4 Negara dengan Biaya Pemilu Paling Mahal, Indonesia Ada di Peringkat Berapa?

Biaya Pemilihan Umum Termahal Ada di 4 Negara Ini

Tahun 2019 bukan cuma Indonesia yang menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) untuk memilih pemimpinnya. Ada negara lain seperti India yang juga melaksanakannya pada 11 April sampai 19 Mei dalam beberapa tahapan.

Luar biasanya mereka harus mengeluarkan biaya sampai ratusan triliun rupiah sekaligus menjadi biaya pemilu termahal yang pernah diselenggarakan.  

Udah menjadi tradisi dan kewajiban bagi sebuah negara demokrasi untuk melangsungkan pemilihan umum di negaranya. Entah itu untuk mencari sosok seorang eksekutif seperti presiden dan perdana menteri atau legislatif yang menduduki parlemen di suatu negara. Jadi bisa dibilang pemilihan umum merupakan sebuah pilar dalam negara berdemokrasi.

Bukan tanpa konsekuensi, menyelenggarakan pemilu adalah sebuah hal yang sangat mahal. Banyak keperluan yang harus dipenuhi agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar dan aman seperti biaya kampanye, ongkos logistik dan biaya untuk para petugas yang menjalankan mekanisme.

Apalagi kalau jumlah penduduk suatu negaranya semakin banyak, tentu anggaran yang harus dikeluarkan semakin banyak.

Oleh karena itu langsung aja nih kita lihat daftar 4 negara dengan biaya pemilu paling mahal di dunia termasuk Indonesia berikut ini:

Baca juga: Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

1. India – Rp 199 triliun

Pemilihan umum
India – Rp 199 triliun (Pixabay).

Sebagai negara demokrasi terbesar di dunia gak heran kalau India membutuhkan dana mencapai US$ 14 miliar atau sekitar Rp 199 triliun untuk menyelenggarakan pemilu sekaligus menjadi yang termahal di dunia, mengutip dari Reuters.

Uang sebanyak itu diajukan oleh Perdana Menteri India saat ini yakni Narendra Modi yang menghuni partai Modi’s Bharatiya Janata Party. Beberapa pihak menganggap dana sebanyak itu terlalu berlebihan dan menjadi cukup kontroversial, sebab bisa digunakan untuk anggaran negara lain yang lebih bermanfaat.

Tercatat akan ada sekitar 900 juta orang yang memilih calon pemimpinnya itu. Karena jumlah yang terlampau banyak dan berbagai keterbatasan, jadwal pemilihan umum dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu dari 11 April sampai 19 Mei 2019.

2. Amerika Serikat – Rp 34 triliun

Pemilihan umum
Amerika Serikat – Rp 34 triliun (Pixabay).

Di urutan selanjutnya ada Amerika Serikat yang menjadi negara dengan biaya pemilu terbesar mencapai Rp 34 triliun. Itu terjadi pada tahun 2016 yang menyajikan 2 calon presiden dari partai Demokrat yakni Hillary Clinton dan dari Partai Republik yaitu Donald Trump.

Gak cuma warga Amerika Serikat yang kaget dengan hasil pemilihan tersebut dimana Donald Trump berhasil mengungguli Hillary Clinton dengan perbedaan 74 suara elektoral. Karena menganut sistem elektoral, jadi terdapat sedikit perbedaan dengan sistem pemilihan yang kita anut. Padahal secara keseluruhan, mayoritas penduduk Amerika Serikat lebih memilih Hillary Clinton sebagai presidennya.

Baca juga: Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

3. Indonesia – Rp 25 triliun

Pemilihan umum
Indonesia – Rp 25 triliun (Pixabay).

Sebagai negara demokrasi terbesar nomor 3, penyelenggaraan pemilu pada tanggal 17 April 2019 membutuhkan dana sekitar Rp 25 triliun guna mengakomodir segala kebutuhan yang ada.

Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga yang berhak menyelenggarakan pemilihan umum mengadakan 5 jenis pemilihan sekaligus untuk menghemat biaya. Ada pemilihan presiden, pemilihan DPR RI, pemilihan DPD RI, pemilihan DPRD Provinsi dan DPRD Kota atau Kabupaten. Mungkin karena itu juga biayanya tergolong cukup mahal.

4. Brazil – Rp 24 triliun

Pemilihan umum
Brazil – Rp 24 triliun (Pixabay).

Brazil mengadakan pemilu pada 7 Oktober dan 28 Oktober 2018 yang hasilnya memenangkan presiden Jair Bolsonaro sebagai pemenangnya dengan suara mencapai 55 persen atas lawannya yakni Fernando Haddad.

Untuk menyelenggarakan pemilihan itu pemerintah Brazil butuh paling gak biaya US$ 1,7 miliar atau setara Rp 24 triliun. Selisih Rp 1 triliun dengan Indonesia.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

Nah itu dia 4 negara dengan biaya pemilihan umum paling mahal di dunia sampai hari ini. Gimana menurut kamu, apakah pemilu di Indonesia udah berjalan dengan lancar? (Editor: Winda Destiana Putri).