Renovasi Rumah Usai Kebanjiran, Segini Rincian Biaya yang Harus Disiapkan!

renovasi rumah

Renovasi rumah untuk mengembalikan kondisi hunian agar bersih dan nyaman menjadi hal paling tepat dilakukan setelah sejumlah wilayah di Jabodetabek terendam banjir cukup tinggi.

Dilemanya renovasi rumah adalah, biaya perbaikan yang harus disiapkan sudah tentu sangat menguras isi dompet. 

Akan tetapi, kalau dibiarkan terlalu lama, maka bagian rumah yang rusak akan semakin parah dan ujung-ujungnya hanya membuat pengeluaran semakin membengkak.

Gak cuma itu saja, kamu juga akan merasa tak nyaman jika mengundur-undur waktu untuk merenovasi rumah. 

Biasa melihat cat dinding putih bersih kini berganti warna jadi krem akibat terendam banjir dan lumpur tentu membuat tak nyaman.

Sayangnya, renovasi rumah membutuhkan biaya yang gak sedikit. Karena itu, kamu perlu cerdik memilah bagian rumah mana saja yang perlu segera diperbaiki atau bisa diundur.

Pengin tahu apa saja? Berikut beberapa bagian rumah yang secepatnya harus direnovasi serta rincian bujet yang harus dikeluarkan:

1. Dinding rumah

Renovasi rumah
Dinding rumah

Saat terendam banjir, bagian rumah yang berisiko rusak adalah dinding rumah. Bahkan, warna cat dinding bisa berubah akibat lumpur. Sedangkan yang menggunakan wallpaper, beberapa bagian akan kotor hingga mengelupas.

Tak hanya menimbulkan kerak cokelat, dinding rumah juga rentan ditumbuhi jamur akibat suhu ruangan yang lembap.

Kalau kondisi ini dibiarkan, selain tak enak dipandang, rumah kamu juga akan terlihat tidak terawat karena dipenuh jamur dan kerak cokelat juga akan semakin melebar. Karena itu, sebaiknya kamu segera mengecat ulang dinding rumahmu.

Untuk itu, kamu disarankan membeli cat dinding anti air. Memang sih harganya terbilang lebih mahal, tapi lebih awet apalagi kalau rumahmu terletak di kawasan rawan banjir.

Harga cat dinding waterproof merek No Drop dibanderol sekitar Rp 50 ribuan untuk ukuran 1 kilogram. 

Jika banyak bagian dinding rumah yang kotor, sebaiknya beli cat dalam ukuran besar. Untuk ukuran 20 kilogram dijual dengan harga sebesar Rp 720 ribu. Selain gak repot, juga lebih irit. 

Baca juga: Segini Kira-Kira Rincian Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir

2. Pagar

Renovasi rumah
Pagar

Banjir juga umumnya membuat bagian pagar rumah menjadi rusak, mulai dari cat yang mengelupas hingga berkarat. Kondisi tersebut tentu saja akan sangat membahayakan kalau terlalu lama didiamkan.

Selain banyak bakteri, pagar berkarat juga akan membuat tampilan rumah kamu tampak tak terawat dan kotor. 

Tak hanya itu saja, pagar berkarat juga bisa ambruk sewaktu-waktu. Kebayang gak sih kalau tiba-tiba pagar kamu rubuh dan menimpa kendaraan atau keluargamu?

Kamu gak perlu kok mengganti seluruh pagar rumahmu, tapi bisa melakukan perbaikan yang bisa dilakukan sendiri atau memanggil ahlinya.

Akan tetapi, perbaikan pagar yang berkarat terbilang cukup sulit. Karena itu sebaiknya kamu memanggil jasa agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk menghilangkan karat pada pagar membutuhkan beberapa perlengkapan, mulai dari sikat kawat, amplas besi, kuas hingga cat anti karat dan tak ketinggalan sarung tangan serta masker.

Kamu gak perlu pusing memikirkan semua perlengkapan tersebut karena biasanya tukang renovasi rumah sudah memilikinya. Nah, kamu paling harus mengeluarkan uang untuk membeli cat anti karat yang harganya dijual mulai dari Rp 60 ribu per 1 kilogramnya.

Jika sekiranya ukuran pagar kamu lebar dan tinggi, sebaiknya beli yang ukuran besar karena harganya akan lebih murah.

Baca juga: Hidupkan Lagi Ponsel yang Terendam Banjir, Begini Lho Caranya!

3. Lantai

Renovasi rumah
Lantai

Tanpa disadari, banjir rupanya juga dapat membuat bagian lantai rumahmu jadi rusak, entah itu retak hingga terlepas. Gak cuma itu, bahkan ada beberapa lantai yang jadinya tidak menempel sempurna di permukaannya dan mengeluarkan air.

Gak enak banget kan kalau lagi jalan tiba-tiba kaki basah karena lantai keluar air hingga terlepas. Sudah pasti bikin gak nyaman!

Kalau kondisinya sudah seperti itu, mau gak mau kamu harus mengganti ubin kamu dengan yang baru. Karena repot banget gak sih kalau ubin yang retak harus disatukan kembali dengan lem atau malah gak senada karena ubinnya berbeda.

Kamu bisa menggunakan jasa pemasangan ubin atau yang memang sudah ahlinya agar dapat merekat sempurna.

Harga ubin keramik sincere yang putih kinclong dijual sekitar Rp 190 ribu per meter persegi dengan ukuran 60×60 yang terdapat 19 kotak dan per kotaknya terdapat empat buah ubin.

Baca juga: 

Itulah beberapa pengeluaran yang harus kamu gelontorkan untuk melakukan renovasi rumah. 

Agar bujet lebih irit kamu bisa mengakalinya dengan memanggil tukang renovasi rumah. Kamu bisa membayar dua orang tukang untuk melakukan perbaikan kerusakan di rumahmu.

Untuk bayaran tukang renovasi rumah biasanya sih tergantung dari kawasan rumah kamu. Contohnya, di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, bayaran tukang per hari yakni sebesar Rp 150 ribu per orang.

Jadi, semakin cepat perbaikannya, maka semakin sedikit pula jumlah uang yang harus kamu keluarkan. 

Karena itu, agar tak membuang-buang waktu, kamu perlu mengetahui detail bagian mana yang perlu diperbaiki dan sudah membeli berbagai keperluannya. (Editor: Chaerunnisa)