6 Website Ini Bisa Bikin CV-mu Menarik, Ada yang Gratis Lho!

CV yang menarik

Jika sedang mencari pekerjaan, maka kamu bakalan mengobral diri ke perusahaan-perusahaan yang didambakan. Caranya, ya dengan menuliskan profil terbaikmu dalam suatu resume, Curriculum Vitae atau CV yang menarik, lalu mengirimnya ke email perusahaan tersebut.

CV merupakan lembaran profil berisi dengan deretan data diri. Mulai dari email, telepon, alamat, kemudian ada riwayat pendidikan, di mana kamu menempuh pendidikan SD, SMP, SMA, kuliah, hingga track record kariermu.

Jika kamu memiliki catatan prestasi yang membanggakan kamu berpotensi besar untuk cepat terima panggilan. Tapi, kamu harus bisa menyajikan semuanya dalam bentuk CV yang menarik.

CV yang menarik bakalan membantu kamu biar dilirik HRD saat proses seleksi. Hal itu menjadi nilai plus meskipun track record pendidikan dan karier kamu terbilang memuaskan. Soalnya kalau CV gak menarik dan aneh, HRD yang lagi menyeleksi juga jadi malas membacanya.

Bagaimana cara membuatnya CV yang menarik? Nah kamu bisa ambil contoh-contoh yang ada di internet. Sudah melihat tapi tetap bingung gimana membuatnya?

Kalau kamu bingung dengan format, ukuran font, apa aja yang ditulis, dan menaruh foto di mana, ada baiknya kamu memanfaatkan sejumlah website pembuat CV aja. Selain praktis beberapa di antaranya ada yang gratis.

1. VisualCV

Webiste CV VisualCV
VisualCV

Website yang satu ini menawarkan beragam kemudahan buat kamu yang bingung gimana bikin CV yang menarik. VisualCV menawarkan beragam template yang bisa kamu gunakan untuk menyusun profilmu.

Kamu bisa download template CV gratis dari VisualCV. Tapi gak saklek juga, kamu masih bisa kok melakukan modifikasi kolom data dirimu.

Misalnya, kamu bisa menentukan di mana mau menaruh foto. Setelah di rasa CV-mu sudah sesuai selera, kamu bisa men-download-nya dalam format PDF.

Namun, namanya gratisan jadi fasilitasnya ya terbatas. Kalau kamu kurang puas dengan template gratisan, bisa kok berlangganan yang premium dengan segudang template menarik seharga US$12 atau Rp167 ribuan per bulannya. Dikutip dari laman resminya, sekitar 3,1 juta orang di dunia telah menggunakan VisualCV.

2. Zety

Website CV Zety
Zety

Dulu, nama website ini dikenal dengan UptoWork. Gak beda jauh sebenarnya sama VisualCV, mereka menawarkan template-template yang pastinya bikin CV tambah menarik dengan beragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Bedanya, kamu di sini juga bisa bikin cover letter yang sesuai dengan resume.

Tapi tidak seperti VisualCV yang ada menu gratisannya, buat bikin CV yang menarik di Zety kamu harus bayar. Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan.

Paket seharga US$6,99 atau sekitar Rp97 ribuan per bulan, kamu bisa mendapatkan empat template, tapi gak bisa membuat cover letter dari paket ini.

Paket seharga US$17,99 atau Rp250 ribuan per bulan dengan 18 template menarik yang bisa digunakan dengan bebas, dan bisa dibagikan secara online ke para pencari karyawan.

Terakhir adalah paket seharga US$34,99 atau Rp488 ribuan tapi berlaku untuk 3 bulan. Sementara fiturnya sama saja dengan paket yang seharga Rp250 ribuan.

3.  Resume.com

Tidak ada ruang kosong dalam CV (Ilustrasi)

Resume.com memiliki beragam template menarik yang bisa digunakan. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal tentukan template yang kamu mau, kemudian masukkan data-data yang ingin dicantumkan di CV, lalu tinggal diunduh deh.

Resume.com menawarkan layanan yang gratis dan yang berbayar. Kamu bisa download template CV gratis di Resume.com. Tapi kalau layanan gratis, satu akun cuma bisa menggunakan satu template.

Kalau kamu mau mendobrak keterbatasan itu, kamu harus merogoh kocek untuk membayar layanan premium dengan harga US$59,95 atau Rp836 ribuan.

Jika berlangganan premium kamu bisa menggunakan berbagai macam template sesuka hatimu. Dijamin kamu bakal punya CV yang menarik.

Total pengguna resume.com sudah mencapai 4,9 jutaan orang. Per harinya bisa ada 6 ribuan orang yang bikin CV lewat situs ini.

4. Civimi

Website CV Civimi
Civimi

Kalau yang ini website pembuat CV online buatan Indonesia. Ada beragam template yang bisa digunakan. Keuntungannya website ini bisa diintegrasikan dengan perangkat ponsel, jadi kamu bisa bikin CV yang menarik di mana pun dan kapan pun.

Caranya kamu tinggal download aplikasinya di Android, tampilannya mirip media sosial LinkedIn, jadi terlihat lebih praktis dan mudah diakses.

Kelemahannya fitur kostumisasinya gak sebanyak aplikasi-aplikasi yang lain. Kamu bisa download template CV gratis di Civimi lho!

5. Canva

Website CV Canva
Canva

Canva ini sudah terkenal banget. Gak cuman menawarkan template CV standar, tapi di sini kamu bisa membuat CV dengan desain grafis yang kamu inginkan. Tentunya lebih menarik dari pembuat CV yang lainnya dan ada yang gratis.

Kamu bisa download template CV sekitar 1.000 template dari Canva. Kalau kamu orangnya rajin, bisa kok mendesain sendiri di kertas A4 kosong, dengan beragam font, warna, latar belakang yang tersedia sesuai dengan selera.

6. Google Docs

Buat kamu pemilik email Gmail, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Google Docs yang disediakan untuk membuat CV. Google menawarkan kemudahan berupa CV template yang bisa diakses pemilik akun Gmail di Google Docs.

Ada banyak Resume Templates yang disediakan di Google Docs, mulai dari model Swiss, Serif, Coral, Spearmint, hingga Modern Writer. Asalkan punya akun Gmail, kamu bisa menggunakan Resume Templates tersebut.

Untuk download template CV gratis, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka akun Gmail.
  • Pilih menu Google Apps.
  • Pilih Google Docs.
  • Pilih Template Gallery.
  • Cari Resumes.

Nah, itu tadi beragam pilihan website yang menawarkan pembuatan CV secara mudah dan praktis agar kamu punya CV yang menarik.

Karena CV yang menarik itu salah satu aspek yang diperhitungkan HRD. Jadi kalau CV kamu sudah memberikan impresi yang menarik maka potensi kamu untuk lanjut ke seleksi selanjutnya bakalan lebih besar.

Jadi perlu diingat, gak cuman karier dan pendidikan yang moncer buat mendapatkan pekerjaan impian, tapi juga CV yang menarik jadi nilai plus!

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang penghasilan atau asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik-topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar website CV

Dapatkan Promo