Itulah langkah-langkah mewujudkan pernikahan sederhana dengan bujet Rp50 juta. Biar tetap sesuai bujet, buatlah rencana anggaran biaya nikah sederhana sedetail mungkin dan patuhi rencanamu. 

Pahami hal apa yang ingin kamu tonjolkan dalam pernikahanmu sehingga dapat mengefisienkan biaya. Semoga rincian biaya nikah sederhana bujet Rp50 juta ini berguna buatmu, ya!

Pentingnya asuransi

Menikah berarti bertambah juga tanggung jawab, baik itu suami atau istri. Jangan sampai risiko yang terjadi mengganggu rencana masa depan.

Satu solusi dalam mengantisipasi adalah dengan melindungi keuangan kita dengan asuransi. Terdapat beberapa produk asuransi yang cocok dengan kebutuhanmu sebagai pengantin baru, antara lain:

  • Asuransi jiwa
  • Asuransi melahirkan

Asuransi jiwa dibutuhkan sebagai penjamin keuangan keluarga andai kepala keluarga mengalami musibah yang mengakibatkannya tidak bisa bekerja sehingga kehilangan sumber pemasukan. Dalam hal ini perusahaan asuransi memberikan santunan tunai.

Selain itu ada juga manfaat asuransi melahirkan yang berguna meringankan biaya sebelum dan sesudah persalinan. Namun perlu diketahui bahwa terdapat masa tunggu yang pada umumnya adalah satu tahun.

Jika kamu membutuhkan saran untuk menyusun anggaran pribadi atau keluarga yang ideal, Lifepal memberikan konsultasi gratis buat kamu!

Pertanyaan seputar biaya pernikahan

Estimasi biaya pernikahan sederhana terdiri dari pendaftaran pernikahan: Rp600 ribu, biaya sewa gedung Rp3,5 juta, biaya tenda Rp5 juta, biaya katering pernikahan Rp20 juta dengan estimasi 200 porsi, biaya rias dan gaun pengantin Rp3 juta, biaya undangan pernikahan Rp1.500 per lembar, biaya suvenir Rp1.500 per produk, biaya foto dan video Rp2 juta, biaya dekorasi pernikahan Rp3 juta, biaya seragam pernikahan Rp75 ribu per baju/per kain, biaya hiburan musik Rp2 juta.

Tergantung pernikahan seperti apa yang diinginkan. Berikut ini hal-hal yang paling berpengaruh dalam memperhitungkan biaya pernikahan:

  • Tanggal, terutama kalau resepsi di gedung. Karena tanggal ini bisa berebutan dan harga yang ditawarkan juga berbeda bergantung dengan season-nya.
  • Lokasi apakah di gedung, di rumah, kota besar atau kampung halaman.
  • Jumlah undangan. Karena berpengaruh pada akomodasi tambahan (bila diperlukan), dan terutama, jumlah makanan, yang paling berpengaruh pada harga final yang dikeluarkan.
Beda kota beda harga, karena masalah ketersediaan barang atau bahan apa yang akan dipakai untuk pesta pernikahan. Beda etnis juga beda harga, karena masalah prosesinya beda-beda.

Pernikahan tanpa resepsi paling maksimal Rp5 juta. Pernikahan di kota-kota besar ala tradisional atau internasional dengan jumlah undangan 100 hingga 300 orang, mulai dari Rp100 juta hingga Rp300 juta. Sedangkan untuk pernikahan mewah ala destination wedding, Rp300 hingga Rp500 juta.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →